Home » Seputar Logistik » Manfaat Asuransi Dalam Jasa Pengiriman Barang

Manfaat Asuransi Dalam Jasa Pengiriman Barang

Manfaat Asuransi dalam Pengiriman Barang

Manfaat asuransi dalam jasa pengiriman sangat banyak. Sebuah jasa pengiriman barang terpercaya, pastinya memiliki asuransi khusus ekspedisi untuk menjamin keamanan dan keselamatan barang kiriman dari bahaya kerusakan atau bahkan hilang. Sebab walaupun barang sudah dipacking sebagus apapun, tidak seorang pun bisa menjamin barang aman dari kejadian tak terduga yang tidak diinginkan bersama pada saat dalam perjalanan. Maka dari itu asuransi dirasa penting untuk diterapkan kepada setiap pengiriman barang.

Selama ini, tidak sedikit orang berpikir bahwa segala resiko kehilangan dan kerusakan barang, jasa ekspedisi lah yang harus bertanggung jawab. Padahal sebenarnya tidak ada landasan hukum  mewajibkan perusahaan pengiriman barang yang  harus bertanggung jawab jika barang rusak maupun hilang.

Lalu, Siapakah Yang Sebenarnya Bertanggung Jawab Atas Kerusakan atau Kehilangan Barang?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, harus diketahui dulu penyebab hilang atau rusaknya barang. Jika barang mengalami kerusakan tersebut terjadi akibat kelalaian staf perusahaan ekspedisi, maka yang bertanggung jawab adalah jasa ekspedisi tersebut. Sedangkan jika barang mengalami kerusakan atau kehilangan saat barang sedang dalam perjalanan ke tempat tujuan, maka jasa asuransi akan mengcover barang kiriman.

Namun tidak sembarang perusahaan asuransi dapat menjamin barang kiriman, tidak seperti jasa asuransi lain menjamin tentang kesehatan ataupun harta benda bergerak. Jasa asuransi khusus ekspedisi akan melindungi barang kiriman sepanjang perjalanan ke lokasi penerima.

3 Jenis Asuransi Pengiriman Barang

Dalam asuransi pengiriman barang, jenisnya terdiri dari 3 kelompok. Dibedakan berdasarkan jalur pengiriman yang dipakai, diantaranya adalah asuransi pengiriman cargo darat, cargo laut dan cargo udara.

* Asuransi Cargo Darat, melindungi barang dari bahaya atas musibah yang tidak sengaja terjadi pada saat diperjalanan. Misalnya seperti truk pembawa mengalami kecelakaan atau masuk jurang.

* Asuransi Cargo Laut, melindungi barang barang dari bahaya pada saat barang sedang dibawa oleh kapal pengangkut menuju ke tempat penerima. Misalnya seperti kapal tenggelam.

* Asuransi Cargo Udara, melindungi barang dari bahaya saat dalam perjalanan memakai pesawat udara. Misalnya pesawat jatuh.

Manfaat Asuransi Dalam Dunia Ekspedisi

Banyak pengguna jasa pengiriman barang memikirkan bagaimana keamanan barang mereka hingga ke tangan penerima, sebab kebanyakan barang tersebut cukup bernilai harga nya. Tetapi sebagai pengguna, Anda tidak perlu khawatir jika memakai jasa pengiriman barang profesional, sebab mereka menerapkan keamanan sesuai standar. Setiap barang akan dikirimkan, akan di packing dengan proses berstandar dan material bermutu. Meskipun begitu, tetap saja ada konsumen yang masih khawatir soal keselamatan barang mereka.

Maka dari itu lah, sebuah perusahaan asuransi khusus menangani pengiriman barang sangat diperlukan untuk menjamin pengiriman barang konsumen. Sebab yang bertanggung jawab terhadap kerusakan barang saat dalam perjalanan bukan jasa ekspedisi, melainkan jasa asuransi. Dengan mengasuransikan barang kiriman Anda, tentunya hati dan pikirkan Anda menjadi lebih tenang. Sebab bila terjadi sesuatu tidak diinginkan terhadap barang Anda, maka Anda berhak mendapatkan premi atas kerusakan atau kehilangan barang Anda tersebut.

Beberapa barang dapat diasuransikan biasanya bernilai tinggi dan juga merupakan kendaraan roda 4 maupun 2. Inilah manfaat asuransi untuk pengiriman barang Anda. Asuransi diterapkan pada barang kiriman juga bukan sebuah kewajiban, melainkan bersifat opsional dimana customer dapat memilih sendiri barangnya mau diasuransikan atau tidak.

Perusahaan-Perusahaan Asuransi Ekspedisi 

Dibawah ini merupakan perusahaan-perusahaan asuransi terkenal bisa menjamin barang kiriman

  1. Tokio Marine

Merupakan perusahaan asuransi dari Jepang yang menanggulangi pengiriman barang bernilai besar.

  1. ABB

Perusahaan ABB sejak didirikan hingga sekarang sudah mengcover barang sampai 10 milyar.

  1. ACA

Merupakan asuransi khusus barang kiriman hanya satu kali  trip serta bernilai dibawah 1 milyar.

  1. Aswata

Sebuah perusahaan asuransi lokal mengcover pengiriman barang dalam negeri Nah sudah taukan manfaat asuransi dalam jasa pengiriman jadi jangan sampai melupakan satu ini ya.

Troben: Perusahaan Pengiriman Barang Dilengkapi Asuransi

Troben dilengkapi dengan asuransi dari perusahaan terpercaya yang akan menjamin keselamatan dan keamanan barang Anda. Jadi untuk urusan pengiriman barang akan aman dan berasuransi, saatnya beralih ke Troben. Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Mengenai Manfaat Asuransi Dalam Jasa Pengiriman Barang. Untuk Mengetahui Berita Seputar Logistik Anda Dapat Melihat Di Blog Troben. Segera Download Aplikasi Troben Di App Store dan Google Play Untuk Mengirim Barang Anda, karena Troben menyediakan jasa pengiriman barang murah dan aman!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel