Home » Seputar Logistik » 5 Pelabuhan di Kalimantan Timur dengan Fasilitas Lengkap

5 Pelabuhan di Kalimantan Timur dengan Fasilitas Lengkap

Pelabuhan di Kalimantan Timur

Butuh pengiriman kargo ke Kalimantan Timur? Tentu Anda harus mengetahui beberapa titik pelabuhan yang tersedia di wilayah sini. Dengan mengetahui daftar pelabuhan di Kalimantan Timur, maka akan lebih mudah untuk menentukan titik tujuan agar lebih dekat menuju alamat penerima.

Kalimantan Timur memiliki beberapa macam pelabuhan baik untuk mengangkut penumpang maupun barang.  Daftar pelabuhan ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni untuk angkut barang.

Daftar Pelabuhan di Kalimantan Timur

Wilayah Kalimantan yang begitu luas juga memiliki berbagai fasilitas publik yang lengkap termasuk pelabuhan. Hal ini berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia lebih berkembang. Berikut informasi beberapa daftar pelabuhan di Kalimantan Timur:

1. Pelabuhan Semayang, Balikpapan

Pelabuhan Semayang dikelolah oleh PT Pelabuhan Indonesia IV dan menjadi pelabuhan di Kalimantan Timur terbesar yang pernah ada. Lokasinya sangat strategis yang terletak di area Teluk Balikpapan sehingga dapat mengangkut berbagai kebutuhan logistik untuk dikirim ke berbagai penjuru daerah.

Pelabuhan Semayang sangat multifungsi karena mampu melayani pengurusan kapal penumpang, kapal pesiar, dan juga kapal barang. Fasilitas yang tersedia di pelabuhan ini pun cukup lengkap dengan area pergudangan yang luas.

Pelabuhan ini memiliki aktivitas yang sangat sibuk di Balikpapan karena menyediakan berbagai rute pelayaran ke kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta hingga Surabaya. Tentunya, jenis pelabuhan satu ini sangat mendukung mobilitas untuk perusahaan logistik dalam pengiriman domestik maupun ekspor dan impor.

 

Baca Juga: 5 Daftar Pelabuhan di Kupang Sebagai Gerbang Utama Perdagangan

2. Pelabuhan Kariangau, Balikpapan

Selain Pelabuhan Semayang, Balikpapan juga memiliki pelabuhan lain yang dinamakan Sungai Kariangau. Pelabuhan di Kalimantan Timur ini dikelola oleh PT. Kaltim Kariangau Terminal yang merupakan kolaborasi antara PT Pelabuhan Indonesia IV dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Pelabuhan Kariangau ditujukan untuk kebutuhan logistik dengan fasilitas dermaga yang panjang serta muatan kapal cukup besar. Fasilitas ini tentu bisa membuat kapal muatan bersandar dengan aman.

Pelabuhan ini memberikan pelayanan secara efisien dalam mengoperasikan terminal peti kemas. Hal ini juga didukung dengan ketersediaan fasilitas bongkar muat yang modern serta penerapan sistem teknologi logistik canggih berstandar internasional.

3. Pelabuhan Sungai Kunjang, Karang Asam Ulu

Pelabuhan di Kalimantan Timur selanjutnya adalah Sungai Kunjang yang berada di lokasi Karang Asam Ulu. Pelabuhan ini memiliki peran penting dalam distribusi barang karena lokasi yang strategis berada di aliran Sungai Mahakam.

Perlu diketahui, Pelabuhan Sungai Kunjang merupakan prasarana penunjang transportasi air yang ada di Samarinda. Pelabuhan ini menghadirkan multiplier effect yang bisa meningkatkan aktivitas ekonomi di sepanjang aliran Sungai Mahakam.

Selain itu, fasilitas yang tersedia juga sangat memadai untuk menerima berbagai pengiriman kargo. Keberadaan pelabuhan ini, tentu berdampak terhadap peningkatan ekonomi negara termasuk kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar.

Pelabuhan ini beroperasional setiap hari mulai dari pukul 07.00 WITA yang banyak menyediakan kapal penumpang untuk menampung sekitar 50 orang dengan kapasitas bagasi 5kg per orang.

Selain bisa mengangkut kapal penumpang, pelabuhan Sungai Kunjang juga mengangkut berbagai kebutuhan logistik barang. Misalnya pengiriman BBM, kendaraan bermotor, hewan ternak, unggas, dan bahan-bahan pokok makanan.

4. Pelabuhan Samarinda. Kota Samarinda

Samarinda memiliki pelabuhan di Kalimantan Timur yang menjadi pintu gerbang perekonomian di Indonesia. Wilayahnya yang dipenuhi dengan kapal-kapal besar menjadikan aktivitas sehari-hari kapal tersebut berlalu-lalang.

Lokasinya yang strategis, pelabuhan ini terletak di bagian hulu Sungai Mahakam dengan luas area mencapai 7,7 hektar. Dermaganya memiliki panjang sekitar 876 meter dengan kedalaman air 15 meter.

Kapal yang berlabuh ke tempat ini biasanya untuk mengangkut barang dengan menggunakan sistem pelayaran yang modern dan profesional. Tak heran mengapa pelabuhan Samarinda mampu memproses bongkar muatan yang cepat dan efisien.

Tidak hanya itu, beberapa titik di pelabuhan di Kalimantan ini juga dapat digunakan oleh masyarakat untuk menumpang ke kapal feri. Dengan fasilitas yang lengkap, kapal yang berlabuh di pelabuhan ini juga dapat menyandarkan di dermaga sehingga aman dan terkelola.

 

Baca Juga: Pelabuhan Makassar: Sejarah, Fasilitas, dan Lokasi yang Strategis

5. Pelabuhan Samudera Palaran, Bukuan, Palaran

Pelabuhan di Kalimantan Timur yang terakhir adalah Pelabuhan Samudera Palaran. Berlokasi di Samarinda, ini merupakan pengganti dari Pelabuhan Yos Sudarso yang sudah tidak dikembangkan lagi dalam beberapa tahun ke belakang.

Pelabuhan ini dikelola oleh PT. Pelabuhan Samudera Palaran, perusahaan yang berdiri dengan tujuan khusus membangun dan mengoperasikan Terminal Peti Kemas (TPK). Pelabuhan ini juga menjadi salah satu pintu gerbang pengiriman logistik dari Kota Samarinda dan kawasan Mahakam untuk dikirim ke kota-kota besar Surabaya, Jakarta dan sebaliknya.

Pelabuhan Samudera Palaran merupakan bentuk public private partnership antara Samudera Indonesia, Pelindo IV, dan  Pemerintah Kota Samarinda. Kehadirannya sangat penting dalam menyediakan layanan bongkar yang lebih efektif dan efisien untuk kargo peti kemas.

Hal ini didukung dari beberapa fasilitas yang tersedia untuk kebutuhan operasional pengiriman barang ataupun menampung kapal penumpang. Dermaga pelabuhan ini memiliki ukuran sekitar 270 meter dengan gudang seluas 3.000 m².

Selain itu, terdapat juga lapangan penumpukan dengan luas sekitar 7,7 hektar dan peralatan kapal yang mumpuni. Beberapa peralatan yang tersedia di pelabuhan ini diantaranya terdiri dari Container Crane, Reach Stacker, Head Truck, Chassis, Forklift, Weight Bridge, dan lainnya.

Kelengkapan fasilitas tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap kelancaran arus keluar masuk barang di kapal. Ini juga memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi negara.

Itu dia 5 daftar pelabuhan di Kalimantan Timur yang menjadi pusat pendistribusian barang dan sarana logistik  menggunakan transportasi laut. Dari beberapa jenis pelabuhan ini, masing-masing memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan operasional perkapalan.

Jika Anda ingin melakukan pengiriman barang ke Pelabuhan di Kalimantan Timur, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang di Troben menggunakan jalur transportasi kapal laut dengan fasilitas lengkap. Rute yang tersedia pun cukup beragam sehingga Anda bisa melakukan pengiriman menuju titik pelabuhan terdekat ke lokasi tujuan. Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi kirim barang hanya di Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel