Home » Seputar Logistik » Kenali Pengiriman Kargo, Tips dan Keuntungannya!

Kenali Pengiriman Kargo, Tips dan Keuntungannya!

Pengiriman Kargo

Jasa ekspedisi memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi masyarakat. Jasa pengiriman kargo ini memiliki berbagai macam layanan yang bisa digunakan. Salah satu layanan yang sering digunakan oleh masyarakat adalah pengiriman kargo. Berkat adanya layanan ini, pengiriman barang dari satu kota ke kota lainnya menjadi semakin mudah.

Layanan pengiriman kargo memberikan dampak besar, baik itu bagi masyarakat umum maupun pelaku usaha. Melalui layanan ini masyarakat dapat melakukan pemesanan produk dalam jumlah yang besar dan harganya pun jauh lebih terjangkau. Selain itu, masyarakat juga semakin mudah dalam memenuhi kebutuhannya. Nah, di artikel kali ini kami akan menjelaskan  lebih detail tentang pengiriman kargo, mencakup keuntungan dan tips menggunakannya.

Pengertian Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo adalah layanan ekspedisi barang yang lebih mengutamakan atau memprioritaskan pengiriman dalam jumlah besar. Umumnya, layanan ini memiliki berat minimum yang harus dicapai, misalnya saja mencapai 10 kilogram. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan layanan ekspedisi tersebut. Biasanya, berat minimum ini telah disesuaikan dari pihak ekspedisinya.

Sistem pengiriman kargo ini cukup sederhana, yakni dengan menggunakan sarana pengiriman berupa kendaraan darat maupun laut dan membutuhkan waktu lama. Lama pengiriman kargo bisa memerlukan waktu antara 3 sampai 15 hari. Lama pengirimannya ini berkaitan dengan beberapa faktor, salah satunya biaya. Selain itu, layanan pengiriman kargo ini akan mengantarkan barang sampai ke rumah.

Cara Pengiriman Kargo

Dalam menggunakan layanan pengiriman kargo, terdapat cara atau prosedur yang mesti Anda pahami. Melalui cara yang tepat, maka barang Anda akan cepat sampai dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Pengiriman kargo yang tidak sesuai, sudah barang tentu akan merugikan Anda. Supaya tidak salah, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan.

  • Pertama, booking shipment atau melakukan perjanjian ekspedisi. Sebelum itu, pastikan Anda sudah melengkapi data-data seperti foto copy KTP, SPPKP, NPWP dan lainnya.
  • Selanjutnya, penerimaan serta pemeriksaan container empty.
  • Cara berikutnya, menentukan berat maksimum dari isi kontainer yang akan Anda gunakan.
  • Perhatikan untuk barang-barang yang mudah rusak, seperti buah, sayur, telur, dan lain sebagainya.
  • Perhatikan pula ketentuan untuk ekspedisi benda cair dalam tangki.

Tips Pengiriman Kargo

Selain memperhatikan cara-caranya, supaya semakin mudah dan lancar, terdapat tips sederhana yang bisa Anda terapkan. Sebenarnya, penggunaan layanan ekspedisi ini sangatlah mudah. Selain jumlah muatan barangnya terdapat beberapa hal lainnya yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan. Berikut inilah beberapa tips ekspedisi kargo.

  • Pertimbangkan reputasi perusahaan yang akan Anda gunakan. Semakin bagus reputasi perusahaan tersebut, semakin baik pula pelayanannya.
  • Perhatikan jangkauan pelayanannya. Ada baiknya, Anda menggunakan layanan dengan jangkauan luas, tak terkecuali desa terpencil.
  • Cermati skema tarifnya. Ada baiknya untuk menggunakan jasa ekspedisi yang menawarkan harga terjangkau, dengan begitu Anda tidak akan rugi.
  • Pertimbangkan estimasi waktu pengiriman dengan akurat.

Keuntungan Pengiriman Kargo

Pada dasarnya, ketika menggunakan layanan ekspedisi ini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Namun, keuntungan ini berdasarkan jenis kargo yang Anda gunakan. Terdapat beberapa jenis kargo, seperti darat, laut, hingga udara. Supaya tidak bingung memilih salah satu dari jenis layanan pengiriman ini, berikut adalah keuntungan-keuntungannya.

  • Darat: ekspedisi over the road dengan biaya yang lebih murah, ekspedisi yang lebih fleksibel dari pintu ke pintu.
  • Kereta Api: fleksibel, timeline dapat Anda prediksi, lebih ekonomis.
  • Udara: ekspedisi yang super cepat, jangkauan yang lebih luas, lebih rendah risiko.
  • Laut: biaya ekspedisi ekonomis, sangat ideal untuk ekspedisi barang besar dan berat.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait ekspedisi kargo, mulai dari pengertian, tips hingga keuntungannya. Melalui informasi ini, semoga bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis yang berkaitan dengan ekspedisi barang supaya semakin mudah dan lancar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Silakan bagikan artikel ini di media sosial Anda supaya lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Terakhir, jangan lupa untuk mendownload Aplikasi Troben untuk mengirimkan berbagai macam barang. Segera download aplikasinya melalui Google Play dan App Store

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel