Home » Seputar Logistik » 5 Cara Mengirim Piano Supaya Tetap Aman Sampai Tujuan

5 Cara Mengirim Piano Supaya Tetap Aman Sampai Tujuan

cara mengirim piano

Piano anda terjual, namun tidak tahu bagaimana mengirimkannya? Salah satu caranya adalah menggunakan jasa cargo berkualitas, terpercaya serta memiliki kemampuan untuk mengirimkan barang besar . Namun, sebelum melakukan itu Anda juga perlu mengetahui tahapan bagaimana cara mengirim piano dengan aman ke seluruh Indonesia. 

Musik yang tidak murah sekaligus Complicated perawatannya. Berikut kami berikan tata cara mengirim piano secara aman ke seluruh Indonesia. Jadi, baca terus artikel kami ini hingga akhir ya!   

Pengiriman alat musik seperti piano bukanlah pekerjaan mudah, karena alat musik tersebut memiliki ukuran besar beserta printilan yang gampang sekali mengalami kerusakan jika tidak dikemas dengan baik. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh Anda. Untuk memperjelas segala hal mengenai cara mengirim piano, akan kami jelaskan pada lanjutan artikel ini, jadi tetap baca hingga akhir ya!

Baca juga: Inilah 9 Cara Mengirim Sofa Terbaik dan Aman

Inilah Cara Mengirim Piano Dengan 5 Langkah

Penjualan dan Konser adalah alasan mengapa orang banyak mengirim piano ke berbagai kota di Indonesia. Namun, Piano sendiri adalah alat musik yang membutuhkan perlindungan khusus jika ingin dikirimkan. Maka dari itu butuh langkah-langkah tertentu untuk dapat mengirim dengan aman.  Bagi Anda yang akan mengirim menuju seluruh Indonesia. Berikut Kami bagikan langkah-langkah tepat dalam mengirim alat musik tersebut dengan Aman.

1. Mengetahui Berat Piano Yang Ingin Dikirim

Cara pertama adalah mengetahui berat piano kiriman. Anda bisa mengetahuinya dengan melakukan pengukuran beratnya secara mandiri ataupun mencari informasi mengenai spesifikasinya secara online. Biasanya pihak produsen juga akan memberikan informasi mengenai berat beserta ukurannya.

Cara pertama sebelum mengirim piano adalah mengetahui beratnya. Mungkin yang kini menjadi pertanyaan di benak Anda adalah mengapa harus beratnya? Ya karena hanya jasa pengiriman cargo saja yang bisa mengirim piano dan untuk menentukan harga, jasa cargo akan menggunakan perbandingan lebih besar antara berat barang serta volume barang.

Untuk mengetahui beratnya Anda bisa melakukan penimbangan secara mandiri maupun mendapatkan data berat piano langsung dari produsennya. Berikut kami berikan beberapa jenisnya beserta beratnya.

Grand Piano

grand piano

grand piano

            Panjang: 4 hingga 9 kaki (1,2 hingga 2,7 meter)

Berat: 500 hingga 1.200 pound (227 hingga 544 kilogram)

Upright Piano

upright piano

upright piano

            Tinggi: 3 hingga 5 kaki (0,9 hingga 1,5 meter)

Lebar: 5 hingga 6 kaki (1,5 hingga 1,8 meter)

Berat: 300 hingga 800 pound (136 hingga 363 kilogram)

Digital Piano

digital piano

digital piano

            Ukuran maupun berat dapat bervariasi tergantung pada model beserta mereknya. 

            Secara umum, digital piano lebih ringan daripada grand piano dan upright piano.

Baby Grand Piano

baby grand piano

baby grand piano

            Panjang: Kira-kira 4 hingga 6 kaki (1,2 hingga 1,8 meter)

Berat: Bervariasi, tetapi biasanya lebih ringan daripada grand piano ukuran penuh.

2. Memilih Armada (truk) Pengiriman Piano Yang Tepat

Cara kedua yaitu memilih armada pengiriman. Memilih Armada juga memiliki peranan penting. Jika Anda sudah mengetahui berat dan ukuran piano kiriman, pihak jasa cargo dapat menyesuaikan kebutuhan truk pengiriman sesuai dengan spesifikasinya. Akan lebih baik jika Anda menyewakan satu truk untuk mengirim piano agar tidak bercampur dengan jenis barang lainnya.

3. Mengemas (packing) Piano Dengan Cermat

Cara ketiga yaitu mengemasnya dengan cermat. Berikut kami berikan cara packing piano secara aman.

Persiapkan Bahan Packing

Kardus khusus piano atau kotak kayu kokoh. Bubble wrap atau selimut udara untuk melindungi bagian luarnya. Kain atau selimut lembut untuk melindungi permukaannya. Styrofoam atau busa untuk melindungi sudut dan bagian internal.

Persiapkan Piano

Tutup tut piano dan tutup kunci untuk melindungi bagian dalamnya. Pastikan semua bagian yang dapat dilepas, seperti bagian kaki, telah dilepas dan dibungkus terpisah.

Melindungi Permukaan Luar

Bungkus piano dengan bubble wrap atau selimut udara, pastikan seluruh permukaannya tertutup dengan baik.Tempatkan kain atau selimut lembut di sekitarnya untuk memberikan perlindungan tambahan.

Lindungi Sudut serta Bagian Internal

Cara packing selanjutnya, letakkan lapisan pelindung di sudut piano menggunakan styrofoam atau busa. Pastikan sudut beserta bagian internal lainnya terlindungi dengan baik.

Tempatkan dalam Kotak atau Kemasan Kayu

Setelah dipacking, tempatkan piano ke dalam kardus khusus atau kotak kayu kuat. Pastikan piano aman di dalam kotak dan tidak dapat bergerak.

4. Menggunakan Layanan Asuransi (optional)

Cara keempat, pastikan Anda memilih jasa cargo yang tak hanya sekedar murah saja, perhatikan pula jaminan asuransi apakah tersedia atau tidak. Asuransi sangat penting untuk menjamin barang dari kerusakan yang mungkin terjadi selama proses pengirimannya.

5. Menggunakan Jasa Pengiriman Piano Murah dan Bisa Dipercaya

jasa pengiriman piano yang terjamin keamanan pengiriman barangnya dan tarif pengiriman termurah ya hanya di TrawLbens. Kami sudah dikenal sebagai jasa cargo yang memberikan Jaminan Asuransi, Jasa packing dan juga bisa pick up barang langsung. Seluruh pemesanan jasa kami juga sangat praktis, karena dapat dilakukan dari Smartphone saja.

Penutup

Inilah akhir dari pembahasan kami mengenai cara mengirim piano. Apabila Anda mengirim piano, semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat buat Anda.

Apabila Anda ingin mengirim barang besar dan banyak lainnya, Anda bisa langsung Download aplikasi Trawlbens melalui Google Play atau App Store dan lakukan pengiriman sekarang juga

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel