Home » Seputar Logistik » 6 Jenis Truk Tronton Terbaik Untuk Pengiriman Barang

6 Jenis Truk Tronton Terbaik Untuk Pengiriman Barang

Jenis Truk Tronton

Jenis Truk Tronton – Transportasi merupakan bagian penting dalam industri logistik. Bagaimana tidak? Guna memenuhi berbagai kebutuhan seperti distribusi barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat serta aman, transportasi sangatlah diperlukan. Truk merupakan kendaraan yang sering digunakan untuk mengirimkan barang. Jenis truk ini menjadi armada primadona jasa pengiriman barang karena kemampuannya dalam mengangkut barang banyak hingga besar.

Saat ini, banyak jenis transportasi logistik yang tersedia di Indonesia dengan fungsi dan tujuan berbeda-beda. Besarnya skala pengiriman serta jarak tempuh suatu kendaraan menjadi pertimbangan digunakannya salah satu jenis kendaraan. 

Seperti satu kendaraan yang sering kita jumpai, yaitu tronton, dengan kapasitas muat yang besar dan mampu menempuh perjalanan jauh, transportasi ini menjadi pilihan dan dipercaya dalam pengiriman barang. 

Namun tidak hanya satu, banyak jenis truk saat ini. Secara umum, jenis-jenis tronton dapat dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, serta fungsi serta tujuannya. Walaupun berbeda, semua jenis truk tronton memiliki ukuran besar sehingga mampu mengirimkan barang dengan jumlah banyak hingga dapat menghemat biaya operasional.

Untuk pemahaman lebih lanjut seputar jenis truk tronton, beserta bentuk, ukuran, dan fungsinya berikut kami jelaskan melalui uraian berikut.

6 Jenis Truk Tronton Paling Sering Dijumpai di Indonesia

6 Jenis Truk Tronton Yang Paling Sering Dijumpai di Indonesia

Simak yuk poin-poin di bawah ini untuk mengetahui jenis truk tronton yang paling sering dijumpai di Indonesia!

  • Tronton box

Jenis truk Tronton Pertama dan paling sering kita jumpai adalah tipe box ataupun bak. Tronton box adalah jenis truk yang memiliki karoseri berupa box yang memberikan keamanan lebih untuk paket pengiriman. 

Karoseri atau box ini memiliki panjang 6,3 meter, lebar 2,2 meter, tinggi 2,3 meter. Sedangkan, ukuran keseluruhan truk satu ini memiliki panjang 11,9 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,9 meter.

Keunggulan jenis tronton ini mampu membawa muatan seberat 15 ton. Dengan box sebagai karoserinya membuat pengiriman barang menggunakan truk ini akan jauh lebih terjamin keselamatannya. 

  • Tronton Bak

Sama halnya dengan tronton box, jenis truk satu ini merupakan salah satu jenis tronton yang sering dijumpai. Memiliki ukuran serta kapasitas muat serupa dengan tipe box, memberikannya efektifitas dalam pengiriman barang dengan ukuran besar.

Bedanya, tipe bak jauh lebih efisien dan cepat ketika dilakukannya bongkar muat barang. Hal ini dikarenakan barang dapat dimaksimalkan penempatannya tanpa harus khawatir ruang pada karoserinya penuh. 

Maka dari itu, tronton ini sangatlah cocok untuk pengiriman barang material, seperti kayu, pasir, lain sebagainya.

  • Tronton Car Carrier 

Walau terbilang serupa, namun tronton car carrier merupakan jenis truk yang  dapat digunakan untuk membantu Anda dalam pengiriman kendaraan, terutama mobil. Tronton car carrier ini mampu mengangkut muatan seberat 15 ton, atau 4 sampai lima mobil berukuran sedang. 

  • Tronton Wingbox

Jenis tronton selanjutnya adalah tipe wingbox. Jenis truk satu ini biasa digunakan untuk keperluan pindahan rumah, kantor, dan sebagainya. Tronton wingbox memiliki fitur yang kebanyakan truk tidak miliki, yaitu bagian bagian kanan serta kiri karoserinya dapat dibuka bersamaan seperti sayap.

Dengan keunggulan ini, jelas tronton wingbox dapat menjadi pilihan ketika pindahan, karena proses bongkar muat barang akan jauh lebih cepat dan mudah diatur. 

  • Tonton Triway 

Serupa dengan tronton wingbox, namun tipe triway memiliki karoseri berupa bak yang dapat dibuka seluruh bagiannya, baik kiri, kanan, dan belakang. 

Biasanya, truk satu ini digunakan untuk keperluan pengiriman alat berat, spare part, dan lain sebagainya yang berukuran besar. Dengan fiturnya yang dapat dibuka dari segala sisi, memberikan berbagai kemudahan dalam bongkar muat barang sehingga pekerjaan akan jauh lebih efisien beserta cepat. 

  • Tronton Tronton Flat Deck 

Jenis tronton terakhir adalah tronton flat deck, dengan karoseri berupa pelat datar di belakangnya, tidak seperti tronton lainnya yang memiliki penyangga di tiap sisinya. Truk satu ini biasa digunakan untuk pengiriman semen, kayu, hingga alat berat seperti eskavator. Penggunaan tipe ini sangat cocok untuk keperluan pengiriman yang efisien dan cepat.  

Penutup

Demikian enam jenis truk tronton yang perlu Anda ketahui. Dengan menyesuaikan jenis truk untuk keperluan pengiriman barang, akan sangat memudahkan Anda dari segi efisiensi serta kecepatan bongkar muat, serta memberikan keamanan lebih bagi paket pengiriman Anda.

Maka dari itu, sesuaikanlah truk dengan kebutuhan, Anda dapat berkonsultasi dengan penyedia jasa sewa truk guna membantu Anda memilih tronton mana yang sesuai. Atau jika Anda ingin kemudahan dengan pemesanan truk dari rumah, Anda dapat menggunakan layanan jasa sewa truk dari Troben. 

Bersama kami, sewa truk Anda akan jauh lebih mudah. Kami menyediakan berbagai macam jenis truk mulai dari blind van, CDD, CDE yang mampu menjangkau seluruh area pulau jawa hingga pelosok Indonesia. 

Troben juga menawarkan Anda pengiriman yang terhemat, tanpa harus menambah biaya operasional. Maka dari itu, gunakanlah jasa sewa truk melalui Aplikasi Pengiriman Barang Troben, nikmati berbagai keuntungannya sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel