Home » Seputar Logistik » 7 Jenis Truk Kargo Yang Sering Digunakan di Indonesia

7 Jenis Truk Kargo Yang Sering Digunakan di Indonesia

jenis truk kargo di indonesia

Armada kendaraan merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis kargo. Bukan hanya sebagai pelengkap saja, armada kendaraan ini diperuntukan sebagai sarana akomodasi atau alat pengiriman barang.

Perjalanan jauh antar kota, provinsi, hingga antar pulau tentunya menjadi sebuah alasan mengapa armada kendaraan diperlukan. Terlebih lagi dengan muatan yang banyak dan cukup berat dibutuhkan armada yang mampu memenuhi semua kebutuhan.

Banyak kendaraan dalam bisnis kargo, mulai dari armada darat, laut, sampai udara. Biasanya untuk pengiriman jalur darat, penyedia jasa logistik dan kargo menggunakan berbagai jenis truk kargo.

Truk kargo terdiri dari berbagai skala, mulai dari yang terkecil yaitu pick up hingga yang terbesar adalah truk kontainer. Skala muatan ini juga menjadi penting karena semakin besar ukuran truknya maka semakin besar dan berat pula muatan yang dapat diangkut.

Tidak hanya pebisnis logistik saja yang perlu mengetahui tentang jenis-jenis kendaraan kargo. Anda selaku pelanggan setia jasa kargo juga harus mengetahui hal tersebut, guna menentukan armada mana yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman Anda.

7 Jenis Truk Kargo Yang Populer di Indonesia

Agar Anda lebih tahu dan paham tentang jenis-jenis truk kargo, berikut TrawLbens berikan penjabarannya di bawah ini. Jenis truk kargo yang populer di Indonesia dan biasa Anda jumpai di sekitar Anda.

1. Mobil Pick Up 

Mobil pick up merupakan jenis truk kargo yang mampu mengangkut barang kecil atau muatan ringan. Mobil pick up terdiri dari dua jenis yaitu bak dan box, perbedaan pada keduanya ada pada kabin belakangnya.

Jika box maka kabin belakang pick up tersedia sebuah box yang bertujuan untuk melindungi barang dari kondisi luar. Sedangkan jenis pick up bak memberikan Anda keleluasaan dalam pengiriman barang karena bagian kabin belakang terbuka tidak tertutup apapun.

Biasanya pick up digunakan untuk kepentingan pengiriman dalam kota dengan skala kecil. Karakteristik mobil sama seperti mobil kebanyakan yang memiliki 4 roda dan maksimal angkut muatan mencapai 1,5 ton.

2. Truk CDE atau Engkel 

Sering disebut truk engkel, CDE atau Colt Diesel Engkel merupakan salah satu armada kargo darat yang berbahan bakar diesel. Truk ini sama seperti pick up yang memiliki dua sumbu dengan jumlah roda sebanyak empat buah.

Tidak hanya karakteristiknya yang serupa. Jenis truk CDE juga dibagi menjadi dua yaitu bak dan box. Namun bedanya dengan pick up bak Anda akan memiliki maksimal volume angkutan sebesar 12 CBM.

Baik bak dan box truk CDE mampu membawa barang atau muatan dengan berat maksimal hingga 2 ton. Truk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengirimkan kargo dalam ukuran sedang dengan rute pengiriman antar kota hingga antar pulau.

3. Truk CDD (Colt Diesel Double)

Truk CDD dan CDE merupakan jenis truk yang hampir sama. Bedanya hanya pada ukurannya, CDD memiliki ukuran yang lebih besar dengan panjang lebih dari 4 meter. Kapasitas angkut truk CDD juga berbeda, truk ini mampu menampung barang dengan berat maksimal hingga 4 sampai 6 ton.

Salah satu hal yang membuat ruk ini unik adalah, Truk CDD mampu diubah atau dimodifikasi menjadi sebuah truk CDD Long dengan kapasitas kubikasi barang dua kali lipat lebih besar mencapai 30 CBM.

4. Truk Wingbox

Truk keempat adalah Wingbox, truk ini merupakan salah satu truk unik dengan kapasitas angkut yang sangat besar. Wingbox mampu memuat barang Anda dengan kapasitas rata-rata sebesar 20 ton, tergantung jenis wingboxnya.

Truk ini dikatakan unik karena ketiga sisi boxnya (kanan, kiri, dan belakang) dapat dibuka. Sehingga memudahkan Anda dalam bongkar muat barang. Selain itu, truk ini dilengkapi dengan dua tipe sumbu yaitu 2 dan 3 sumbu.

Perbedaan sumbu ini mempengaruhi berat muatan yang dapat diangkut dalam satu kali pengiriman. Maka dari itu, truk ini sangat cocok dan dapat menyesuaikan kebutuhan pengiriman Anda.

5. Truk Trailer 

Jenis truk kargo selanjutnya adalah trailer. Truk ini memiliki daya angkut yang kuat, dengan kapasitas muatan mulai dari 20 sampai 60 ton. Truk ini menjadi salah satu truk yang sangat cocok dalam pengiriman kargo antar kota hingga antar pulau.

Tidak hanya satu jenis trailer, truk ini juga memiliki banyak jenis mulai dari flat track, flatbed, box, bak, dan sebagainya yang peruntukannya berbeda-beda seperti pengiriman kargo hingga alat berat.

Karakteristik yang dapat Anda lihat secara umum dari. trailer adalah dengan memastikan bahwa kabin belakangnya tidak menyatu melainkan bergandengan. Selain itu, Anda dapat membedakan trailer dari ukurannya. Trailer memiliki dua ukuran yaitu 20 dan 40 feet, dengan sumbu putar sebanyak 4 dan 5 untuk ukuran 20 feet, dan sumbu 6 pada ukuran 40 feet.

6. Truk Tronton

Tronton merupakan jenis truk yang lebih kecil dibandingkan trailer namun dapat lebih besar jika dibandingkan dengan wingbox. Tronton memiliki kapasitas angkut barang mulai dari 10 sampai 20 ton. Menjadikannya salah satu armada pengiriman barang via darat terbesar.

Truk ini juga menjadi salah satu transportasi yang mampu mengangkut keperluan kargo Anda. Karena daya angkutnya relatif banyak dan tarif pengiriman terjangkau.

7. Truk Fuso

Jenis truk terakhir adalah fuso, truk ini merupakan jenis truk dengan kapasitas angkut yang sedang. Diperuntukkan dalam pengiriman kargo antar kota hingga antar pulau.

Jarak tempuh yang jauh dan kapasitas angkut mencapai 7 ton membuat truk ini menjadi salah satu unggulan untuk pengiriman kargo murah dengan kapasitas yang besar.

Sewa Truk Kargo Murah Cuman di TrawLbens!

Itu tadi tujuh jenis truk kargo yang sering dijumpai di jalan dan paling banyak digunakan dalam pengiriman kargo. Kapasitas besar dari truk-truk tersebut membuat pengiriman kargo akan jauh lebih banyak dan lebih cepat.

Tentunya pemilihan armada bagi seorang penggiat bisnis logistik juga penting guna proses pengiriman. Untuk pengiriman yang banyak dan jauh disarankan agar menggunakan truk dengan kapasitas yang besar dan daya tempuh yang kuat seperti fuso, trailer, dan tronton.

Namun, untuk pengiriman dalam kota dan muatannya kecil, dapat menggunakan armada seperti pick up ataupun CDE. Armada tersebut mampu mengirimkan barang di dalam kota dengan harga sewa truk terjangkau.

Sedangkan, bagi seorang pelanggan atau penyewa jasa kargo, dengan mengetahui jenis-jenis truk kargo, Anda dapat mengestimasikan biaya pengiriman serta menyesuaikan armada akan digunakan sesuai dengan banyaknya barang Anda.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel