Home » Peluang » Ketahuilah Jenis-Jenis Mesin Kopi, Familiar Dengan Salah Satunya?

Ketahuilah Jenis-Jenis Mesin Kopi, Familiar Dengan Salah Satunya?

jenis mesin kopi

Usaha kedai kopi saat ini sedang naik daun, baik itu kafe ataupun yang menggunakan booth. Bisnis kafe kopi menjadi salah satu bisnis di bidang F&B yang menjanjikan dan memang menjadi tren positif. Tempat yang biasa kawula muda singgahi saat nongkrong bareng teman ini sudah pasti jarang sepi, apalagi saat weekend. Selain dengan menyajikan kopi yang enak, tempat yang cozy juga menjadi hal yang harus ada di cafe. Tentunya jika Anda seorang pebisnis ataupun yang baru ingin memulai bisnis kafe kopi, perlu ketahui beberapa jenis mesin kopi.

Mesin pembuat kopi adalah moda utama sebuah kafe kopi. Sekalipun Anda membuka bisnis secara online, yakni tidak membuka kedai kopi, Anda tetap membutuhkan mesin kopi. Anda dapat memilih jenis mesin espresso yang Anda butuhkan. Tentu saja, itu juga sesuai dengan anggaran Anda. Mesin kopi memiliki jenis yang berbeda-beda. Kalau untuk skala rumahan, tidak perlu membeli alat pembuat kopi berukuran besar. Tentunya harus menggunakan alat pembuat kopi yang cukup besar untuk skala kafe. Oleh karena itu, pilihlah mesin kopi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dana yang ada bisa digunakan untuk kebutuhan lain di kafe Anda. Biar Anda makin tahu, kami berikan ulasan tuntas terkait jenis mesin kopi ada sekarang, cekidot!

Baca Juga: Rincian Modal Usaha Angkringan Bagi Pemula 

Apa itu Mesin Kopi?

Mesin pembuat kopi disebut juga mesin kopi atau coffee maker merupakan sebuah alat masak yang digunakan khusus untuk menyeduh kopi. Fungsinya tentu saja untuk mengolah, memproduksi atau menggiling biji kopi menjadi minuman kopi jadi. Meskipun ada banyak jenis pembuat kopi, setiap pembuat kopi menggunakan dua prinsip penyeduhan umum. Kedua prinsip ini menggunakan gravitasi atau tekanan untuk memindahkan air panas melalui bubuk kopi. menggunakan jenis mesin kopi yang tepat menjadi kunci nikamat sebuah kopi.

Baca Juga: Berapa Estimasi Modal Usaha Sembako? Berikut Rinciannya

14 Jenis Mesin Kopi

Setelah mengetahui penjelasan mengenai mesin kopi, yuk saatnya simak ulasan 14 jenis mesin kopi berikut.

1. Drip Coffee Maker

Jenis mesin kopi pertama ada Drip coffee maker, merupakan salah satu alat pembuat kopi yang dianggap paling mudah digunakan dan dikenal oleh para pecinta kopi. Mesin pembuat kopi ini juga sangat efisien karena mampu menyeduh 1-14 cangkir kopi. Beberapa Drip coffee maker memiliki sistem penyeduhan tambahan, seperti dispenser air panas yang kompatibel dengan K-cup, yang membuatnya cukup fungsional. 

Menyimpan Drip coffee maker di rumah juga menghemat ruang karena tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Namun perlu diperhatikan bahwa mesin pembuat kopi tetes cenderung lebih sulit dibersihkan karena bukaan mesinnya sempit.

Baca Juga: 5 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

2. Pour-Over Coffee Maker

Pour-Over coffee maker adalah pembuat kopi yang menawarkan cara menyeduh yang lebih lembut. Hasil seduhan mesin kopi Pour-Over ini cukup banyak yang cukup untuk mengisi secangkir kopi penuh. Membuat kopi menggunakan Pour-Over coffee maker akan memakan waktu lebih lama dibandingkan metode lainnya.

3. Single-Serve Capsule Coffee Maker 

Para pecinta kopi pasti tahu dengan brand Keurig kan? Keurig adalah salah satu merek pertama yang memperkenalkan Single-Serve Capsule Coffee Maker. Berkat wadah air pada mesin ini, proses pembuatan kopi dengan mesin kopi ini menjadi sangat praktis. Dengan adanya wadah air, Anda tidak perlu lagi mengisi air setiap kali ingin membuat kopi.

Namun sayangnya, pembuat kopi ini mungkin tidak benar-benar membantu Anda menghemat uang. Alasannya karena harga kapsulnya mahal. Selain itu, penggunaan mesin pembuat kopi ini dapat meringankan cita rasa kopi (lebih light). Oleh karena itu, alat pembuat kopi ini kurang cocok untuk pecinta kopi dengan rasa yang kuat.

4. French Press Coffee Maker 

Mesin kopi French Press bekerja dengan merendam bubuk kopi secara perlahan ke dalam air yang baru direbus untuk membuat secangkir kopi penuh. Waktu yang disarankan untuk merendam ampas kopi di mesin kopi French Press adalah empat menit. Namun, semakin lama kopi diseduh, rasanya akan semakin kuat. Kekurangan dari alat pembuat kopi ini adalah hasil seduhannya lebih cepat dingin.

5. AeroPress Coffee Maker 

AeroPress coffee maker merupakan mesin pembuat kopi manual yang dapat dibeli di pasaran. Oleh karena itu, pembuat kopi ini mudah digunakan di rumah dan proses pembersihannya cepat, apalagi dibandingkan dengan French Press coffee maker. Mesin pembuat kopi ini menjadi andalan para pecinta espresso, Americano, dan kopi dingin lho!

6. Cold Brew Coffee Maker 

Mesin kopi Cold Brew bekerja dengan menyeduh biji kopi yang digiling kasar pada suhu rendah semalaman. Kopi yang sudah berhasil diseduh kemudian didistribusikan ke wadah lain untuk disajikan. Hasil dari Cold Brew coffee maker bisa Anda simpan di lemari es hingga 14 hari.

7. Espresso Coffee Maker 

Seperti namanya, mesin espresso merupakan mesin yang dirancang khusus untuk menyiapkan minuman berbahan dasar espresso. Ada mesin espresso manual dan otomatis, semuanya bekerja dengan memanaskan air dan mengalirkannya melalui bubuk kopi yang diperas dengan tekanan tinggi.

8. Stovetop Coffee Maker 

Hasil dari Stovetop coffee maker adalah secangkir kopi yang sangat gelap yang dapat digunakan sebagai bahan dasar padat untuk cappuccino dan latte. Proses penyeduhan menggunakan mesin pembuat kopi ini cukup cepat. Namun, jika Anda seorang multitasker, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan pembuat kopi ini. Waktu penyeduhan perlu Anda perhatikan karena jika kopi diseduh terlalu lama, kopi rentan gosong.

9. Grind and Brew Coffee Maker

Mesin kopi ini memungkinkan penggilingan biji kopi dan penyeduhan selanjutnya. Banyak orang menyukai alat pembuat kopi untuk menggiling dan menyeduh kopi karena rasa seduhannya lebih segar. Kekurangan dari mesin kopi ini adalah ketahanannya yang rendah terhadap kerusakan dan harus dibersihkan secara rutin.

10. Turkish Coffee Maker (Ibrik) 

Mesin ini digunakan untuk menyiapkan kopi Turki. Cara produksinya menggunakan wajan kecil yang akan dipanaskan di atas kompor. Hasil dari penyeduhan mesin ini adalah kopi tanpa filter yang sangat kuat. Beberapa orang suka menambahkan gula ke dalam panci saat memasak untuk menambah rasa.

11. Steeped Coffee Maker

Steeped coffee maker adalah metode pembuatan kopi yang mirip seperti sedang membuat teh yang diseduh. Kopi ini sangat praktis karena dikemas dalam tas yang bisa dibawa kemana saja. Secangkir dan segelas air hangat sudah cukup untuk memasaknya.

12. Vietnamese Coffee Maker (Phin)

Vietnamese coffee maker atau juga dikenal sebagai Phin adalah versi kecil dari Pour-Over coffee maker. Mesin pembuat kopi ini terbuat dari logam dan cocok untuk menyeduh biji kopi yang lebih halus.

13. Siphon Coffee Maker

Menggunakan Siphon coffee maker akan terasa memuaskan karena Anda bisa melihat langsung bagaimana kopi menetes secara bertahap selama proses ekstraksi. Selain itu, bentuk alat pembuat kopi ini memberikan kesan elegan sehingga dapat digunakan untuk mempercantik interior rumah.

Mesin kopi ini cocok bagi penggemar berat kopi karena pengoperasiannya memerlukan keahlian khusus. Pasalnya, proses ekstraksi kopi pada mesin ini menggunakan tekanan uap yang cukup menyulitkan bagi pemula.

14. Percolator Coffee Maker

Percolator merupakan alat pembuat kopi yang dianggap lebih tua dibandingkan dengan alat tetes. Mesin kopi ini menghasilkan secangkir kopi dengan aroma yang sangat kuat dalam waktu singkat. Mesin pembuat kopi Percolator ada yang digunakan di atas kompor, namun ada juga yang bisa digunakan dengan listrik.

Penutup

Bisnis kafe kopi menjadi bisnis yang memiliki peluang menjanjikan untuk kedepannya. Tidak dipungkiri bahwa banyak kawula muda yang menjadikan kafe sebagai tempat untuk nongkrong bareng teman. Nyatanya bukan cuma untuk chill, kafe juga dijadikan untuk tempat belajar yang nyaman. Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis ini ataupun sudah menjadi seorang pebisnis pasti dituntut untuk mengetahui jenis mesin kopi yang ada sekarang. 

Apakah Anda adalah seorang pebisnis yang suka mendistribusikan produk ke luar kota bahkan luar pulau? Jika ya, maka sudah pasti Anda membutuhkan jasa pengiriman. Troben sebagai jasa pengiriman barang yang bisa Anda gunakan. Layanan dan fitur yang kami tawarkan sangat lengkap dengan tarof yang pasti lebih hemat. Jangan khawatir terkait jangkauan rute, karena kami bisa menjangkau berbagai daerah di Indonesia termasuk daerah pelosok. Gak perlu ragu lagi, gunakan Aplikasi Cargo Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel