Home » Cara Jualan » 3 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

3 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

cara membangun loyalitas pelanggan

Artikel ini membahas mengenai cara membangun loyalitas pelanggan. Pelanggan sendiri merupakan aset berharga perusahaan. Tanpa pelanggan, perusahaan tidak akan bisa berkembang apalagi untuk bertahan. Melihat hal tersebut, manajemen bisnis dituntut untuk dapat menjaga loyalitas pelanggan mereka.

Salah satu faktor terpenting dalam membangun atau setidaknya menjaga loyalitas pelanggan adalah menumbuhkan kepuasan pada setiap pelanggan atas produk atau layanan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan timbulnya kepuasan dalam hati pelanggan, akan meningkatkan kemungkinan pelanggan tersebut kembali memakai jasa atau membeli produk dari kita. Maka dari itu, kepuasan pelanggan adalah segalanya bagi perusahaan. Lantas bagaimanakah menumbuhkan rasa kepuasan dihati pelanggan atas produk kita? Simaklah artikel ini sampai habis.

1. Memberikan Pelayanan Berkualitas

memberikan pelayanan berkualitas

Memberikan pelayanan berkualitas

Pertama cara membangun loyalitas pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan bermutu kepada setiap pelanggan tanpa membeda-bedakannya. Selain memberikan produk berkualitas, ternyata konsumen cenderung memperhatikan sespesial apa mereka diperlakukan oleh perusahaan. Karena jika mereka dilayani dengan baik, maka konsumen merasa diperlakukan bak raja dan lambat laun akan timbul rasa percaya dan timbul pula keinginan memakai jasa atau membeli produk kita kembali.

Selain itu, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan berkualitas. Seperti kebersihan tempat usaha, keramahtamahan customer service kita, serta kecepatan dalam pelayanan juga menjadi aspek penting dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Satu hal tak kalah penting adalah harga yang dipatok oleh perusahaan harus layak dan masuk akal.

2. Membangun Hubungan Saling Menguntungkan

hubungan saling menguntungkan

Membangun hubungan

Kedua cara membangun loyalitas pelanggan, pernah tidak mendengar istilah simbiosis mutualisme? Itu adalah hubungan saling menguntungkan antar dua makhluk hidup atau organisme. Hubungan saling menguntungkan antar manusia juga bisa disebut simbiosis mutualisme. Dan hubungan tersebut juga menjadi salah satu dalam membangun kesetiaan atau loyalitas pelanggan.

Hal menguntungkan dapat di berikan kepada pelanggan misalnya promo-promo spesial hanya di berikan kepada pelanggan setia, atau potongan khusus untuk pelanggan yang sering memakai jasa atau membeli produk. Dengan begitu pelanggan setia tersebut akan membantu mengiklankan usaha lewat mulut ke mulut. Mereka akan memberitahukan teman atau kerabatnya bahwa mereka mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari anda, dan juga promo-promo menarik. Tentu saja iklan dari mulut ke mulut itu sangat menguntungkan bisnis karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran sama sekali.

Itulah mengapa menjalin hubungan simbiosis mutualisme sangat penting diterapkan untuk meningkatkan atau menjaga loyalitas pelanggan.

3. Cara Membangun Loyalitas Pelanggan Harus Siap Menangani Keluhan Konsumen

Cara Membangun Loyalitas Pelanggan Harus Siap Menangani Keluhan Konsumen

Menangani Keluhan Konsumen

Ketiga cara membangun loyalitas pelanggan, dalam menjalankan usaha tidak akan semulus itu. Ada kalanya kita akan bertemu dengan masalah yang berhubungan dengan pelanggan. Pelanggan terkadang komplain atas pelayanan atau produk yang mereka beli. Dan tak jarang alasan mereka adalah mengada-ngada dan tidak masuk akal. Tetapi sebagai pemilik usaha, jangan biarkan pelanggan semakin kesal atas jawaban atau penanganan anda.

Sebaliknya jawab keluhan-keluhan mereka dengan sabar. karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan itu memang lah raja bagi seorang wirausahawan. Tetapi tak jarang pula konsumen komplain atas produk anda. Apalagi jika bukan hanya satu konsumen yang komplain dengan produk tersebut, itu berarti memang produk anda bermasalah. Jika seperti itu, anda harus melakukan evaluasi secepatnya atas produk yang menjadi permasalahan tersebut. Dengan mendengarkan keluhan konsumen dan melayani mereka dengan kepala dingin, maka akan timbul rasa dihargai dihati konsumen yang komplain tersebut. Hal itu juga dapat menumbuhkan kesetiaan konsumen kepada produk atau layanan anda. Walaupun sebelumnya mereka mengalami hal yang tidak menyenangkan terhadap produk anda, tetapi niscaya mereka akan tetapi memakai jasa atau membeli produk anda kembali.

Dengan menerapkan 3 cara di atas, tentunya kita berharap anda dapat mempertahankan bahkan menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan kepada perusahaan anda. Dan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal lagi. Semoga berhasil. Terima kasih sudah membaca artikel berjudul cara membangun loyalitas pelanggan.

Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis yang sedang dijalani. Jangan lupa jika ingin mengirim barang selalu gunakan TrawLbens. Segera Download Aplikasi TrawLbens di App Store & Google Play! Dapatkan Promo Menarik Untuk Pengiriman Barang Anda!

 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel