Home » Seputar Logistik » Less Than Truckload: Pengertian, dan Keuntungannya

Less Than Truckload: Pengertian, dan Keuntungannya

less than truckload

Dengan kemudahan komunikasi dan jangkauan luas, pemasaran online menjadi pilihan utama bagi banyak pelaku usaha. Dalam menjalankan bisnis online, penggunaan jasa pengiriman barang menjadi hal tak terpisahkan. Semakin banyaknya layanan ekspedisi menawarkan pengiriman murah dengan berbagai pilihan.

Salah satu metode pengiriman yang umum digunakan adalah menggunakan truk. Pengiriman barang dengan truk umumnya dibagi menjadi dua layanan utama. FTL (Full Truckload) dan LTL (Less Than Truckload). 

Meskipun mereka sudah terbiasa dengan industri pengiriman barang, konsep-konsep ini mungkin sudah familiar, namun bagi mereka yang baru terjun dalam dunia pengiriman barang, penting memahami pengertian, perbedaan antara FTL dan LTL untuk memilih layanan sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

Baca Juga: Ketahui Resiko Pengiriman Kargo yang Sering Terjadi!

Apa Itu Less Than Truckload? 

Less Than Truckload (LTL) merupakan metode pengiriman yang menggabungkan beberapa kiriman atau paket dari berbagai individu atau perusahaan ke dalam satu truk. Tujuan utama dari less than truckload adalah untuk memaksimalkan kapasitas truk dengan memenuhi berbagai kebutuhan pengiriman dari berbagai pelanggan. 

Pengiriman Less Than Truckload digunakan untuk mengangkut muatan lebih kecil, biasanya memiliki berat mulai dari 68 kg dan dapat mencapai 900 kg, 4,5 ton, atau bahkan 6,8 ton. Pengiriman less than truckload juga dapat ditentukan berdasarkan jumlah paket yang dikirim, beberapa membatasi pengiriman antara 1 hingga 6 palet, bahkan hingga 14 paket.

Dalam pengiriman Less Than Truckload, hanya sebagian dari truk yang digunakan, sehingga penyedia jasa pengiriman dapat mengangkut barang dari beberapa pengirim sekaligus. Mereka menggunakan model hub dan spokes, di mana hub dapat berupa pusat distribusi dengan gudang yang lebih kecil atau terminal lokal sebagai spokes-nya.

Proses pengangkutan dimulai di pusat distribusi, di mana barang dikirim ke terminal lokal. Kemudian, inventory di palet dibagi dan dikirim dalam pengiriman lebih kecil, atau tersedia untuk diambil oleh pengirim. 

Karena beberapa pengirim dapat menggunakan layanan Less Than Truckload, ini dapat mengakibatkan lebih banyak pemberhentian dan aktivitas bongkar muat yang terjadi selama proses pengiriman.

Salah satu keuntungan utama pengiriman dengan metode less truckload adalah biaya lebih rendah dibandingkan dengan metode full truck load. Dengan less than truckload, Anda tidak perlu menyewa truk secara eksklusif untuk mengirimkan barang Anda. 

Baca Juga: Mengenal Apa itu Break Bulk Cargo Serta Manfaatnya!

Manfaat Menggunakan Less Than Truckload (LTL)

Penggunaan LTL (Less Than Truckload) menawarkan sejumlah keuntungan yang signifikan:

1. Pengiriman Ekonomis

Less than truckload menawarkan biaya pengiriman lebih terjangkau dibandingkan metode pengiriman FTL (Full Truckload). Hal ini terjadi karena biaya pengiriman dibagi di antara pengirim atau penerima lain yang juga menggunakan truk sama. Dengan demikian, pengguna less than truckload dapat menghemat biaya pengiriman barang mereka.

2. Fleksibilitas dalam Pengiriman

Less than truckload memberikan fleksibilitas lebih besar kepada pengirim karena mereka dapat mengirim muatan dalam jumlah lebih kecil tanpa harus memenuhi kapasitas penuh kendaraan. Ini memungkinkan pengirim untuk mengatur pengiriman sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa harus menunggu hingga truk terisi penuh.

3. Dampak Lingkungan Lebih Rendah

Penggunaan Less than truckload juga lebih ramah lingkungan karena mengurangi jumlah kendaraan yang diperlukan untuk mengirim barang. Dengan menggabungkan beberapa kiriman dalam satu truk, less than truckload membantu mengurangi emisi karbon dan jejak lingkungan lainnya.

4. Cocok untuk Pengiriman Lokal

Less than truckload cocok digunakan untuk pengiriman barang dalam jarak pendek atau dalam kota, di mana pengiriman dalam jumlah kecil atau barang lebih sedikit dibutuhkan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengirim barang dengan efisien tanpa perlu menggunakan kendaraan besar yang mungkin tidak diperlukan.

5. Pelacakan Pengiriman Mudah

Less than truckload biasanya dilengkapi dengan sistem pelacakan yang memungkinkan pengirim untuk melacak status pengiriman barang mereka. Dengan demikian, pengirim dapat memantau perjalanan barang mereka dan memastikan pengiriman sampai ke tujuan dengan aman dan tepat waktu.

Perbedaan Esensial Antara LTL dan FTL 

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai Less Than Truckload (LTL). Full Truckload (FTL) merujuk pada pengiriman mengisi truk secara penuh. Layanan FTL umumnya digunakan untuk pengiriman besar, memerlukan kapasitas seluruh truk. 

Perbedaan mendasar antara LTL dan FTL terletak pada kapasitas pengiriman dan konsolidasi muatan. Dalam LTL, muatan dari beberapa pengirim dikumpulkan dan dikirim dalam satu truk yang tidak terisi penuh, sementara dalam FTL, satu pengirim mengisi dan mengirimkan seluruh truk sesuai kapasitasnya.

Less than truckload cenderung lebih hemat biaya karena biaya transportasi dibagi di antara beberapa pengirim, sedangkan FTL mungkin lebih mahal karena biaya penuh ditanggung oleh satu pengirim. 

Less than truckload umumnya membutuhkan waktu lebih lama karena proses pengumpulan, konsolidasi, dan pengantaran barang dari beberapa pengirim, sementara FTL, menggunakan truk secara eksklusif, memiliki waktu pengiriman lebih cepat dan langsung.

Dalam FTL, pengirim memiliki kontrol penuh atas pengiriman dan dapat memantau serta mengawasi muatan mereka secara langsung. Di sisi lain, dalam less than truckload, karena konsolidasi muatan, pengirim mungkin perlu mempertimbangkan tingkat keamanan dan pengawasan lebih rendah.

Solusi Ekspedisi Aman dengan Troben

Troben adalah pilihan jasa ekspedisi murah dan aman tepat bagi Anda yang membutuhkan jasa ekspedisi murah dan aman untuk mengangkut barang dalam jumlah kecil maupun besar. Dengan komitmen untuk memberikan layanan terpercaya, Troben menawarkan solusi efisien dan efektif bagi pengiriman barang Anda. 

Tidak peduli seberapa besar atau kecil pengiriman Anda, Troben siap memberikan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau. Dengan Troben, tidak perlu khawatir tentang keamanan barang Anda. Tim profesional kami memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengatur pengiriman barang dengan aman ke tujuan yang ditentukan. 

Dengan berbagai pilihan opsi pengiriman tersedia, mulai dari pengiriman dalam jumlah kecil hingga besar, Troben memastikan bahwa setiap pengiriman dilakukan dengan penuh perhatian dan keandalan. Download Aplikasi Pengiriman barang kami sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel