Home » Seputar Logistik » 7 Cara Membeli Mobil Agar Tidak Boncos, Anti Ketipu!

7 Cara Membeli Mobil Agar Tidak Boncos, Anti Ketipu!

cara membeli mobil

Memiliki transportasi seperti mobil merupakan kebutuhan yang penting untuk kebanyakan orang. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara membeli mobil berikut ini agar tidak boncos nantinya.

Kepemilikan transportasi pribadi akan membantu Anda mobilitas Anda untuk beraktivitas setiap harinya.

Tidak hanya itu, jika ada tetangga, keluarga bahkan kerabat Anda ingin ikut menumpang bersama dengan Anda, dengan transportasi yang dimiliki, Anda dapat mengangkut personil lebih dari satu orang. Salah satu transportasi yang bisa menampung banyak orang yaitu adalah mobil.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, karena itu kami akan memberikan cara membeli mobil dengan prosedur yang benar dan langkah-langkah yang tepat untuk nantinya Anda aplikasikan ketika akan membeli sebuah mobil.

Mobil adalah kendaraan yang memiliki harga cukup tinggi, Anda perlu selektif dalam membeli sebuah mobil agar tidak menyesal.

7 Cara Membeli Mobil Agar Tidak Boncos

Sebelum Anda akan membeli mobil ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan apakah calon mobil yang Anda akan membeli layak untuk Anda beli. Anda perlu melakukan riset yang mengenai mobil yang akan Anda beli nantinya.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda jadikan bahan Anda untuk research melalui sumber terpercaya.

1. Persiapkan Anggaran

Cara membeli mobil yang pertama adalah mempersiapkan anggaran. Anda harus memperhitungkan berapa dana atau anggaran yang Anda miliki untuk nantinya akan Anda gunakan untuk membeli sebuah mobil.

Perlu dilakukan perhitungan yang tepat mengenai dana yang Anda miliki, dana ini akan terkait dengan harga jual mobil dan hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan mobil.

Kebutuhan mobil tersebut dapat meliputi, maintenance yang dibutuhkan mobil, seperti sparepart dan biaya perawatan dari mobil tersebut. Dana yang perlu Anda persiapkan untuk biaya maintenance tidaklah sedikit, karena biaya perawatan mobil tidaklah murah.

Selain itu Anda juga perlu mengetahui, berapa dana asuransi hingga pajak kendaraan yang perlu dikeluarkan setiap tahunnya. Pajak dari kendaraan akan ditagih oleh pemerintah setiap tahunnya, Anda perlu menyiapkan anggaran yang cukup untuk itu.

2. Sesuaikan Kebutuhan Anda dengan Jenis Mobil yang Anda pilih 

Jenis mobil terdiri dari berbagai macam, jenis-jenis tersebut meliputi jenis mobil, van, sport, sedan dan sebagainya. Perlu diperhatikan, Anda perlu mengetahui untuk kebutuhan apa Anda akan membeli sebuah mobil, apakah untuk kebutuhan mobilitas, keluarga atau hanya untuk sebagai bahan hobi saja.

Jika Anda akan membeli mobil untuk kebutuhan keluarga, jenis mobil suv mungkin akan cocok bagi Anda karena memiliki jumlah 4-6 seats, dengan begitu kebutuhan yang Anda butuhkan akan terjawab.

Apabila Anda merupakan seseorang yang menyukai hobi offroad, Anda bisa membeli mobil offroad yang nantinya Anda bisa gunakan untuk melakukan olahraga ekstrim tersebut. Sesuaikan kebutuhan mobil Anda dengan kegiatan yang Anda lakukan.

3. Perhatikan Konsumsi Bensin

Cara membeli mobil berikutnya adalah memperhatikan konsumsi bensin. Salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli sebuah mobil adalah bagaimana konsumsi bahan bakar (bensin) yang dibutuhkan mobil tersebut dalam setiap perjalanan.

Seperti yang Anda ketahui, sekarang ini harga bensin semakin meningkat, karena itu Anda perlu mencari mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Apabila Anda adalah seseorang yang sering berpergian jauh, disarankan mencari transportasi mobil yang hemat biaya konsumsi bahan bakar.

Beberapa mobil di era modern ini, sudah memiliki fitur eco, dengan fitur tersebut Anda dapat menghemat penggunaan bahan bakar lebih rendah dibandingkan mobil yang tidak memiliki fitur tersebut. 

4. Pilihlah Model Mobil Impian And

Jika poin-poin yang berada di atas sudah terpenuhi dari segala cakupan, Anda bisa berpindah kepada model atau desain mobil apa yang Anda cari dan inginkan.

Pemilihan desain mobil kembali lagi kepada selera masing-masing individu, karena pada dasarnya setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda.

Terdapat berbagai macam desain mobil, dari mobil dengan desain sport dan compact, hingga mobil yang memiliki desain yang simple, seperti mobil untuk keluarga.

Anda juga bisa memilih warna apa yang cocok untuk mobil yang Anda gunakan pada nantinya. Sesuaikan dengan selera yang Anda inginkan.

5. Periksa Keadaan Mobil di Dealer Terpercaya

Cara membeli mobil berikutnya adalah memeriksa kondisi mobil. Setelah Anda mengetahui model mobil seperti apa yang Anda ingin beli dan sudah memantapkan poin-poin yang sudah disebutkan diatas, lakukan pemeriksaan secara langsung terhadap jenis mobil yang akan Anda beli. Anda bisa datang langsung ke dealer terdekat yang ada disekitar rumah Anda.

Dalam memilih dealer mobil, disarankan untuk Anda untuk memilih dealer dengan reputasi yang baik dan sudah banyak dipercaya oleh banyak customer.

Pemilihan dealer yang baik akan mempengaruhi bagaimana pelayanan yang akan Anda dapatkan ketika Anda akan membeli sebuah mobil, dealer profesional akan melayani Anda dengan pelayanan yang baik.

6. Lakukan Test Drive

Sebelum Anda melakukan pembayaran, sebaiknya Anda melakukan test drive terhadap calon mobil yang Anda akan beli. Tujuan dilakukannya test drive agar Anda mengetahui bagaimana sensasi berkendara yang akan Anda rasakan ketika menggunakan mobil tersebut secara langsung.

Setiap dealer mobil biasanya akan menyediakan layanan test drive bagi calon pembeli mobil yang tertarik dengan mobil yang mereka tawarkan. Dengan adanya test drive calon customer bisa melakukan uji coba terlebih dahulu, apakah mobil tersebut cocok atau tidak.

7. Lakukan Pembayaran

Cara membeli mobil yang terakhir adalah melakukan pembayaran. Setelah semua kriteria sudah terpenuhi meliputi segala poin yang sudah dijelaskan diatas, Anda bisa langsung melakukan prosedur pembayaran. Dalam melakukan metode pembayaran biasanya tersedia opsi cicilan dan pembayaran dengan cash, kedua hal ini bisa dikembalikan kepada kondisi keuangan yang Anda miliki.

Biasanya pembelian menggunakan cicilan terdapat bunga yang perlu Anda bayarkan, tetapi jika Anda membeli cash, tidak memerlukan biaya tambahan lagi dan sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan.

Anda perlu memilih jenis mobil dengan bijak dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Pertimbangkanlah poin-poin yang sudah kami jabarkan diatas, bagaimana dana yang Anda miliki dan berbagai komponen-komponen pendukung. Pastikan Anda mendapatkan harga terbaik.

Semoga artikel tentang tips dan cara membeli mobil ini dapat membantu Anda dalam memilih mobil impian Anda. Jika Anda ingin mengirimkan mobil, Troben menyediakan jasa pengiriman mobil yang bisa Anda pesan melalui aplikasi.

Selain tarif yang kami tawarkan sangat terjangkau, kami juga dapat mengirimkan mobil yang Anda kirimkan ke seluruh daerah yang ada di Indonesia. Pesan jasa pengiriman mobil lebih mudah dan praktis menggunakan aplikasi Troben, Download sekarang juga! Tunggu apalagi!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel