Home » Bisnis » 8 Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan yang Tidak Mengganggu Rutinitas Kerja

8 Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan yang Tidak Mengganggu Rutinitas Kerja

Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pekerjaan sampingan untuk karyawan? Jika iya, selamat karena Anda sudah berkunjung ke artikel yang tepat!

Well, tidak ada salahnya memang jika Anda yang saat ini sedang bekerja sebagai karyawan ingin mencari penghasilan tambahan melalui pekerjaan sampingan. Tapi Anda harus memperhatikan beberapa hal – hal penting.

Nah, berikut ini kami sudah menyediakan beberapa ide menarik terkait pekerjaan sampingan yang bisa Anda tekuni. Langsung saja simak daftarnya berikut ini!

8 Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan yang Menghasilkan Cuan dan Tidak Mengganggu Rutinitas Kerja

Informasi Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan

1. Menawarkan Jasa Freelance

Apakah Anda memiliki keahlian di bidang tertentu seperti menulis, desain grafis, pengembangan web, atau penerjemahan? Jika iya, Anda dapat menawarkan jasa freelance secara online. Banyak platform online yang menghubungkan freelancer dengan klien, seperti Fiverr, Upwork, dan Freelancer.com.

2. Menjadi Guru Online

Mungkin saja Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang tertentu. Anda dapat menjadi guru online. Anda dapat mengajar bahasa Inggris, matematika, sains, atau mata pelajaran lainnya kepada siswa di seluruh dunia. Anda dapat menjadi tutor bagi siswa di sekolah dasar, menengah, atau atas. Anda dapat mengajar berbagai mata pelajaran, seperti matematika, sains, bahasa Inggris, atau bahasa Indonesia.

3. Menjadi Influencer Media Sosial

Kalau Anda memiliki banyak pengikut di media sosial, Anda dapat menjadi influencer dan bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk mereka. Anda dapat membuat konten bersponsor, ulasan produk, atau postingan media sosial lainnya.

4. Menjadi Penulis Blog atau Vlogger

Pekerjaan sampingan untuk karyawan berikutnya adalah menjadi blogger (penulis blog) atau vlogger. Kalau Anda suka menulis atau membuat video, Anda dapat memulai blog atau vlog dan memonetisasinya melalui iklan, sponsorship, atau affiliate marketing. Jika ingin menekuni bidang ini, Anda bisa menggunakan platform seperti Youtube.

Baca Juga: 4 Cara Menghitung Modal Awal untuk Memulai Usaha

5. Menjadi Pengemudi Ride-Hailing atau Pengantar Makanan

Punya kendaraan seperti mobil dan waktu luang? Anda dapat menjadi pengemudi ride-hailing atau pengantar makanan. Platform seperti Gojek dan Grab menawarkan peluang untuk bekerja sebagai pengemudi atau pengantar makanan.

6. Menyewakan Properti

Bagi Anda yang memiliki properti tambahan seperti kamar kosong atau apartemen, Anda dapat menyewakannya di platform seperti Airbnb.

7. Menawarkan Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Apakah Anda termasuk orang yang mencintai hewan peliharaan? Jika iya, Anda dapat menawarkan jasa perawatan hewan peliharaan, seperti memandikan, memotong bulu, atau mengajak jalan-jalan.

8. Membuka Jasa Pengiriman Barang

Terakhir, Anda bisa membuka jasa pengiriman barang aman dengan tarif murah. Caranya dengan bergabung sebagai Mitra Troben. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, Troben merupakan perusahaan jasa ekspedisi, logistik dan pengiriman cargo berbasis aplikasi terlengkap. Kunjungi troben.id untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Analisis SWOT Usaha : Pengertian, Contoh, dan Tipsnya

Cara Mendapatkan Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan

Mencari pekerjaan sampingan sebagai karyawan bisa menjadi cara yang bagus untuk menambah penghasilan, mempelajari keterampilan baru, atau mengejar minat Anda. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan sampingan:

1. Pikirkan tentang keterampilan dan minat Anda. Apa yang Anda kuasai? Apa yang Anda sukai? Memilih pekerjaan sampingan yang memanfaatkan keterampilan dan minat Anda akan lebih menyenangkan dan menguntungkan.

2. Pertimbangkan waktu dan energi Anda. Berapa banyak waktu dan energi yang Anda punya untuk pekerjaan sampingan? Pastikan Anda memilih pekerjaan sampingan yang sesuai dengan jadwal dan tingkat energi Anda.

3. Lakukan riset. Cari tahu jenis pekerjaan sampingan yang tersedia di wilayah Anda. Anda dapat mencari secara online, bertanya kepada teman dan keluarga, atau menghubungi agen pencari kerja.

4. Persempit pilihan Anda. Setelah Anda memiliki daftar pekerjaan sampingan yang potensial, persempit pilihan Anda berdasarkan faktor-faktor seperti gaji, jam kerja, dan lokasi.

5. Lamar pekerjaan. Setelah Anda menemukan pekerjaan sampingan yang Anda inginkan, lamarlah pekerjaannya. Pastikan untuk menyertakan resume dan surat lamaran yang menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Pembukuan Sederhana dengan Mudah

Penutup

Pastikan Anda mematuhi peraturan perusahaan mengenai pekerjaan sampingan. Jangan sampai pekerjaan sampinganmu mengganggu kinerja di pekerjaan utamamu. Atur waktu dengan baik agar Anda bisa menyeimbangkan antara pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan. Semoga informasi ini membantu!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel