Home » Seputar Logistik » Berapa Harga Batu Pondasi 1 Truk? Simak Di Sini Yuk!

Berapa Harga Batu Pondasi 1 Truk? Simak Di Sini Yuk!

harga batu pondasi 1 truk

Bangunan kokoh serta tahan lama bermula dari pondasi kuat. Dalam konstruksi, pemilihan bahan pondasi menjadi langkah awal krusial. Salah satu pertimbangan penting dalam pemilihan pondasi adalah batu pondasi. Sebelum Anda berencana ingin membeli batuan pondasi, ketahui terlebih dahulu harga batu pondasi 1 truk. 

Artikel berikut ini akan membahas pentingnya pemilihan pondasi, jenis-jenisnya, tips memilihnya beserta harga batu pondasi 1 truk. Yuk baca terus artikel berikut!

Pentingnya Pemilihan Batu Pondasi yang Tepat

Pemilihan Batu Pondasi yang Tepat

Pemilihan Batu Pondasi yang Tepat

Sebelum memahas mengenai harganya, perlu dicatat bahwa pondasi tersebut bukan hanya sekadar penopang struktur bangunan, tetapi juga menjadi fondasi yang menentukan daya tahan serta stabilitas pembangunan. Oleh karena itu, pemilihan material yang tepat tidak hanya berkaitan dengan biaya, tetapi juga dengan kualitas sekaligus kecocokannya dengan kondisi tanah dan kebutuhan struktural. Pemilihan material jadi yang patut diperhatikan untuk keberlangsungan suatu bangunan. 

Jenis-Jenis Batu Pondasi 

Bebatuan pondasi memiliki peran krusial dalam kestabilan sebuah bangunan. Selain itu, varian harga juga tidak selalu ditentukan dalam kuantitas pembeliannya, namun juga berdasarkan jenisnya yang beragam. Berikut adalah beberapa jenis yang umum digunakan dalam konstruksi:

1. Batu Kali

Batu Kali

Batu Kali

Material berjenis kali merupakan jenis bahan material dengan pondasi paling umum digunakan. Jenis ini terbentuk dari batuan sedimen, seperti batuan pasir atau lempung. Bebatuan kali memiliki sifat kuat, tahan lama, serta mudah didapat. Harga batuan kali berkisar Rp700.000 – Rp1.000.000.

2. Batu Belah

Batu Belah

Batu Belah

Kerakal belah merupakan bahan hasil olahan dari bebatuan besar. Jenis ini dibuat dengan cara membelah batuan besar menjadi beberapa bagian lebih kecil. Material berjenis belah memiliki sifat kuat dan kokoh, serta mudah disusun. Harga bahan material belah ini berkisar Rp180.000 – Rp350.000 per m³. Berbeda dengan harga pembelian material ini yang bisa mencapai harga sekitar Rp1.890.000 dengan harga pembelian 1 truk.

3. Batu Karang

Batu Karang

Batu Karang

Material berjenis karang terbentuk dari kumpulan cangkang hewan laut. Jenis ini memiliki sifat kuat sekaligus tahan lama, serta tidak mudah rapuh. Karakteristiknya biasa ditemukan di laut atau pantai, nelayan sering kali menjual kepada pengusaha material dengan harga yang berbeda-beda. Namun, pondasi berjenis karang ini biasanya dijual oleh nelayan setempat kisaran harga mulai dari Rp40.000 – Rp50.000 per m³. Pembelian material karang ini bisa mencapai harga kisaran Rp1.300.000 untuk harga 1 truk.

4. Batu Blondos

Batu Blondos

Batu Blondos

Bebatuan blondos terbentuk dari sedimen yang telah mengalami proses pelapukan. Jenis ini memiliki sifat kuat dan kokoh, serta mudah didapat.

Pemilihan jenis bahan material yang tepat harus disesuaikan dengan kondisi tanah dan beban bangunan. Untuk tanah lunak, sebaiknya menggunakan jenis yang memiliki sifat kuat dan tidak mudah rapuh, seperti bebakarang atau belah. Sedangkan untuk tanah keras, dapat menggunakan bongkahan kali atau blondos. Jika memiliki kerakal blondos sebagai pondasi utama, harga material tersebut bisa mencapai Rp2.100.000 untuk harga pembelian 1 truk.

Tips Memilih Batu Pondasi

Tips Memilih Batu Pondasi

Tips Memilih Batu Pondasi

Ketika Anda berencana untuk membangun rumah, pastikan semua materialnya berkualitas. Pilihlah bahan pondasi kokoh, jangan dari harga kerakal tersebut saja, karena pondasi sebagai dasar rumah supaya bangunan kuat dan kokoh. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih material pondasi, antara lain :

  • Pastikan memiliki kualitas baik, kuat, serta kokoh.
  • Sesuaikan ukurannya dengan ukuran pondasi yang akan dibangun.
  • Pilihlah yang memiliki permukaan rata dan halus, agar mortar dapat menempel dengan baik.
  • Cek kondisi secara menyeluruh, untuk memastikan tidak ada cacat atau retakan.

Dengan pemilihan bahan pondasi yang tepat, maka pondasi bangunan akan menjadi lebih kuat dan kokoh, serta dapat menopang beban bangunan dengan baik.

Harga Batu Pondasi 1 Truk

Harga Batu Pondasi 1 Truk

Harga Batu Pondasi 1 Truk

Bagi Anda yang ingin membeli bahan material untuk membuat rumah, berikut ini adalah kisaran harga bebatuan pondasi 1 truk: 

  • Harga Batuan kali belah: Rp180.000 – Rp350.000 per m³
  • Harga Batuan kali 1 pick up: Rp700.000 – Rp1.000.000
  • Harga Batuan Pondasi 1 truk isi 8 kubik full: Rp1.850.000
  • Harga Batuan Pondasi 1 truk tronton isi 23 m³: Rp5.200.000

Keunggulan Penggunaan Timbangan Truk

Keuntungan Penggunaan Timbangan Truk

Keuntungan Penggunaan Timbangan Truk

Penggunaan timbangan truk sebagai pengangkutan bahan material memiliki keunggulannya tersendiri. Timbangan truk dapat membantu proses konstruksi menjadi lebih cepat. Dalam hal ini, timbangan truk memungkinkan situs konstruksi, perusahaan material, atau suatu bangunan bisa segera selesai dalam proses pengerjaannya.

Akuratnya proses keluar masuk yang memudahkan perusahaan konstruksi juga menjadi keunggulan dari menggunakan timbangan truk. Biasanya dilakukan untuk penghitungan yang tepat dalam kebutuhan material. Hal ini dilihat dari jenis kendaraan yang keluar masuk situs suatu bangunan.

Dengan akurasi keluar masuk timbangan truk juga menjadi pencegahan kendaraan yang bermuatan lebih. Keunggulan timbangan truk seperti ini berpotensi mencegah kecelakaan kerja terjadi baik terhadap pekerjanya atau kerusakan mesin di sekitar.

Penutup

Demikianlah informasi tentang pentingnya pemilihan bebatuan pondasi sebagai langkah awal dalam melakukan pembangunan serta informasi mengenai rata-rata harga batu pondasi 1 truk. Bila Anda akan membeli bahan pondasi dan mencari armada untuk pengangkutannya. TrawLbens menyediakan jasa sewa truk dengan pilihan armada terlengkap dengan harga termurah.

Jasa sewa truk kami memberikan banyak kemudahan untuk pengangkutan barang seperti layanan door to door, TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat), asuransi pengiriman, hingga pelacakan barang. Pesan jasa sewa truk kami dengan mudah dengan cara download aplikasi kirim barang TrawLbens dan pilih layanan TrawLtruck sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel