Home » Bisnis » Macam-Macam Investasi yang Menguntungkan pada 2024

Macam-Macam Investasi yang Menguntungkan pada 2024

Macam-macam investasi

Investasi merupakan salah satu langkah mengelola keuangan yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan. Macam-macam investasi pun cukup beragam dengan keuntungan dan risiko yang dimilikinya.

Misalnya, jika Anda seorang pemula yang baru mempelajari tentang pasar modal bisa mencoba pilihan investasi seperti reksadana dengan profil risiko yang rendah. Namun, jika Anda ingin meraih keuntungan yang cukup besar, investasi saham sangat cocok untuk investor profesional dengan profil risiko yang cukup tinggi pula.

Lalu, pilihan investasi apa saja yang bisa memperoleh keuntungan pada tahun 2024? Untuk memahaminya, berikut simak penjelasan lebih lengkap tentang macam-macam investasi .

Macam-Macam Investasi yang Menguntungkan

Ada beberapa pilihan macam-macam investasi yang bisa Anda pilih dengan potensi keuntungannya yang cukup menjanjikan. Apa saja itu?

1. Emas

Emas adalah bentuk penanaman modal yang bisa memberikan keuntungan dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Jenis investasi ini bisa menjadi rekomendasi paling pertama untuk Anda yang ingin berinvestasi dengan tingkat risiko yang rendah.

Adapun jenis batang emas yang bisa menjadi pilihan investasi adalah emasan. Sebab, emas ini memiliki kadar kemurnian mencapai 99,99% atau setara 24 karat. Berbeda jika Anda menggunakan perhiasan emas sebagai aset investasi di masa depan yang memiliki kadar kemurnian lebih rendah sekitar 70% saja.

Keuntungan memilih emas sebagai instrumen investasi jangka panjang adalah memiliki nilai stabil meskipun terjadi inflasi, resesi, atau krisis moneter. Setiap tahunnya, nilai jual emas juga akan terus meningkat dengan tingkat likuiditas yang tinggi.

Selain itu, emas juga bisa digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan dana dengan cepat. Tidak heran mengapa banyak orang memilih emas sebagai bagian dari macam-macam investasi untuk mempersiapkan dana darurat.

 

Baca Juga: Inilah Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah

2. Saham

Saham adalah tanda penyertaan modal yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha pada suatu perusahaan atau Perseroan Terbatas (PT). Dengan penyertaan modal, maka pihak yang berinvestasi berhak atas pendapatan dan aset perusahaan serta turut hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Selain mendapatkan hak yang dapat diklaim oleh pihak investor, investasi saham juga memiliki beberapa keuntungan yang cukup beragam. Diantaranya, bisa mendapatkan dividen yang diumumkan kepada para pemegang saham.

Untuk investasi jangka panjang, saham bisa menjadi sumber penting meraih keuntungan dari investor. Hanya saja, risiko yang dihadapinya pun cukup besar sehingga memerlukan pengetahuan dengan level yang cukup tinggi bagi seorang investor saham.

 

Baca Juga: Inilah Perbedaan Pendapatan dan Laba yang Perlu Anda Ketahui!

3. Setoran

Macam-macam investasi selanjutnya adalah deposito yang merupakan bagian dari produk perbankan. Jenis investasi ini memiliki profil risiko yang tidak tinggi sehingga bisa menjadi instrumen tabungan yang menguntungkan dalam jangka panjang.

Ketentuan nasabah yang ingin berinvestasi melalui deposito tidak diperkenankan untuk mengambil dananya dalam jangka waktu tertentu. Pilihan investasi ini sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki modal investasi cukup besar, tetapi tidak terlalu berharap memperoleh keuntungan dalam waktu cepat.

Keuntungan dari deposito tentu relatif lebih aman karena deposito telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Adapun nilai pengembalian dana yang telah diinvestasikan akan jauh lebih tinggi dibandingkan bunga jatuh tempo sebelumnya.

Selain itu, deposito juga bisa dijadikan agunan atau jaminan dalam transaksi kredit. Karena proses transaksinya dilakukan di lembaga perbankan, cara mengelola keuangannya pun akan lebih terencana dengan memperoleh hasil bunga lebih tinggi daripada bentuk simpanan lainnya.

4. Reksadana

Rekomendasi macam-macam investasi pada tahun 2024 selanjutnya adalah reksadana. Instrumen investasi ini dikelola secara langsung oleh manajemen investasi yang telah memiliki badan hukum.

Investasi ini bisa menjadi opsi terbaik karena memberikan pilihan memungkinkan dana tersebut akan diinvestasikan ke saham, obligasi, atau pasar uang. Tentunya Anda bisa memilih jenis reksadana sesuai dengan profil risiko masing-masing dan jangka waktu investasi yang ditentukan.

Reksadana sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai belajar investasi dengan risiko lebih rendah. Salah satu keuntungan berinvestasi dengan pilihan ini akan dikelola secara langsung oleh ahlinya yang berpengalaman di dunia pasar modal.

Pilihan investasi yang terjangkau juga bisa menjadi keunggulan jika Anda ingin berinvestasi dengan modal kecil. Selain itu, likuiditas dari reksadana sangat terjaga sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan investor untuk mengukur jangka panjang investasinya.

 

Baca Juga: Harga Pokok Penjualan: Pemahaman Komponen dan Cara Menghitungnya

5. Kewajiban

Kewajiban cocok dijadikan target investasi pada tahun 2024 untuk mendiversifikasi risiko dan menjadikannya sebagai instrumen pendapatan tetap . Seperti yang diketahui, obligasi adalah pinjaman dari investor yang diberikan kepada perusahaan atau pemerintah.

Jenis investasi ini juga disebut dengan surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan nominal dan jangka waktu tertentu. Obligasi terdiri dari beberapa bentuk investasi seperti Surat Utang Negara (SUN), Sukuk korporasi, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Efek Beragun Aset (EBA), dan lain-lain.

Semua instrumen tersebut dapat Anda transaksi secara langsung dan dilaporkan perdagangannya melalui Bursa Efek Indonesia. Beberapa pilihan obligasi paling aman adalah yang diterbitkan pemerintah seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Negara Ritel (SR), Cash Waqf Link Sukuk (CWLS) dan Saving Bonds Ritel (SBR). 

Tentu ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih obligasi sebagai instrumen investasi jangka panjang. Selain menjadi salah satu macam-macam investasi yang paling aman, imbal hasil yang ditawarkan dapat diprediksi oleh investornya secara langsung.

Demikian penjelasan terkait apa saja macam-macam investasi yang cocok pada tahun 2024. Investasi menjadi langkah paling tepat untuk mencapai tujuan finansial yang matang dalam jangka panjang. Jadi jenis investasi apa yang menarik untuk Anda coba?

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel