Home » Bisnis » 10 Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Pebisnis Pemula Wajib Coba!

10 Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Pebisnis Pemula Wajib Coba!

ide jualan makanan modal kecil

Bisnis makanan seakan tak ada matinya. Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia, sehingga jualan makanan menjadi peluang usaha menjanjikan. Apabila ingin memulai bisnis makanan, kali ini kami akan memberikan ide jualan makanan modal kecil.

Untuk menjual makanan tak selamanya membutuhkan modal besar. Apalagi jika  menjual makanan dengan memanfaatkan teras rumah ataupun jual makanan secara online. Modalnya hanyalah modal untuk membeli bahan dasar bukan biaya sewa tempat.

Baca juga: Cara Mencari Peluang Usaha Rumahan Cuan Maksimal 

Inilah 9 Ide Jualan Makanan Modal Kecil

Ide jualan makanan  modal kecil adalah pilihan cerdas bagi perintis usaha di dunia kuliner tanpa mengeluarkan investasi besar. Berkat kreativitas, inovasi, serta dedikasi, Anda dapat mengembangkan usaha makanan yang tidak hanya memuaskan lidah pelanggan tetapi juga menguntungkan. Berikut ini adalah ide jualan makanan modal kecil, namun berpotensi memberikan keuntungan besar.

1. Cireng

cireng

cireng

Aci digoreng atau cireng, merupakan camilan pasar populer. Bahan-bahannya relatif ekonomis, bahkan dapat diperoleh dengan biaya kurang dari Rp10 ribu. Dari satu adonan, Anda dapat menghasilkan sejumlah cireng cukup banyak.

Jika tertarik untuk memulai usaha menjual makanan ini, disarankan untuk menghadirkan variasi cireng. Misalnya, Melalui penambahan isian seperti keju, sosis mayo, daging mayo, atau suiran ayam. Dengan demikian, Anda dapat menjualnya dengan harga lebih tinggi.

2. Salad Buah

salad buah

salad buah

Ide jualan makanan modal kecil selanjutnya adalah salad buah. Indonesia merupakan negara tropis sehingga banyak jenis buah-buahan mudah ditemukan. Buah memiliki harga beli bervariasi tergantung jenisnya.

Ide jualan makanan modal kecil selanjutnya adalah jual salad buah. Berbagai jenis buah sekaligus cocok dibuat salad adalah melon, semangka, strawberry, buah naga, buah pir, dan lainnya.

Selain itu, untuk tambahan buah dapat diberikan dengan jeli kemudian tambahkan topping seperti keju atau coklat meses. Anda dapat menjual salad buah berbagai ukuran mulai dari 200 ml, 300 ml, hingga 500 ml. Harganya pun dapat disesuaikan dengan modal beserta perlengkapan lainnya.

Baca juga: 6 Cara Membaca Peluang Usaha, Pebisnis Pemula Wajib Tahu!

3. Bakso Goreng

bakso goreng

bakso goreng

Bakso goreng atau basreng adalah salah satu camilan banyak orang. Sehingga jualan basreng juga dapat menjadi salah satu ide jualan makanan modal kecil. 

Cara membuatnya sangat mudah, Anda dapat memotong bakso menjadi bagian-bagian kecil kemudian digoreng sampai garing. Setelah itu dapat dicampurkan bersama bumbu pedas. Sama seperti salad buah, Anda dapat menjual bakso goreng sesuai berat gram mulai dari 100 gram, 250 gram, hingga 1000 gram.

Buatkan aneka rasa menarik bagi banyak orang. Jika menjual basreng dengan dua rasa yaitu original serta pedas. Maka, tingkat kepedasan basreng dapat disesuaikan keinginan pembeli.

4. Makaroni Pedas

makaroni pedas

makaroni pedas

Sama seperti basreng, makaroni pedas juga menjadi salah satu camilan favorit banyak orang. Camilan bisa menjadi teman ngobrol santai, nonton film, atau bahkan menemani saat bekerja. 

Tekstur renyah sekaligus rasa gurih membuat makaroni jadi camilan favorit khususnya pecinta makanan pedas. Anda bisa menjual makaroni pedas dengan level kepedasan berbeda-beda sesuai keinginan pasar.

Baca juga: 5 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula 

5. Dim Sum

dimsum

dimsum

Dim Sum merupakan salah satu makanan khas Tiongkok terkenal dan mendapatkan banyak penikmat di Indonesia. Sehingga ide jualan makanan modal kecil ini menjadi salah satu peluang menggiurkan. 

Anda bisa menjual berbagai macam dimsum mulai dari siomay, lumpia, hakau dan lainnya dengan harga beragam. Jangan lupa sertakan saus khas buatan sendiri untuk membuat pembeli ingat dan datang membelinya lagi. 

6. Ayam Geprek

ayam geprek

ayam geprek

Ide jualan makanan modal kecil selanjutnya adalah ayam geprek. Makanan berbahan dasar ayam memang sangat beragam. Ayam geprek juga memiliki banyak peminat. Apalagi jika lokasi Anda dekat kawasan perkantoran, jualan ayam geprek bisa mendatangkan banyak keuntungan. 

Buatkan sambal ayam geprek dengan tingkat kepedasan sesuai selera pembeli, sehingga bukan hanya pecinta pedas saja yang mampu membeli.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Berkebun dan Tips Menjalankannya

7. Crepes

crepes

crepes

Jualan crepes, baik berupa varian manis maupun asin, dapat menjadi opsi menjanjikan untuk ide jualan makanan modal kecil. Dengan menggunakan bahan dasar sederhana dan variasi isi tak terbatas, crepes selalu menjadi favorit di kalangan konsumen.

Modalnya terdiri dari bahan dasar serta peralatan pembuat crepes. Inovasi dalam penyajian dan pilihan topping dapat meningkatkan daya tarik crepes tersebut. Tak hanya itu, manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan.

8. Donat

donat

donat

Donat menjadi salah satu ide jualan makanan modal kecil selanjutnya. Anda bisa membuat donat klasik dengan berbagai topping sesuai selera seperti donat gula salju, coklat meses, sampai krim matcha.

Baca juga: Mengenal Peluang Usaha Keagenan, dari Tips dan Keuntungannya 

9. Sushi Roll

sushi roll

sushi roll

Sushi merupakan makanan khas Jepang dan juga banyak disukai oleh orang Indonesia. Jika sushi di restoran harganya mahal. Maka Anda bisa membuat sushi dengan isian sesuai lidah orang Indonesia dan tentu harganya lebih terjangkau. Sushi ini juga bisa menjadi ide jualan makanan modal kecil yang patut dicoba.

10. Roti Bakar

roti bakar

roti bakar

Ide jualan makanan modal kecil selanjutnya adalah roti bakar. Roti bakar menjadi makanan nikmat sebagai teman minum kopi atau teh. Sehingga jualan roti bakar jadi peluang bagi yang berencana jualan makanan. Sediakan isian roti bakar dengan berbagai pilihan sehingga pembeli bisa memilih sesuai keinginan.

Baca juga: 8 Cara Menganalisa Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Wajib Diketahui!

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula 

Bagi yang berencana memulai usaha, berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis bagi pemula :

1. Lakukan Riset

Sebelum memulai usaha, langkah pertama adalah melakukan riset. Melalui riset pasar, Anda bisa mengetahui makanan apa saja yang sedang viral maupun belum banyak dijual.

Selain itu, melalui riset Anda juga bisa mendapatkan banyak ide dari hasil temuan. Anda bisa menjual makanan yang sudah banyak dijual dengan modifikasi maupun membuat produk yang tak banyak orang menjualnya. Sehingga bisa menarik banyak pelanggan karena penasaran.

2. Buat Perencanaan yang Matang

Setelah menemukan bisnis apa yang akan dijalankan. Selanjutnya buat perencanaan matang. Anda bisa merancang konsep bisnis, strategi pemasaran yang akan dilakukan sampai berapa perkiraan modalnya.

3. Mulailah dariUsaha Kecil 

Perencanaan sebaik apapun akan sia-sia jika tidak dijalankan. Untuk itu, jika rencana sudah dibuat dan perencanaan sudah disusun, selanjutnya eksekusi bisnis Anda sekarang. Mulailah dengan kecil dan kembangkan bisnis Anda secara bertahap. Bisnis akan berjalan secara baik sambil dijalankan.

Baca juga: Bisnis Modal Kecil dengan Untung Besar untuk Pemula!

Demikianlah informasi tentang ide jualan makanan modal kecil yang bisa dijalankan. Masih banyak ide jualan makan yang bisa dijalankan. Melalui kreativitas dan ketekunan, bisnis yang dibuat bisa menarik banyak pelanggan sampai memberikan keuntungan besar. 

Salah satu jual makanan yang bisa dikirim ke luar kota adalah dimsum frozen. Jika dibekukan, tentu dimsum buatan Anda akan memiliki banyak peminat dan juga jangkauan pasarnya juga semakin luas. 

Bila Anda berencana untuk kirim dimsum frozen ke luar kota, percayakan pengirimannya melalui  jasa pengiriman barang dari TrawLbens. Hubungi nomor CS kami atau download aplikasi kirim barang TrawLbens sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel