Home » Bisnis » Ingin Mulai Bisnis Reseller Tanpa Modal? Ini Dia Caranya!

Ingin Mulai Bisnis Reseller Tanpa Modal? Ini Dia Caranya!

Untuk memulai bisnis tanpa modal bukan hal mustahil untuk dilakukan, salah satunya menjadi reseller. Reseller adalah model bisnis dimana Anda menjual produk dari supplier. Untuk menjadi reseller, Anda tak perlu mengeluarkan modal besar, bahkan tidak perlu modal sama sekali. Karena Anda hanya perlu menjual kembali produk dari supplier. 

Memulai bisnis reseller tanpa modal menjadi salah satu salah satu opsi usaha sampingan dengan investasi kecil yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan pendapatan.

Selain itu, bisnis ini dapat dijalankan tanpa modal dan tetap menawarkan potensi keuntungan yang besar. Lalu bagaimana cara memulai bisnis reseller tanpa modal? Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Cara Memulai Bisnis Reseller Tanpa Modal 

Dengan kemajuan teknologi, kini seseorang dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan  salah satunya dengan menjadi reseller. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis reseller tanpa modal namun bingung mulai darimana, simak caranya berikut ini : 

1. Lakukan Riset Pasar 

Langkah pertama untuk memulai bisnis reseller tanpa modal adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar ini bertujuan untuk membantu Anda menganalisis produk yang akan dijual, alasan di balik pemilihan produk tersebut, dan siapa target pasarnya. Dengan melakukan riset pasar, Anda akan lebih siap untuk memulai usaha reseller tanpa modal.

2. Bangun Kerjasama dengan Toko Online 

Setelah melakukan riset pasar dan menentukan produknya, Anda bisa mulai membangun kerjasama dengan toko online. Toko online sangat penting dalam bisnis reseller.

Hal ini karena mereka menawarkan berbagai produk yang diperlukan untuk menjalankan usaha reseller.

Anda bisa menjadi reseller di toko online dengan menjalin kerjasama dengan pemiliknya, jika mereka bersedia mengirimkan barang setelah menerima pesanan dari Anda.

Sistem bisnis ini mirip dengan dropship, tetapi Anda perlu memperhatikan reputasi toko, kredibilitas, dan kualitas produk sebelum memutuskan untuk menjualnya

3. Menyediakan Jasa Titip 

Selanjutnya, cara untuk memulai bisnis reseller online shop tanpa modal adalah dengan menawarkan jasa titip produk.

Anda bisa memberikan jasa titip kepada kenalan dan menggunakan toko online atau marketplace sebagai sumber produk. Pastikan produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan pembeli dan memiliki kualitas yang baik.

Anda bisa membeli produk dari toko setelah yakin untuk menjualnya, lalu mulai memasarkan produk tersebut. Agar bisnis dapat berjalan tanpa modal, lakukan pemasaran dan pastikan pembeli membayar terlebih dahulu dengan harga yang sudah Anda mark up.

4. Bergabung dengan Teman yang Menjual Produk

Jika Anda memiliki teman, kerabat, atau sahabat dekat yang menjalankan usaha penjualan produk, Anda bisa menawarkan jasa untuk membantu menjual produk mereka agar semakin laris, sekaligus menjalankannya sebagai reseller.

Tips Memulai Bisnis Reseller Tanpa Modal yang Sukses

Apakah mungkin memulai bisnis dan bisa mendapatkan keuntungan tanpa modal? Jawabannya adalah bisa, salah satu caranya dengan menjadi reseller. Di antara berbagai pilihan pekerjaan, menjadi reseller merupakan alternatif yang cukup populer saat ini.

Untuk memulai usaha ini, Anda tidak perlu memiliki modal terlebih dahulu. Risikonya juga tergolong rendah karena pemasaran dan distribusi akan didukung oleh supplier. Namun untuk menjadi reseller yang sukses tanpa modal perlu tips untuk melakukannya. Inilah tips memulai bisnis reseller tanpa modal yang sukses : 

1. Tentukan Produk yang Tepat

Para pengusaha reseller harus memahami bahwa penting untuk benar-benar menguasai produk yang dipilih. Hal ini karena Anda akan melakukan promosi dan pemasaran produk dengan menjelaskan deskripsi dan keunggulan produk tersebut. Melakukan riset produk juga penting, serta berkomunikasi dengan calon pembeli untuk mengetahui apa kebutuhan mereka dalam membeli produk. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan bisnis reseller tanpa modal dengan lebih efektif dan berhasil.

2. Lakukan Riset Pasar dan Kompetitor

Setelah mempelajari informasi tentang produk, langkah selanjutnya untuk menjadi reseller tanpa modal adalah melakukan riset pasar dan analisis kompetitor. Ini penting agar Anda dapat menilai seberapa besar peluang bisnis untuk produk yang telah dipilih. Semakin luas target pasar suatu produk, semakin besar potensi keuntungannya.

3. Cari Supplier Terpercaya

Langkah selanjutnya untuk menjadi reseller tanpa modal adalah memilih supplier yang tepat. Supplier yang baik seharusnya menciptakan suasana yang nyaman bagi para resellernya. Jika ada persaingan antara reseller, pertimbangkan kembali pilihan supplier tersebut. Selain itu, penting untuk meneliti reputasi supplier. Pastikan produk yang mereka tawarkan diterima dengan baik oleh masyarakat dan metode penjualannya berjalan secara sehat

4. Lakukan Promosi Online

Perkembangan teknologi sangat menguntungkan berbagai jenis usaha, termasuk usaha reseller tanpa modal. Anda bisa memanfaatkan internet yang luas di Indonesia untuk memperluas jangkauan pasar.

Contohnya, Anda bisa secara rutin mengunggah informasi tentang produk di media sosial yang khusus Anda buat. Selain itu, memasang iklan di media sosial juga terbukti efektif dalam menarik calon konsumen di dunia maya.

5. Berikan Layanan Terbaik pada Pelanggan

Seorang reseller perlu menjalin hubungan baik dengan konsumen untuk menjaga loyalitas mereka. Meskipun menghadapi berbagai karakter konsumen tidaklah mudah, sebuah bisnis tidak akan berkembang tanpa mereka. Usahakan agar bisnismu tetap fokus pada kepuasan dan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi. Kualitas pelayanan sangat berpengaruh pada keputusan konsumen di masa mendatang.

6. Berikan Informasi Terbaru Produk 

Tips lain untuk menjadi reseller tanpa modal yang sukses adalah dengan selalu memperbarui informasi tentang produk. Konsistensi merupakan kunci dalam penjualan.

Umumnya, supplier akan memberikan informasi tentang pengembangan produk, dan Anda perlu terus memperbarui data tersebut. Tujuannya adalah agar konsumen mendapatkan kejelasan mengenai produk yang ditawarkan.

7. Berikan Diskon 

Siapa yang tidak tertarik dengan promo dan diskon menarik? Oleh karena itu, manfaatkan ketertarikan masyarakat dengan menawarkan penawaran terbaik.

Diskusikan terlebih dahulu dengan supplier untuk menentukan besaran diskonnya supaya tidak mengganggu penjualan produk. Setelah itu, Anda bisa menentukan penawaran terbaik yang sesuai dengan harga pasar, yaitu tidak melebihi atau bahkan di bawah harga pasar.

8. Berikan After Sales Terbaik 

After sales, atau layanan yang diberikan setelah konsumen membeli produk, terbukti efektif dalam menjaga loyalitas mereka. Konsumen akan merasa senang jika produk yang mereka beli dilengkapi dengan layanan after sales yang menarik, seperti voucher diskon, stiker, kartu ucapan terima kasih, garansi, atau sejenisnya.

9. Lakukan Evaluasi Penjualan 

Evaluasi penjualan sangat penting, meskipun Anda adalah reseller tanpa modal. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan evaluasi secara rutin, baik mingguan maupun bulanan, untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk. Dengan cara ini, Anda dapat segera merumuskan strategi untuk mengatasi penurunan penjualan jika terjadi.

Baca Juga : Cara Jualan Online Tanpa Modal, Pebisnis Pemula Wajib Tahu!

Percayakan Pengiriman Produk Anda bersama Troben Cargo

Menjadi reseller menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memulai usaha tanpa mengeluarkan modal  Dengan modal yang rendah, Anda bisa mendapatkan untung berlimpah.

Meskipun reseller hanya menjual kembali tanpa mengatur pengiriman ke pelanggan. Anda juga bisa menyediakan stok barang dalam jumlah banyak untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat melakukan pembelian produk. 

Untuk pengiriman barang dalam jumlah besar, Troben Cargo hadir membantu Anda dengan layanan pengiriman barang minimal 10 kg dengan harga yang murah. Troben hadir memudahkan pelanggan yang ingin pesan jasa kirim barang mudah hanya dari aplikasi. Anda bisa langsung mengunduh aplikasi kirim barang Troben untuk mengirimkan produk Anda!

banner trawlpack ongkir murah

Yuk, klik button di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel