Home » Bisnis » Bisnis Afiliasi : Pengertian, Contoh, dan Cara Kerja

Bisnis Afiliasi : Pengertian, Contoh, dan Cara Kerja

Bisnis Afiliasi

Di era digital ini, ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu peluang yang menarik dan menjanjikan adalah bisnis afiliasi.

Bisnis afiliasi merupakan model bisnis dimana tiap orang mempromosikan produk atau layanan ke orang lain. Jadi ketika seseorang melakukan transaksi menggunakan kode atau link dari Anda, maka Anda bisa mendapatkan komisi dari transaksi tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara kerja bisnis afiliasi mulai dari pengertian, contoh, dan cara kerja bisnis affiliasi. Simak terus pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Bisnis Afiliasi?

Bisnis afiliasi adalah model pemasaran di mana individu atau perusahaan mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan milik pihak lain. Dalam model ini, afiliasi akan menerima tautan unik yang melacak aktivitas pengguna yang datang melalui tautan tersebut. Setiap kali terjadi penjualan atau tindakan tertentu (seperti mendaftar newsletter) melalui tautan ini, afiliasi memperoleh komisi.

Selain link tautan unik untuk melacak aktifitas transaksi, cara lain menjalankan bisnis affiliasi adalah transaksi dengan menggunakan kode referal. Jadi calon konsumen melakukan transaksi dengan menggunakan kode referal milik Anda.  

Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan transaksi yang dilakukan. Oleh karena itu, semakin banyak transaksi, maka semakin besar pula komisi yang didapatkan. 

Baca Juga : Media Promosi : Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Contoh Bisnis Affiliasi

Bisnis afiliasi telah menjadi salah satu model bisnis yang populer di era digital ini. Banyak individu dan perusahaan memanfaatkan model ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut ini adalah contoh bisnis afiliasi, seperti : 

1. Promosi Produk Fisik

  • Elektronik: Mempromosikan gadget, laptop, kamera, dan produk elektronik lainnya melalui blog, website, atau media sosial.
  • Fashion: Mengulas dan mempromosikan produk fashion seperti baju, sepatu, tas, dan aksesoris di platform seperti Instagram dan TikTok.
  • Kosmetik: Mencoba dan mereview produk kosmetik dan skincare di blog, YouTube, atau platform lainnya.
  • Produk Rumah Tangga: Mempromosikan peralatan dapur, perlengkapan rumah, dan produk rumah tangga lainnya melalui website atau media sosial.

2. Promosi Layanan

  • Penyedia Hosting Web: Merekomendasikan layanan hosting web kepada blogger, web developer, dan pemilik bisnis online.
  • Kursus Online: Mempromosikan kursus online di bidang yang Anda kuasai, seperti desain grafis, web development, atau bahasa asing.
  • Software: Mengulas dan mempromosikan software untuk produktivitas, desain, atau keamanan komputer.
  • Aplikasi: Mempromosikan aplikasi mobile yang bermanfaat bagi pengguna smartphone.

3. Promosi Layanan Digital

  • VPN: Mempromosikan layanan VPN untuk browsing internet yang aman dan anonim.
  • Cloud Storage: Merekomendasikan layanan cloud storage untuk menyimpan data secara online.
  • Layanan Streaming: Mempromosikan platform streaming film, musik, atau video game.
  • E-book: Mengulas dan mempromosikan e-book di berbagai genre melalui blog atau media sosial.

4. Program Afiliasi Marketplace

  • Tokopedia: Mempromosikan produk yang dijual di Tokopedia melalui tautan afiliasi Anda.
  • Shopee: Mencari dan merekomendasikan produk menarik di Shopee kepada pengikut Anda.
  • Lazada: Membagikan penawaran menarik dan voucher belanja Lazada di media sosial Anda.

Baca Juga : 5 Cara Optimasi Produk di Shopee untuk Tingkatkan Penjualan

Cara Kerja Bisnis Affiliasi 

Berikut ini adalah cara kerja bisnis afiliasi, antara lain : 

1. Mendaftar Program Afiliasi

Langkah pertama dalam memulai bisnis afiliasi adalah mendaftar ke program afiliasi yang disediakan oleh perusahaan atau platform tertentu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil:

Pilih Program Afiliasi : Pilih program afiliasi yang sesuai dengan minat atau niche Anda. Misalnya, jika Anda memiliki blog tentang teknologi, Anda bisa memilih program afiliasi yang menjual produk-produk teknologi.

Daftar : Kunjungi situs web penyedia program afiliasi dan isi formulir pendaftaran. Untuk mendaftar affiliate, Anda bisa melengkapi data seperti nama lengkap, alamat email, hingga metode pembayaran.

Persetujuan : Setelah mengajukan pendaftaran, tunggu hingga pendaftaran Anda disetujui. Proses persetujuan bisa bervariasi, ada yang langsung dan ada yang memerlukan beberapa hari untuk ditinjau.

2. Mempromosikan Produk atau Layanan

Setelah Anda diterima dalam program afiliasi, Anda akan diberikan tautan afiliasi unik atau kode referal yang mengandung ID afiliasi Anda. Tautan ini akan digunakan untuk melacak aktivitas dan penjualan yang berasal dari promosi Anda. Selanjutnya, Anda bisa langsung melakukan promosi produk atau layanan dari perusahaan, seperti : 

Buat Konten: Buat konten yang relevan dan menarik yang bisa menarik perhatian audiens Anda. Konten ini bisa berupa artikel blog, video YouTube, postingan media sosial, atau email newsletter.

Optimalkan SEO: Pastikan konten Anda dioptimalkan untuk mesin pencari agar lebih mudah ditemukan oleh audiens yang mencari informasi terkait produk atau layanan yang Anda promosikan.

Gunakan Tautan Afiliasi: Sertakan tautan afiliasi dalam konten Anda. Pastikan tautan tersebut mudah diakses dan menarik bagi audiens untuk diklik.

3. Konsumen Transaksi Menggunakan Kode Referal

Ketika audiens Anda mengklik tautan afiliasi atau memasukkan kode referal saat melakukan transaksi, aktivitas tersebut bisa dilacak oleh sistem dari penyedia program afiliasi. Berikut langkah-langkahnya : 

Klik Tautan Afiliasi: Pengunjung situs atau platform Anda akan mengklik tautan afiliasi yang Anda promosikan.

Melakukan Pembelian: Setelah mengklik tautan, pengunjung akan diarahkan ke situs web penyedia produk atau layanan dan melakukan pembelian atau tindakan yang diinginkan (seperti mendaftar newsletter).

Pelacakan Kode Referal: Sistem afiliasi akan melacak transaksi tersebut dan mengaitkannya dengan ID afiliasi Anda.

4. Mendapatkan Komisi

Setiap kali ada penjualan atau tindakan yang dilakukan melalui tautan afiliasi atau kode referal Anda, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan program afiliasi tersebut.

Lalu sistem afiliasi akan memverifikasi bahwa penjualan atau tindakan yang dilakukan memang berasal dari tautan afiliasi Anda. Komisi akan dihitung berdasarkan persentase atau jumlah tetap yang telah ditentukan oleh program afiliasi. Komisi Anda akan dibayarkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh penyedia program afiliasi. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank, PayPal, atau metode pembayaran lainnya.

Gabung Menjadi Affiliate Sales Agent bersama Troben 

Bagi Anda yang ingin bergabung menjadi bagian dari bisnis affiliate, Troben mengajak Anda untuk bergabung menjadi Affiliate Sales Agent. Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda bergabung menjadi affiliator sales agent, seperti : 

1. Jam Kerja Fleksibel

Sebagai Affiliate Sales Agent, Anda memiliki kebebasan untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja. Tidak ada jam kerja tetap atau keharusan untuk berada di satu lokasi tertentu. Anda dapat menjalankan bisnis ini sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan penuh waktu, tergantung pada tujuan dan komitmen Anda.

2. Modal Rendah

Untuk bergabung menjadi affiliate sales agent, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Cukup daftar dan install aplikasi khusus affiliate, kemudian Anda akan mendapatkan kode referal. Jika ada pelanggan yang melakukan transaksi dengan menggunakan kode referal. Maka Anda bisa mendapatkan keuntungan. 

3. Pendapatan Besar

Dengan program afiliasi, potensi pendapatan sangat bergantung pada usaha dan strategi pemasaran yang Anda terapkan. 

Troben menawarkan struktur komisi yang kompetitif, sehingga semakin banyak penjualan yang Anda hasilkan, semakin besar pula komisi yang Anda peroleh. Ini membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan yang besar, terutama jika Anda berhasil menarik banyak pelanggan. Jadi tunggu apalagi? Daftar menjadi Affiliate Sales Agent dan dapatkan banyak keuntungan!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel