Home » Seputar Logistik » 4 Jenis-Jenis Hand Stacker Serta Keunggulannya

4 Jenis-Jenis Hand Stacker Serta Keunggulannya

jenis-jenis hand stacker

Dalam domain pergudangan di berbagai industri, aktivitas pengangkutan dan pemindahan barang merupakan hal tak terhindarkan. Karena itu, setiap perusahaan atau bisnis selalu berupaya memperoleh berbagai jenis alat angkut. Tujuannya adalah agar operasional pergudangan dapat berjalan dengan lancar, cepat, mudah, dan efisien. salah satunya adalah beragam jenis hand stacker.

Berbagai jenis alat angkut tersedia untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ketika Anda perlu memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain, Anda dapat menggunakan alat seperti hand pallet jack, hand truck/troli, gerobak sorong, atau lift table.

Namun, jika kebutuhan Anda melibatkan pengangkatan barang dan pemindahannya ke ketinggian tertentu, Anda dapat memilih antara hand stacker, hand lift, hand forklift, forklift, dan reach truck. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara rinci tentang hand stacker, berikut adalah penjelasan mendetailnya.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Membungkus Paket Dengan Bubble Wrap

Apa itu Hand Stacker?

Hand stacker, dikenal sebagai manual stacker atau manual pallet stacker, adalah perangkat penanganan material, digunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban dengan berat relatif ringan di area pergudangan atau pabrik. Hand stacker dirancang khusus mengangkat dan menurunkan palet, kotak, atau benda lainnya menggunakan sistem hidrolik manual. 

Hand stacker umumnya dilengkapi dengan garpu yang bisa dimasukkan di bawah palet atau beban yang akan diangkat. Garpu tersebut kemudian diangkat menggunakan tuas hidrolik yang terdapat pada perangkat. 

Ketinggian angkatan hand stacker bervariasi tergantung pada model dan kapasitas beban yang ditentukan. Biasanya digunakan di area pergudangan atau pabrik yang membutuhkan angkutan dengan beban ringan. 

Hand stacker dapat membantu pengaturan penyimpanan barang, memuat dan membongkar truk, serta memindahkan benda-benda di ruang terbatas. Hand stacker sering dipilih karena efisien dan ekonomis dibandingkan dengan penggunaan forklift atau perangkat penanganan material yang lebih besar. 

Perlu diingat bahwa hand stacker cocok untuk beban relatif ringan dan area kerja terbatas. Jika beban yang diangkat sangat berat atau memerlukan operasi intensif, diperlukan penggunaan perangkat penanganan material lebih kuat dan canggih, seperti forklift atau stacker listrik.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Bagian Bagian Hand Stacker Gudang!

Jenis-Jenis Hand Stacker

Ada beberapa jenis hand stacker memiliki fitur dan keunggulan unik. Sebelum Anda membelinya, penting untuk memahami variasi yang ada. Berikut adalah pembahasan mengenai jenis-jenis hand stacker serta keunggulannya:

1. Hand Stacker Manual / Hand Lift Manual

Hand Stacker Manual adalah alat bantu untuk memindahkan barang dengan kapasitas besar dan pada ketinggian tertentu secara manual. Alat ini dilengkapi dengan garpu yang berfungsi sebagai penyangga atau pembawa barang yang ditempatkan di atas palet.

Hand stacker manual ini memiliki fungsi serupa dengan forklift untuk memindahkan barang dengan kapasitas besar dari satu tempat ke tempat lainnya. Jenis ini sangat populer karena harganya terjangkau dan perawatannya mudah serta ekonomis.

Pengoperasian hand stacker manual dilakukan secara manual baik saat mengangkat garpu maupun saat memindahkan alat. Alat ini cocok untuk memindahkan barang dengan kapasitas 1 hingga 2 ton dengan ketinggian maksimal 3 meter.

2. Hand Stacker Semi Elektrik

Hand stacker semi elektrik atau Semi Electric Stacker merupakan salah satu varian hand stacker yang menggunakan sistem elektrik dalam operasinya. Meskipun demikian, tidak semua proses dilakukan secara elektrik. 

Untuk mengangkat garpu atau fork, Anda hanya perlu menekan tombol, karena telah menggunakan sistem elektrik. Hal ini sangat memudahkan dalam mengangkat beban tanpa perlu repot secara manual. 

Hand stacker semi elektrik ini sangat cocok digunakan saat hendak memindahkan barang dengan kapasitas 1 ton hingga 2 ton dengan ketinggian maksimal 3,5 meter. Jenis ini lebih efisien daripada manual stacker, terutama dalam hal waktu dan tenaga, sehingga sangat sesuai untuk memindahkan barang dalam jumlah besar dengan waktu secepat mungkin.

3. Hand Stacker Elektrik

Hand stacker elektrik merupakan jenis hand stacker yang sepenuhnya ditenagai oleh listrik. Alat ini dilengkapi dengan motor listrik yang menggerakkan fungsi pengangkatan dan pergerakan. 

Operator dapat mengendalikan hand stacker elektrik melalui tombol-tombol atau tuas yang terdapat pada panel kontrol. Hand stacker elektrik cocok untuk mengangkat beban lebih berat dan memungkinkan operator untuk bekerja dengan lebih efisien dan nyaman.

4. Straddle Stacker

Straddle stacker adalah varian hand stacker dengan desain khusus yang dilengkapi dengan garpu yang dapat membuka dan menutup secara melebar. Garpu yang dapat melebar ini memungkinkan straddle stacker untuk mengangkat dan memindahkan palet di antara dua bilah penyangga atau rak dengan lebar tertentu. 

Straddle stacker umumnya digunakan ketika diperlukan kemampuan untuk melewati palet atau beban lebih lebar daripada dimensi garpu standar pada hand stacker biasa. Jenis ini tersedia dalam versi manual, semi-elektrik, atau elektrik, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Setiap jenis hand stacker memiliki kelebihan, kelemahan, kapasitas angkatan, dan fitur berbeda. Pemilihan jenis hand stacker tepat bergantung pada beban yang akan diangkat, lingkungan kerja, dan kebutuhan spesifik di tempat kerja.

Jasa Ekspedisi Hemat dan Aman dengan Troben

Apakah Anda mencari solusi jasa ekspedisi murah dan aman untuk kebutuhan bisnis Anda? Troben adalah pilihan tepat. Kami menawarkan layanan ekspedisi handal dengan menggunakan teknologi hand stacker terbaru.

Hand stacker memungkinkan kami untuk mengangkat dan memindahkan barang dengan cepat dan efisien, mengurangi waktu pemuatan dan pembongkaran yang tidak perlu. Hal ini tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, tetapi juga mengurangi risiko kerusakan barang selama proses ekspedisi.

Dengan hand stacker, proses pengangkutan barang menjadi lebih efisien dan aman. Hand stacker memungkinkan kami untuk mengangkat dan memindahkan barang dengan presisi tinggi, mengurangi resiko kerusakan dan kehilangan. Dengan Troben, Anda dapat mengandalkan layanan ekspedisi berkualitas tinggi tanpa harus menguras kantong Anda. Segera Download Aplikasi Cargo Kami untuk melakukan pengiriman sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel