Home » Seputar Logistik » Jenis Kayu Untuk Lantai yang Cocok untuk Rumah Anda

Jenis Kayu Untuk Lantai yang Cocok untuk Rumah Anda

jenis kayu untuk lantai

Ketika membangun sebuah rumah, semua unsur baik desain interior maupun eksterior sangat diperhatikan. Karena rumah merupakan tempat ternyaman untuk pulang, maka segala material dan juga desain perlu diperhatikan termasuk pemilihan lantai. 

Lantai rumah bukan hanya berasal dari keramik. Seiring berkembangnya zaman, lantai rumah juga bisa menggunakan kayu. Lantai rumah yang berasal dari kayu memberikan unsur tradisional dan memberikan kesan hangat. maka tak heran, jenis kayu untuk lantai kini sangat diminati.

Tak semua jenis kayu bisa digunakan sebagai lantai rumah, karena salah satu sifat kayu yang mudah ditumbuhi jamur dan rayap malah bisa membuatnya rapuh. Lalu apa saja jenis kayu yang cocok untuk lantai? Dan bagaimana tips memilih jenis kayu untuk lantai? Simak pembahasan berikut ini!

Baca Juga: Ketahui Contoh Pengiriman Paket Terbaik!

6 Jenis Kayu Untuk Lantai

Untuk Anda yang sedang mencari jenis kayu untuk lantai rumah, berikut ini adalah 6 jenis lantai kayu yang cocok digunakan, antara lain :

1. Kayu Jati

Jenis kayu untuk lantai yang pertama adalah kayu jati. Kayu jati menjadi jenis kayu terbaik yang bisa digunakan untuk lantai. Dilihat dari warna, motif serat, dan tekstur yang halus, kayu jati sangat ideal sebagai bahan baku untuk lantai. Selain itu, kayu jati memiliki karakteristik yang unik, kuat, dan tahan lama.

Berbagai karakteristik ini menjadikan kayu jati tidak hanya cocok untuk lantai, tetapi juga untuk material bangunan, kusen pintu, dan perabotan. Selain itu, kayu jati juga tahan terhadap serangan jamur, rayap, serta kerusakan akibat kelembaban udara yang tinggi.

Baca Juga: Cara Cari Armada Melalui Pangkalan Truk Terdekat, Lengkap!

2. Kayu Merbau

Kayu merbau adalah jenis kayu selanjutnya yang tidak kalah dengan kualitas kayu jati. Warna kayu merbau cenderung coklat kemerahan, kadang-kadang dengan sentuhan warna kuning.

Karakteristik kayu merbau termasuk memiliki tingkat keawetan kelas I dan II serta kekuatan kelas I dan II. Tak heran jika kayu ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap serangan serangga seperti kutu kayu atau rayap. Selain itu, kayu merbau mampu bertahan dari perubahan cuaca, termasuk paparan sinar matahari langsung dan hujan.

3. Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan salah satu jenis kayu yang umum ditemui di Pulau Kalimantan. Ulin sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan lantai karena memiliki kualitas yang tinggi. Kayu ulin memiliki tingkat kekerasan, kekuatan, dan ketahanan kelas I. 

Selain digunakan untuk lantai, kayu ini sering dimanfaatkan untuk membuat dinding rumah, dermaga, tiang rumah, plafon rumah kayu, decking kayu, konstruksi jembatan, bantalan rel, dan lain sebagainya.

4. Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai adalah jenis kayu yang memiliki ketahanan sangat baik terhadap cuaca. Sehingga kayu bengkirai menjadi pilihan utama yang digunakan sebagai bahan baku atau material luar bangunan atau eksterior, seperti outdoor flooring/decking, lisplank, dan lain sebagainya.

Kayu bengkirai memiliki karakteristik dengan tingkat keawetan I, II, dan III serta tingkat kekuatan kelas I dan II. Kekerasan dan kekuatan yang dimilikinya membuat kayu ini sering digunakan sebagai material konstruksi.

5. Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling adalah jenis kayu yang berasal dari tanah Jawa. Kayu ini mempunyai warna keeling atau hitam serta tingkat kekuatan dan keawetan kelas I dan II. Dilihat dari segi kekuatan dan ketahanannya, jenis kayu ini tidak kalah dengan kayu jati. Lantai yang terbuat dari kayu sonokeling cukup diminati oleh masyarakat karena mampu memberikan rumah nilai yang sangat khas.

6. Kayu Sungkai 

Jenis kayu terakhir yang cocok digunakan untuk lantai adalah kayu sungkai. Kayu ini sangat sesuai digunakan sebagai bahan pembuatan lantai karena memiliki tingkat keawetan kelas III, kekerasan kelas II dan III, tekstur yang halus, serat yang indah, dan warna kuning keemasan.

Selain sebagai lantai, kayu jenis ini juga cocok digunakan sebagai bahan bangunan, elemen dekoratif, papan, perkakas kayu, seni ukir, dan lain sebagainya. Harganya juga sangat terjangkau.

Tips Memilih Jenis Kayu Untuk Lantai

Setelah mengetahui jenis kayu untuk lantai, bagi Anda yang ingin membeli kayu untuk lantai rumah, perhatikan tips memilih jenis kayu untuk lantai berikut ini : 

1. Perhatikan Kualitas Kayu

Pertama, ketika memilih kayu untuk lantai, perhatikan kualitas kayu mulai dari kekuatan, keawetan, dan juga ketahanan kayu. Lantai kayu yang berasal dari kayu jati dan kayu pohon merbau memiliki tingkat kekerasan, kekuatan dan juga tahan lama yang baik. Kayu jati mempunyai minyak pelumas alami yang berfungsi mencegah serangan rayap, kutu kayu, dan juga jamur. 

2. Pilih Motif Lantai Kayu sesuai Desain Rumah 

Untuk mempercantik ruangan, pilihlah motif atau corak kayu yang sesuai dengan desain rumah. Sesuaikan warna lantai kayu yang akan digunakan dengan konsep interior rumah Anda. Supaya motif lantai dan juga desain interior rumah bisa selaras. 

3. Pilih Lantai Kayu sesuai Budget

Hal yang tak kalah penting ketika Anda mencari jenis kayu untuk lantai adalah pilihlah lantai kayu sesuai dengan budget. Pemilihan jenis kayu memang penting, namun memilih jenis kayu yang sesuai dengan kantong lebih penting. Jangan sampai budget yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain malah habis untuk membeli lantai kayu. 

4. Beli Lantai Kayu di Toko Terpercaya

Terakhir, jangan lupa untuk membeli lantai kayu di toko terpercaya. Toko terpercaya biasanya memberikan kualitas kayu terbaik dan juga memberikan garansi.

Penutup

Jika Anda sudah menentukan jenis kayu untuk lantai dan berniat membelinya, tentu butuh jasa pengiriman supaya proses pengangkutan lantai kayu jadi mudah bukan? 

Troben menghadirkan layanan Troben Cargo yang akan membantu pengiriman kayu dengan mudah, aman dan ongkir murah. Kami menawarkan jasa ekspedisi murah dan terpercaya untuk semua pelanggan. Segera kirimkan lantai kayu Anda bersama kami dengan cara melakukan pemesanan di aplikasi kirim barang Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel