Home » Bisnis » Pahami Customer Relationship Sebelum Bersaing dengan Kompetitor Bisnis Anda

Pahami Customer Relationship Sebelum Bersaing dengan Kompetitor Bisnis Anda

customer relationship

Sebagai pebisnis, siapa yang tidak ingin mendapat repeat order dari para pelanggannya? Tentunya, itulah yang menjadi tujuan dalam berbisnis dalam meraup keuntungan.

Untuk mendapatkan repeat order, sebagai pebisnis yang cermat, memberikan kepercayaan kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan adalah prioritas utama.

Salah satu cara untuk merealisasikannya dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen atau customer. Lebih singkatnya, hal demikian disebut dengan istilah customer relationship atau hubungan dengan pelanggan. 

Menjaga hubungan dengan pelanggan agar tetap baik merupakan hal yang penting dalam menjaga reputasi bisnis yang lebih baik demi mengembangkan bisnis yang Anda jalankan.

Di dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai pentingnya customer relationship, mulai dari pengertian, fungsi dan cara membangunnya dalam menunjang bisnis yang kita jalankan.

Apa itu Customer Relationship?

Customer Relationship atau hubungan dengan pelanggan merupakan suatu konsep pemasaran yang berfokus dalam menjaga interaksi, komunikasi, dan memelihara hubungan dengan para customer atau pelanggan.

Dalam penerapannya, ini tidak hanya mencakup transaksi bisnis tetapi juga berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. 

Tujuan utama dari konsep pemasaran ini adalah menciptakan pengalaman pelanggan yang positif, membangun loyalitas, dan memastikan kepuasan pelanggan, hingga melakukan repeat order.

Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, seorang pebisnis harus menerapkan beragam macam strategi, seperti memahami pelanggan, melakukan komunikasi dengan rutin, dan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Fungsi Customer Relationship

Jadi, seberapa berpengaruh menjaga hubungan dengan pelanggan dalam menjaga reputasi bisnis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ketahui fungsinya di bawah ini.

1. Meningkatkan Kepuasan Customer

Dengan menerapkan konsep customer relationship, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penawaran produk, jasa, dan pengalaman yang Anda berikan kepada customer Anda. Dengan demikian, pelanggan berpeluang melakukan repeat order.

2. Meningkatkan Loyalitas Customer

Pelanggan yang merasa puas cenderung menjadi pelanggan yang setia. Membangun hubungan yang kuat melalui customer relationship dapat membantu mempertahankan pelanggan, bahkan ketika ada pesaing yang menawarkan produk atau jasa serupa.

3. Meningkatkan Penjualan

Pelanggan yang merasa puas dan loyal memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk melakukan pembelian berulang. Dengan mempertahankan hubungan yang positif dengan pelanggan, bisnis Anda dapat mengalami peningkatan signifikan dalam volume penjualan.

4. Membangun Brand Advocacy 

Customer relationship memiliki peran dalam menciptakan pelanggan yang tidak hanya setia tetapi juga menjadi advokat merek. Pelanggan yang sangat puas mungkin bersedia untuk mempromosikan produk atau jasa Anda secara sukarela kepada orang lain, sehingga Anda dapat memperluas jangkauan pemasaran Anda.

5. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Jika keempat fungsi tersebut telah terealisasi, maka reputasi bisnis Anda meningkat secara signifikan. Hal ini didasari dengan ulasan serta rekomendasi pelanggan Anda, dan hal ini dapat menjadi pemicu untuk mencapai berbagai keberhasilan dalam dunia bisnis.

Cara Membangun Customer Relationship Management

Membangun Customer Relationship Management (CRM) melibatkan beberapa langkah yang dirancang untuk memahami, memenuhi, dan memelihara hubungan positif dengan pelanggan atau customer. Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang dapat Anda terapkan dalam membangun sistem CRM yang efektif.

1. Rencanakan Tujuan dan Strategi

Tentukan tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui CRM, seperti meningkatkan peningkatan penjualan, atau meningkatkan kepuasan pelanggan maupun membangun brand advocacy. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah memfokuskan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dan mencapai tujuan bisnis.

2. Kumpulkan dan Kelola Data Pelanggan

Mulailah dengan mengumpulkan dan menyusun data pelanggan secara teratur. Ini melibatkan informasi demografis, preferensi, riwayat pembelian, dan interaksi sebelumnya.

Pastikan bahwa data pelanggan disimpan dengan aman dan teratur, dan bahwa hanya informasi yang relevan dan diperlukan yang disimpan.

3. Personalisasi Komunikasi

Gunakan data pelanggan untuk personalisasi komunikasi. Kirim pesan atau penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing pelanggan. Selain itu, pastikan komunikasi melibatkan pelanggan secara individual, sehingga membuat mereka merasa dihargai.

4. Terapkan Sistem Automasi

Gunakan sistem otomatisasi untuk mengotomatisasi proses seperti pengiriman email, manajemen tugas, dan analisis data. Ini membantu dalam menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi.

5. Terlibat dalam Layanan Pelanggan yang Responsif

Tanggapi pertanyaan, masalah, atau umpan balik pelanggan dengan cepat dan profesional. Pertahankan komunikasi dua arah yang aktif untuk memastikan bahwa pelanggan merasa didengar dan diperhatikan.

6. Berfokus pada Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Latih karyawan untuk memberikan pelayanan pelanggan yang unggul. Mereka harus memiliki pengetahuan yang baik tentang produk atau layanan, serta keterampilan komunikasi yang efektif.

7. Selalu Evaluasi dan Tingkatkan

Lakukan evaluasi secara teratur terhadap kinerja sistem CRM Anda. Tinjau data, identifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan terapkan perubahan yang diperlukan. Lebih lanjutnya, tanyakan umpan balik dari pelanggan dan karyawan untuk memahami bagaimana CRM dapat ditingkatkan.

8. Lindungi Privasi Pelanggan

Pastikan Anda dapat menjaga privasi data dan perlindungan konsumen agar tingkat kepercayaan pelanggan kepada bisnis Anda meningkat.

Demikianlah artikel mengenai pengertian, fungsi, serta cara membangun customer relationship yang dapat memberikan dampak positif pada perkembangan bisnis Anda. Ketika Anda telah menyadari betapa pentingnya hubungan dengan pelanggan, Anda dapat menyiapkan dan merencanakan bisnis Anda lebih matang dalam bersaing di pasar global.

Selain memperhatikan customer relationship, Anda juga sebaiknya meningkatkan pelayanan di bidang lainnya, salah satunya dalam hal pengiriman barang kepada para pelanggan. Tidak perlu bingung memilih vendor pengiriman yang ingin digunakan, karena saat ini ada Troben yang menyediakan jasa pengiriman barang murah dan terpercaya. Segera Download Aplikasi Pengiriman barang kami sekarang juga!

 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel