Home » Seputar Logistik » 5 Cara Packing Sepatu Untuk Dikirim Agar Aman Sampai di Tujuan

5 Cara Packing Sepatu Untuk Dikirim Agar Aman Sampai di Tujuan

5 Cara Packing Sepatu Untuk Dikirim Agar Aman Sampai di Tujuan

Bagi seorang penggiat bidang fashion, sepatu menjadi salah satu item yang sama digandrunginya dengan produk fashion lain. Maka dari itu, merupakan hal wajar jika transaksi jual beli sepatu sering terjadi. Jika ingin mengirimkan sepatu, maka penting untuk mengetahui cara packing sepatu. Biasanya pembelian sepatu ini dilakukan dengan mengunjungi langsung ke outlet produk sepatu, namun berkat era digitalisasi banyak juga konsumen membeli produk ini secara online baik sepatu baru ataupun bekas. 

Dalam pembelian sepatu secara daring tentunya pelanggan menginginkan kualitas baik pada paketnya. Maka dari itu, selaku penjual sepatu online keselamatan serta keamanan produk adalah prioritas utama. Sehingga, para penjual perlu mengetahui cara packing sepatu dengan baik dan benar untuk menjaga kualitas sepatu beserta kepercayaan pelanggan. Guna membantu kita dalam menjaga kualitas produk selama pengiriman berlangsung, berikut kami berikan cara packing sepatu aman ala Troben!

5 Cara Packing Sepatu Agar Aman Selama di Perjalanan

5 Cara Packing Sepatu Agar Aman Selama di Perjalanan

5 Cara Packing Sepatu Agar Aman Selama di Perjalanan

Cara packing sepatu merupakan hal penting untuk diketahui oleh penjual atau reseller sepatu. Walaupun pengiriman melalui jasa ekspedisi sudah menyediakan layanan packing, namun dengan packing dapat memperkecil bahkan menghindari terjadinya kerusakan pada produk. Berikut 5 cara packing sepatu sederhana serta mudah untuk dicoba. 

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Packing Buku Paling Aman!

  • Siapkan dan Cek Kondisi Sepatu 

Cara pertama, Sebelum melakukan packing pastikan sepatu dalam kondisi baik dan tidak ada kecacatan produk. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya kesalahpahaman antara penyedia jasa pengiriman, penjual, pembeli. Selain itu, dengan kondisi sepatu yang baik tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pengiriman ulang produk sebagai biaya ganti rugi. 

Bersamaan dengan mengecek kondisi sepatu, perlu juga mempersiapkan kebersihan sepatu tersebut dengan menambahkan tisu dan kertas krep ke dalam sepatu agar sepatu terhindar dari kerutan selama pengiriman berlangsung. 

  • Lapisi Sepatu Dengan Plastik 

Setelah pengecekan selesai, pisahkan tiap sepatu terlebih dahulu untuk dibungkus kedalam plastik. Kantong plastik sebagai lapisan packing pertama berguna untuk menjaga kualitas sepatu selama pengiriman berlangsung, karena bahan ini mampu melindungi sepatu dari kelembapan. Kelembapan akan merusak sepatu bila tidak diperhatikan dengan tepat.

  • Masukkan Sepatu Ke Kardus 

Cara selanjutnya yaitu dapat memasukkan sepatu pada kardus sesuai dengan ukuran sepatu. Pilihlah kardus dengan kualitas terbaik, agar selama perjalanan tidak terjadi kerusakan, seperti sobek atau penyok. 

Tidak sampai situ, hindari juga ruang kosong pada kardus. Dengan cara memasukan kertas ataupun tisu di dalamnya, guna menghindari benturan pada sepatu sehingga dapat mengakibatkan kerusakan.  

Jika Anda merupakan reseller, dapat menggunakan kardus asli produk tersebut. Penggunaan kardus asli ini juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan originalitas sepatu. 

  • Berikan Packing Tambahan 

Tidak hanya sampai situ, sangat disarankan untuk memberikan packing tambahan guna memperkecil resiko kerusakan barang akibat benturan atau goncangan selama pengiriman. cara ini ampuh dalam meminimalisir kerusakan barang.

Packing ini bisa berupa lapisan tambahan pada kardus menggunakan bubble wrap. Bubble wrap merupakan bahan pangemasan cukup murah dan mudah untuk didapatkan. Sehingga tidak akan menambah terlalu banyak biaya operasional.

  • Tulis Alamat Serta Label Pada Paket

Cara terakhir menjadi hal paling penting yaitu menuliskan alamat dengan jelas, informasi penerima, dan memberikan label “fragile” pada packing sepatu. Selain membantu kurir ketika pengiriman barang berlangsung, alamat jelas juga membantu penyedia jasa mengatur rute pengiriman sehingga barang terkirim cepat sampai tujuan. 

Selain itu, memberikan label  “fragile” pada sepatu bukanlah suatu hal aneh. Sebab, sepatu merupakan barang rentan dan cukup mudah rusak. Sehingga label ini memberikan rambu kepada kurir atau siapapun agar hati-hati. 

Penutup

Guna menghindari kecacatan atau kerusakan pada sepatu, baik tidaknya pengemasan menjadi salah satu antisipasi dan garansi. Maka dari itu, melalui 5 cara packing sepatu di atas proses packing akan jauh lebih mudah dan aman.

Gunakan bahan-bahan ada disekitar kita, namun tetap berkualitas agar lebih menghemat lagi biaya operasional packing. Selain itu juga dapat meminta penyedia jasa memberikan packing tambahan seperti kemasan kayu untuk tingkat keamanan lebih tinggi. 

Lakukanlah packing dengan benar agar seluruh barang kiriman Anda, tidak hanya sepatu, dapat aman sampai ke tangan pelanggan. Sebab dengan tepatnya pengemasan, produk akan terjaga keamanannya dan pelanggan pun puas akan lengkapnya pelayanan diberikan.

Bila membutuhkan jasa pengiriman barang murah seperti sepatu dengan tarif lebih hemat, bisa mempercayakan Troben Lho! segera download aplikasi pengiriman barang kami sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel