Home » Seputar Logistik » Kenali Perbedaan Logistik Dan Ekspedisi Ini Agar Tidak Salah

Kenali Perbedaan Logistik Dan Ekspedisi Ini Agar Tidak Salah

Perbedaan Logistik Dan Ekspedisi

Artikel ini membahas mengenai perbedaan logistik dan ekspedisi. Dalam dunia pengiriman barang, terdapat dua istilah yang sering kita jumpai yaitu logistik dan ekspedisi. Kedua hal ini seringkali dianggap sama oleh sebagian masyarakat kita, namun pada dasarnya logistik dan ekspedisi memiliki beberapa perbedaan. Apa yang membedakan kedua istilah tersebut? Berikut merupakan ulasan mengenai perbedaan antara logistik dan ekspedisi. Yuk simak!

Pengertian Logistik 

Pengertian logistik

Mengutip dari Investopedia, logistik mengacu pada proses pengelolaan bagaimana sumber daya diperoleh, disimpan, dan diangkut ke tujuan akhir. Dalam hal ini, barang-barang yang dikirimkan dalam jumlah besar, seperti mulai dari 10 kg. Selain itu, perusahaan jasa logistik pada umumnya menangani logistik perusahaan dan memiliki fasilitas gudang yang cukup memadai untuk menyimpan barang. 

Pengertian Ekspedisi

pengertian ekspedisi

Berbeda dengan jasa logistik, ekspedisi memiliki ruang lingkup yang lebih kecil. Seiring dengan meningkatnya transaksi e-commerce di Indonesia, tentunya permintaan pengiriman barang semakin meningkat. Saat ini, kita bisa menemui berbagai perusahaan ekspedisi yang semakin beragam. Pada umumnya, ekspedisi mengirim barang berdasarkan beratnya barang dan jarak pengiriman. 

Perbedaan Logistik dan Ekspedisi

Setelah mengetahui pengertian logistik dan ekspedisi, berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua hal tersebut, antara lain:

  • Logistik memiliki layanan yang memfokuskan pada perusahaan-perusahaan besar, dan mengatur manajemen logistik hingga pergudangan. Sedangkan ekspedisi fokus pada B2C, dan mengirim barang ke pelanggan. 
  • Untuk hal lokasi, ekspedisi pada umumnya mengirimkan beberapa barang dalam sekali pengiriman ke alamat pelanggan. Logistik hanya mengirim barang ke satu pelanggan saja. 
  • Jasa logistik mengirim barang dalam jumlah yang banyak dan memiliki minimal berat pengiriman. Selain itu transportasi yang digunakan lebih besar seperti pesawat atau kapal. Untuk jasa ekspedisi, karena barang yang dikirim tidak sebanyak logistik, biasanya menggunakan armada motor dan mobil. 
  • Logistik menawarkan berbagai layanan untuk pelanggan, tidak hanya pengiriman barang tetapi juga persediaan gudang, serta manajemen logistik. Berbeda dengan ekspedisi, yang hanya melayani pengiriman barang.

Jenis Pengiriman Ekspedisi dan Logistik

Untuk pengiriman barang ekspedisi dan logistik, terdapat beberapa jenis pengiriman yang mungkin belum anda ketahui.  Macam jenis pengiriman ekspedisi atau logistik yaitu antara lain:

1. Pengiriman Melalui Darat

Perusahaan jasa ekspedisi dan logistik sama-sama melakukan pengiriman melalui darat. Kelebihannya adalah biaya yang lebih murah dan mudah untuk dilacak. Bagaimana cara kerjanya? Pengiriman dikumpulkan terlebih dahulu dari titik A. Titik A ini merupakan tempat pemuatan pengirim. Kemudian, pengiriman dikirim ke penyedia layanan atau gudang pihak ketiga. Barang-barang tersebut lalu disortir dan menyatu dengan muatan lain yang memiliki tujuan sama. 

2. Pengiriman Melalui Laut

Pengiriman barang melalui laut atau biasa disebut dengan sea freight merupakan metode pengangkutan barang dalam jumlah besar dengan menggunakan kapal pengangkut. Kelebihannya salah satu adalah biaya yang murah untuk jarak jauh dan solusi terbaik untuk menghemat karbon. Namun, kekurangannya adalah waktu yang lebih lama dibandingkan dengan jenis pengiriman yang lain faktor yang sering mengakibatkan keterlambatan pengiriman barang adalah cuaca. 

3. Pengiriman Melalui Udara

Jenis pengiriman yang selanjutnya adalah air freight atau pengiriman barang melalui udara. Berbeda dengan jenis yang lain, dengan menggunakan air freight tentunya barang bisa lebih cepat untuk sampai tujuan. Namun, tidak cocok untuk barang-barang dalam jumlah yang terlalu besar seperti lemari, kulkas ataupun kasur. Kelebihannya salah satu adalah gudang yang dekat dengan airport, yang tentunya strategis dan pengiriman anda akan cepat sampai dengan tujuan. 

Penutup

Nah, demikian ulasan kali ini mengenai perbedaan logistik dan ekspedisi. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Artikel ini dipersembahkan oleh Troben. Troben merupakan layanan cargo berbasis aplikasi hemat ongkir. Jika Anda ingin mengetahui ongkir cargo untuk berbagai rute di Indonesia, Anda bisa mengunjungi halaman cek ongkir cargo di website Troben. Setelah itu pilih layanan Tropack. Kemudian pilih jenis barang yang ingin dikirim (barang/motor), dan ketikkan kota asal serta kota tujuan pengiriman. Terakhir, KLIK Tombol Cek Tarif. Jangan Lupa Segera Download Aplikasi Troben Di Playstore & App Store

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel