Home » Seputar Logistik » Pasti Aman! Inilah Material Bangunan Tahan Api

Pasti Aman! Inilah Material Bangunan Tahan Api

material bangunan tahan api

Meskipun tetap memiliki kemungkinan, namun beragam inovasi dilakukan untuk menemukan cara menghindari atau meminimalisir kemungkinan sekecil mungkin. Salah satunya, dengan memilih material bangunan tahan api untuk hunian Anda.

Meskipun beberapa material tampak sulit terbakar, hal tersebut tidak cukup untuk menjamin bahwa bahan tersebut sesuai sebagai material bangunan tahan api. Ketika terjadi kebakaran, suhu dapat mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. 

Pada suhu sangat tinggi, banyak material dapat mengalami kerusakan atau bahkan terbakar. Oleh karena itu, penting mempertimbangkan bagaimana material tersebut akan bereaksi terhadap suhu ekstrim saat memilih material bangunan tahan api.

Meskipun beberapa material mungkin memiliki toleransi lebih baik terhadap suhu tinggi, hal itu tidak menjamin bahwa mereka tidak akan terbakar atau rusak sama sekali. Oleh karena itu, keselamatan diri dan keluarga tetap menjadi prioritas utama dalam situasi darurat. 

Baca Juga: Ketahui Contoh Pengiriman Paket Terbaik!

Material Bangunan Tahan Api

Penggunaan material bangunan tahan api memiliki peran penting dalam meminimalkan risiko kebakaran di dalam bangunan. Selain itu, kebanyakan bahan tahan api juga memiliki daya tahan yang baik, sehingga memberikan keuntungan tambahan dalam jangka waktu lebih lama. Berikut ini adalah beberapa material bangunan tahan api yang sering digunakan dalam konstruksi:

1. Batu

Batu merupakan salah satu material bangunan tahan api. Karena karakteristiknya ini, penggunaan batu dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kebakaran di dalam bangunan. 

Material bangunan tahan api ini umumnya tersedia secara luas di berbagai toko bangunan. Lebih baik lagi jika batu dicampur dengan bahan lain yang juga tahan api, karena hal ini akan meningkatkan keandalan tahan api secara keseluruhan.

Baca Juga: Contoh Bukti Pengiriman Paket dari Luar Negeri

2. Beton

Beton merupakan jenis material bangunan tahan api lainnya yang sering dipilih. Selain memiliki sifat tahan api, beton juga dikenal karena daya tahan dan ketahanannya baik. Oleh karena itu, beton seringkali digunakan sebagai pengganti bahan-bahan yang rentan terbakar, seperti kayu atau triplek. 

Selain itu, beton juga sering dipilih sebagai bahan utama untuk cor dak. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan beton dapat memerlukan biaya lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa bahan lainnya.

3. Kaca Tahan Api

Meskipun sebagian orang mungkin mengira bahwa semua jenis kaca merupakan material bangunan tahan api, namun kenyataannya, kaca pada umumnya rentan terhadap paparan api atau panas berlebih, yang dapat menyebabkan pemuaiannya atau bahkan retak. 

Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan terhadap risiko kebakaran, sangat penting untuk memilih material bangunan tahan api kaca yang memang dirancang khusus kaca tahan api. Pastikan Anda mendapatkan kaca tahan api ini dari toko bangunan terpercaya.

4. Batu Bata Merah

Batu bata merah umumnya digunakan sebagai material bangunan tahan api pengisi dinding bangunan. Proses pembakaran dialami oleh batu bata merah memberikan sifat alami tahan terhadap panas. Untuk memastikan keamanan optimal terhadap kebakaran, pastikan mendapatkan batu bata merah berkualitas baik dari toko bangunan terpercaya.

5. Baja Ringan

Baja ringan saat ini menjadi pilihan utama dalam konstruksi atap material bangunan tahan api karena kekuatannya tinggi, bobot ringan, dan juga sifat tahan api yang dimilikinya. Selain itu, baja ringan memiliki daya tahan jauh lebih baik daripada kayu, sehingga memberikan keuntungan dalam jangka waktu lebih lama. 

Oleh karena itu, banyak orang memilih menggunakan baja ringan dalam material bangunan tahan api untuk memastikan keamanan terhadap risiko kebakaran. Pastikan Anda memperoleh baja ringan dari pemasok terpercaya untuk memastikan kualitas dan keamanannya.

6. Bata Ringan (Hebel)

Bata ringan, juga dikenal sebagai hebel, salah satu pilihan utama material bangunan tahan api. Selain memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi, juga memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan ringan sehingga mempercepat proses pemasangannya. Kualitas ini membuatnya menjadi pilihan untuk meningkatkan keamanan bangunan dari potensi bahaya kebakaran.

7. Batako

Batako juga termasuk rekomendasi material bangunan tahan api yang umum digunakan. Material ini terbuat dari campuran kapur dan trass, dengan trass sebagai bahan utama terdiri dari silika dan alumina, sehingga memberikannya ketahanan terhadap suhu tinggi. 

Penting untuk memastikan Anda mendapatkan batako berkualitas tinggi dari toko bangunan terpercaya. Selain itu, memberikan lapisan finishing berkualitas pada batako juga akan meningkatkan daya tahan dan keamanannya terhadap risiko kebakaran.

8. Gypsum Tahan Api

Meskipun gypsum secara umum dikenal sebagai bahan rapuh dan mudah rusak, ada varian gypsum tahan api yang tersedia di toko bangunan. Jenis material bangunan tahan api ini mengandung cairan kimia khusus yang berfungsi menghambat proses pembakaran dan penyebaran api. Gypsum ini tetap memiliki tekstur halus dan rapi, sehingga cocok digunakan sebagai bahan penyelesaian atau finishing.

9. Kayu Tahan Api

Meskipun kayu umumnya rentan terhadap kebakaran, ada jenis material bangunan tahan api kayu yang telah diolah khusus agar memiliki sifat tahan api. Dengan melapisi kayu menggunakan bahan kimia tertentu seperti amonium fosfat atau sulfat, kayu dapat menjadi lebih tahan terhadap api. Untuk mendapatkan kayu tahan api, Anda dapat meminta bantuan dari toko bangunan yang menyediakan layanan pelapisan khusus ini.

Kirim Material Bangunan Tahan Api bersama Troben

Tidak perlu khawatir tentang pengiriman, karena kami memiliki solusi tepat. Dengan menggunakan layanan jasa ekspedisi murah dan aman dari Troben, Anda dapat membeli material bangunan tahan api dengan mudah dan mengirimkannya ke alamat tujuan tanpa kesulitan. 

Troben menyediakan layanan pengiriman cepat, aman, dan handal, sehingga dapat menjalankan proyek konstruksi dengan lancar tanpa harus khawatir tentang logistik. Dengan Troben, Anda dapat memanfaatkan layanan ekspedisi efisien dan terjangkau untuk mengirimkan material bangunan tahan api ke alamat tujuan. 

Dengan tarif mulai dari Rp3000 per kg dan minimal pengiriman hanya 10kg, Anda dapat menikmati layanan berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Jadi, jika ingin memastikan bahwa material bangunan tahan api sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik, percayakanlah pengirimannya kepada Troben. Download Aplikasi Cargo kami Sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel