Home » Seputar Logistik » 5 Jenis Truk Pindahan Rumah, Dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan!

5 Jenis Truk Pindahan Rumah, Dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan!

Tahukah Anda, ada beberapa jenis truk pindahan rumah yang bisa digunakan melalui layanan sewa truk yang tersedia di jasa ekspedisi profesional. Dengan menghadirkan beberapa pilihan truk berkualitas, ini memudahkan Anda untuk melakukan sewa truk sesuai kebutuhan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui jenis truk agar bisa menyewa sesuai dengan bobot barang yang akan dibawa. Lalu, apa saja jenis truk pindahan rumah yang bisa digunakan untuk kebutuhan angkut barang? Simak penjelasan berikut ini!

5 Jenis Truk Pindahan Rumah

Berikut berbagai jenis truk pindahan rumah yang bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan Anda. Apa saja itu?

 

Baca Juga: 9 Tips Packing Pindahan Rumah

1. Blind Van

Blind Van adalah kendaraan pengangkut dengan bodi tertutup sepenuhnya, yang dirancang tanpa jendela di bagian samping dan belakang. Ukurannya yang lebih kecil dibandingkan truk besar membuat Blind Van ideal untuk mengangkut barang-barang rumah tangga dalam jumlah sedang. Desain tertutup ini tidak hanya melindungi barang-barang dari cuaca buruk, seperti hujan atau panas, tetapi juga memberikan keamanan ekstra dari potensi pencurian selama proses pindahan.

Kendaraan ini sangat cocok digunakan untuk pindahan rumah, terutama di daerah perkotaan dengan akses jalan yang sempit dan sulit dijangkau oleh truk besar. Selain kemampuannya untuk bermanuver di ruang yang terbatas, truk pindahan rumah ini juga menawarkan efisiensi biaya. Jika barang yang perlu dipindahkan tidak terlalu banyak, Blind Van menjadi pilihan yang praktis dan ekonomis, tanpa mengorbankan perlindungan dan keamanan barang-barang Anda.

2. Mobil Pick Up

Pick up adalah salah satu jenis kendaraan yang sering digunakan sebagai truk pindahan rumah maupun kantor. Namun, apakah ini pilihan yang tepat untuk kebutuhan Anda? Mobil ini biasanya memiliki dimensi sekitar 1,5 meter lebar, 2 meter tinggi, dan panjang mencapai 2 meter. Kendaraan ini memiliki bak terbuka di bagian belakang, membuatnya mampu mengangkut barang yang lebih tinggi dari mobil itu sendiri, seperti lemari. Kapasitas angkutnya mencapai 2 ton, sehingga cocok untuk barang-barang besar meski perlu mempertimbangkan bobot keseluruhan perabotan rumah atau kantor yang akan dipindahkan.

Keunggulan lain dari mobil pick up adalah kemampuannya untuk melintasi jalanan sempit, menjadikannya ideal untuk pindahan di area dengan akses terbatas, seperti perumahan atau kos-kosan. Namun, karena baknya terbuka, keamanan barang-barang yang diangkut perlu diperhatikan lebih lanjut dengan mempertimbangkan cuaca agar tidak menimbulkan masalah selama di perjalanan.

3. Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Jika Anda membutuhkan truk pindahan rumah yang lebih besar dari pick up, Truk Colt Diesel Engkel (CDE) bisa menjadi pilihan yang tepat. Truk ini memiliki dua sumbu roda, dengan empat roda di setiap sisi depan dan belakang, serta dilengkapi mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar. Ukuran truk ini lebih panjang dibandingkan pick up, dengan panjang 3 meter, lebar 1,6 meter, dan tinggi sekitar 2 meter. Berbeda dengan pick up, truk CDE memiliki box tertutup, yang membuatnya lebih andal dalam melindungi barang selama perjalanan.

Volume box truk CDE mencapai 8-9 meter kubik, memungkinkan pengangkutan barang hingga 4 ton, dua kali lipat dari kapasitas pick up. Meski begitu, 4 ton mungkin belum cukup jika Anda memiliki muatan yang banyak atau berat. Truk CDE umumnya digunakan untuk pindahan dalam kota hingga antar kota, dan ukurannya yang relatif tidak terlalu besar membuatnya masih bisa masuk ke jalan-jalan rumah yang sempit. Jika dibandingkan dengan pick up, truk CDE memberikan solusi yang lebih baik untuk pindahan kantor dengan jumlah barang yang lebih banyak.

 

Baca Juga: 4 Jenis Truk Engkel Untuk Mengangkut Barang

4. Truk Colt Diesel Double (CDD)

Truk Colt Diesel Double (CDD) adalah alternatif selain truk CDE sebagai truk pindahan rumah. Perbedaan keduanya terletak pada jumlah roda dan kapasitasnya, di mana CDD dilengkapi dengan dua sumbu dan enam roda. Truk ini memiliki kubikasi 12 CBM, yang memungkinkan untuk mengangkut muatan seberat 4 ton. Meski kapasitasnya mirip dengan CDE, CDD seringkali dilengkapi dengan box yang lebih besar, tersedia dalam varian terbuka dan tertutup.

Truk CDD memberikan fleksibilitas dalam hal pengangkutan barang, terutama jika Anda membutuhkan truk dengan kapasitas lebih besar dari CDE. Ini membuatnya lebih cocok untuk pindahan yang melibatkan barang-barang berukuran besar atau berat. box tertutup pada truk CDD memberikan perlindungan ekstra, sementara box terbuka memungkinkan pengangkutan barang dengan ukuran yang lebih tinggi. Dengan kapasitas yang lebih besar dan fitur yang lebih fleksibel, CDD menjadi solusi ideal bagi mereka yang membutuhkan truk untuk pindahan skala menengah hingga besar.

5. Tronton Wing Box

Tronton Wing Box adalah jenis truk pindahan rumah yang ideal, terutama jika Anda mengutamakan efisiensi dan perlindungan maksimal terhadap barang-barang Anda. Truk ini memiliki fitur unik, yaitu box yang dapat terbuka dari samping, memudahkan proses bongkar muat barang. Fitur ini sangat menguntungkan jika Anda ingin mempercepat proses pindahan tanpa mengorbankan keselamatan barang yang diangkut.

Dengan kapasitas yang mencapai 25 ton, Tronton Wing Box cocok untuk mengangkut barang-barang berukuran besar dan berat. Truk ini tidak hanya memberikan ruang yang cukup besar tetapi juga memberikan perlindungan yang optimal selama perjalanan, karena barang-barang Anda akan tetap aman di dalam box yang tertutup. Tronton Wing Box adalah pilihan yang tepat untuk pindahan yang membutuhkan proses cepat dan efisien, serta keamanan ekstra untuk barang-barang berharga Anda.

Oke, itu dia 5 jenis truk pindahan rumah yang bisa digunakan untuk kemudahan mobilitas Anda. Dengan mengandalkan layanan sewa truk terpercaya, pindahan rumah pun akan jauh lebih efisien.

Di Troben, Anda bisa memilih berbagai armada terlengkap untuk pindahan rumah. Mulai dari blind van, pick up, truk CDE, truk CDD, hingga truk tronton tersedia untuk menjangkau ke seluruh penjuru daerah di Indonesia.

Jasa sewa truk dari Troben menawarkan kemudahan pemesanan yang dilengkapi fasilitas driver dan helper berpengalaman. Informasi selengkapnya bisa Anda temukan di aplikasi sewa truk Troben!

banner trawlpack ongkir murah

Yuk, klik button di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel