Home » Seputar Logistik » 4 Truk Listrik di Indonesia dan Fitur Spesifikasinya

4 Truk Listrik di Indonesia dan Fitur Spesifikasinya

Truk Listrik di Indonesia

Kehadiran mobil dan motor listrik di Indonesia memang menjadi salah satu cara untuk bisa mengganti penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Begitu pula untuk kebutuhan pengiriman barang dengan muatan besar, yang kini bisa menggunakan truk listrik di Indonesia .

Meski pilihan truk listrik belum begitu banyak, beberapa jenis kendaraan ini sudah pernah di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Melalui ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini, berbagai brand otomotif ternama menghadirkan koleksi terbarunya termasuk truk listrik.

Melalui artikel ini, akan dijelaskan satu persatu jenis truk listrik di Indonesia yang pernah diluncurkan. Berikut simak penjelasan lengkapnya di bawah berikut ini!

Daftar Truk Listrik di Indonesia

Setidaknya terdapat 4 jenis truk listrik di Indonesia dengan fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Apa saja itu? 

1. FUSO eCanter

Perusahaan otomotif Mitsubishi menghadirkan koleksi truk terbarunya bernama FUSO eCanter. Jenis truk ini merupakan kendaraan komersial listrik pertama yang pernah diproduksi dalam jumlah besar di Jepang.

Adapun fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh Mitsubishi FUSO eCanter adalah sebagai berikut:

  • Output drivetrainnya 135 kW / 390 Nm
  • Baterai litium ion 81 kWh
  • Jangkauan 100-150 km
  • DC Fast Charger 80% dalam 45 menit, 80 menit hingga 100%, mengisi daya AC Overnight charger dengan daya off peak
  • Sistem Peringatan Keberangkatan Jalur, Sistem Pengereman Darurat Aktif, Kontrol Stabilitas Elektronik
  • Fungsi push-button start, smart key Driver, dan airbag penumpang
  • Tampilan layar sentuh multimedia, kamera mundur, kompatibilitas Apple CarPlay, dan Android Auto
  • Resistensi gelinding rendah

FUSO eCanter pertama kali dipamerkan di Indonesia pada ajang GIIAS pada tahun 2022 untuk menunjukkan bahwa kendaraan ini telah siap secara teknis. Hal ini dikarenakan penggunaan enam baterai ion-lithium berkapasitas 13,8 kWh memungkinkan Anda untuk dapat melakukan pengiriman logistik dengan jangkauan hingga 100 km.

Tentu truk listrik di Indonesia ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mobilitas yang ramah lingkungan di perkotaan. Sebab jenis truk ini bisa beroperasi tanpa menghasilkan emisi gas buang yang berpotensi menimbulkan polusi udara.

 

Baca Juga: Jasa Trucking Untuk Pengangkutan Barang

2. Hino Dutro Z EV

Hino Dutro Z EV bisa dikatakan sebagai pesaing berat dari FUSO eCanter. Truk listrik ini juga turut hadir memamerkan kecanggihannya pada ajang GIIAS tahun 2022. Adapun fitur dan spesifikasi lainnya yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

  • Baterai ion litium 40 kWh
  • Metode pengisian ulang Quick Charging DC CHAdeMo
  • Kapasitas muatan 1.000 – 1.050 kg
  • Jarak tempuh per pengisian daya mencapai 50km

Adapun keunggulan dari truk listrik di Indonesia ini, Hino diklaim mampu menempuh jarak perjalanan lebih dari 100 km dengan daya angkut mencapai 1 Ton. Mobil ini juga dikenal unggul karena sifatnya yang ramah lingkungan serta memiliki getaran dan suara yang halus.

Selain itu, daya pengisiannya bisa dilakukan dengan dua metode seperti menggunakan metode CHAdeMO sehingga baterai bisa terisi penuh hanya dalam 1 jam. Jika Anda ingin menggunakan tipe normal charger AC tipe 1, ini bisa menghabiskan waktu sekitar 5 jam.

 

Baca Juga: Apa itu Trucking dan Keuntungan Trucking

3. Isuzu ELF EV

Seri truk listrik di Indonesia selanjutnya adalah Isuzu ELF EV yang juga pernah dipamerkan pada ajang GIIAS 2022. Hanya saja, jenis truk listrik satu ini masih dalam tahap perkembangan untuk meningkatkan fitur keunggulannya sebelum dijual bebas di Jepang.

Isuzu ELF EV dan varian lainnya hadir dengan fitur keselamatan ADAS yang lengkap untuk mendukung keselamatan pengemudi selama di jalan. Berikut beberapa fitur yang dimilikinya:

  • Pre-collision Braking System
  • Driver Emergency Assist System
  • Emergency Driving Stop System 
  • Full Speed Range Adaptive Cruise Control
  • Lane Keep Assist
  • Driver Status Monitor
  • Traffic Sign Recognition Assist
  • Intelligent Speed Limiter
  • Adaptive Driving Beam
  • Front Blind Spot Monitor

Tak jauh berbeda dengan truk listrik di Indonesia lainnya, Isuzu Elf EV memiliki daya tempuh sejauh 100 km dengan kapasitas baterai 40 kWh. Jika Anda ingin mengisi ulang secara biasa, mungkin bisa menghabiskan waktu hingga 10 jam. Namun, mobil ini juga dibekali dengan fitur rapidcharging yang mana baterainya bisa terisi penuh hanya dalam waktu 30 menit.

Baca Juga:4 Fitur Truk Listrik Mitsubishi FUSO eCanter serta Keunggulannya

4. MAB

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) merupakan perusahaan otomotif yang secara intensif mengembangkan kendaraan listrik. Sebelumnya, perusahaan ini telah mengembangkan bus listrik yang kini kembali hadir mengembangkan truk listrik di Indonesia.

Bahkan, MAB kembali berpartisipasi dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 yang merupakan pameran kendaraan listrik terbesar di Indonesia. Truk ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan truk diesel.

Salah satunya dilengkapi dengan sasis bergulir dengan berat maksimal 8.000 kg dan bobot 4.000 kg. Selain itu, truk MAB ini juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yakni 162,28 kWh.

  • Dimensi 6.150 mm x 2.100 mm, dan wheelbase yang mencapai 3.620 mm
  • Baterai 162,28 kWh berkekuatan 120 Ah
  • Tenaga 217 dk (160 kW), dengan torsi puncak sebesar 2.100 Nm
  • Kecepatan maksimum 80 kpj, jarak tempuh 150 km
  • Suspensi udara

Tak hanya itu, keunggulan lain dari truk listrik ini terdapat sistem pengereman dengan fitur Anti-lock Breaking System (ABS) untuk menjaga keselamatan pengendara. Sistem ini dapat mencegah terjadinya kemacetan roda ketika truk rem tiba-tiba.

Keunggulan truk MAB yang tidak dimiliki oleh truk konvensional adalah dapat menyuplai listrik hingga 18 jam jika kendaraan difungsikan sebagai layanan stasioner. Seperti contoh digunakan sebagai mobil kas atau ATM berjalan. Itu berarti mobil ini tidak memerlukan generator tambahan sebagai pemasok listrik pada truk konvensional.

Sewa Truk Canggih Mudah Hanya di Troben Truk

Itu dia beberapa daftar truk listrik di Indonesia dengan fitur dan spesifikasi canggih yang dimilikinya. Dengan menggunakan moda transportasi ini, akan lebih mudah untuk melakukan pengiriman dan meningkatkan pelayanan bisnis Anda.

Troben Truk menyediakan layanan sewa truk yang bisa Anda dapatkan hanya melalui aplikasi saja. Menawarkan berbagai pilihan truk dengan fitur terbaik serta spesifikasi lengkap untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Butuh informasi sewa truk yang aman dan terjangkau? Konsultasikan saja kebutuhan Anda bersama Troben untuk mendapatkan layanan yang tepat!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel