Home » Bisnis » Waste Management: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

Waste Management: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

Waste Management System

Pertumbuhan Indonesia yang kian semakin pesat menimbulkan isu berau terhadap dampak lingkungan di sekitar. Karena itu, hadir lah sistem baru yang disebut waste management sebagai salah satu solusi untuk sebuah perusahaan dapat berkomitmen meningkatkan program keberlanjutan dalam jangka panjang.

Sistem ini memungkinkan suatu aktivitas produksi bisa lebih terkelola dengan memperhatikan dampak pencemaran lingkungan yang bisa terjadi. Berikut simak pembahasan lebih lanjut terkait waste management.

Pengertian Waste Management

Waste Management adalah sebuah sistem yang terdiri dari serangkaian prosedur, teknik, dan pendekatan untuk mengumpulkan, mengolah, dan mendaur ulang limbah. Cara ini dilakukan dengan efisien sehingga bisa menciptakan proses produksi terhadap suatu barang menjadi lebih ramah lingkungan.

Sistem ini memiliki tujuan untuk mencegah timbulnya dampak negatif terhadap limbah yang bisa membahayakan kesehatan manusia, kehidupan sosial, termasuk lingkungan. Penerapan model bisnis ini juga tidak hanya berfokus pada pengumpulan dan pembuangan sampah, tetapi mencakup beberapa kegiatan seperti:

Penyortiran sampah: Memisahkan sampah berdasarkan jenisnya untuk memudahkan proses pengolahan dan daur ulang limbah.

Pengurangan sampah: Mendorong penggunaan produk yang ramah lingkungan sebagai upaya pengurangan sampah.

Pengolahan sampah: Mengubah limbah sampah menjadi bahan baku yang dapat dijadikan sumber energi.

Pemanfaatan kembali: Memanfaatkan kembali limbah sampah untuk keperluan lain seperti kreasi botol bekas untuk dekorasi rumah, pot tanaman, dan lain-lain.

Daur ulang: Mengubah limbah sampah diolah menjadi produk yang memiliki nilai harga untuk digunakan kembali.

 

Baca Juga: Supply Chain Management: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Manfaat

Contoh Penerapan Waste Management

Sejumlah perusahaan besar telah menerapkan sistem manajemen ini sebagai langkah inovatif untuk produk yang lebih ramah lingkungan. Berikut beberapa perusahaan yang menerapkan sistem waste management.

1. Unilever

Salah satu perusahaan terkemuka, Unilever memiliki visi untuk memastikan seluruh kemasan produk yang dimilikinya dapat didaur ulang. Perusahaan ini juga telah berinvestasi di berbagai negara dengan melakukan pemulihan bahan agar kemasan produk yang digunakan dapat diolah atau digunakan kembali.

2. IKEA

Perusahaan furniture asal Swedia ini berkomitmen untuk menghadirkan produk dengan sistem berkelanjutan. Salah satu inovasi mereka adalah menghadirkan program daur ulang matras untuk mendorong konsumen mengembalikan matras lama mereka saat membeli yang baru. Matras ini nantinya akan didonasikan atau didaur ulang untuk mengurangi jumlah limbah yang berdampak terhadap pencemaran lingkungan.

4. Apple

Apple memiliki inovasi untuk mengurangi limbah elektronik dengan menciptakan robot bernama “Daisy”. Robot ini mampu mendaur ulang iPhone lama untuk menggunakan kembali komponen yang masih berfungsi dengan baik. Melalui komitmen ini, Apple berupaya untuk mengurangi footprint limbah mereka.

5. Coca-Cola

Sebagai produsen minuman terbesar di dunia, Coca-Cola juga memiliki penerapan sistem waste management yang unik. Di mana perusahaan ini berkomitmen untuk mengumpulkan dan mendaur ulang botol atau kaleng. Dari sistem ini, mereka juga berinvestasi untuk menghadirkan teknologi daur ulang plastik sehingga bisa menghasilkan botol baru dari material daur ulang.

 

Baca Juga: Warehouse Management System: Contoh, dan Fitur-Fiturnya

Manfaat Waste Management

Penerapan sistem waste management tentu memberikan sejumlah manfaat baik bagi perusahaan ataupun keberlanjutan pada lingkungan dalam jangka panjang. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan Reputasi Brand

Manfaat pertama, tentunya perusahaan yang menerapkan sistem keberlanjutan ini memungkinkan bisa mendapatkan citra yang positif di mata konsumen. Mengingat era saat ini, semakin banyak konsumen yang sadar akan isu lingkungan bahkan proaktif dalam mendukung keberlanjutan lingkungan di masyarakat.

2. Menghemat Biaya

Daur ulang limbah dapat mengurangi konsumsi sumber daya sehingga bisa menghemat lebih banyak biaya produksi dalam jangka panjang. Seperti contoh penggunaan cetak kemasan menggunakan kertas daur ulang, sehingga bisa mengurangi biaya untuk membeli kertas baru.

3. Membuka Peluang Baru

Limbah sampah yang dikelola dengan baik, bisa menjadi sumber daya untuk menjadi produk baru. Hal ini tentu bisa membuka peluang bisnis tambahan bagi perusahaan untuk meningkatkan profit mereka dari penerapan sistem waste management.

4. Mematuhi Regulasi

Banyak negara saat ini semakin memperketat aturan mereka terkait pengelolaan limbah. Dengan menerapkan sistem waste management, ini dapat memastikan kepatuhannya terhadap peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku.

5. Meningkatkan Efisien Operasional

Sistem berkelanjutan ini dapat membantu perusahaan dalam mengendalikan produksi limbah. Tentunya, manfaat ini dapat membuat operasional menjadi lebih efisien dalam jangka panjang.

6. Memberikan Perlindungan Lingkungan

Salah satu manfaat dari menggunakan sistem waste management tentunya dapat memberikan perlindungan lingkungan. Keuntungan ini dapat mengurangi dampak negatif dengan menyediakan solusi yang aman untuk pengelolaan limbah lebih efisien.

7. Mengurangi Sumber Penyakit

Limbah yang tidak terkelola dengan baik dapat menimbulkan sumber penyakit dan masalah kesehatan. Dengan adanya penerapan sistem waste management, ini dapat membantu mengurangi risiko dengan menyediakan solusi yang aman untuk mengatasi limbah akibat produksi sampah.

Itu dia penjelasan apa itu waste management yang tentunya memberikan manfaat dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. Sistem ini sudah banyak diterapkan di berbagai perusahaan sehingga dapat meningkatkan operasional bisnis lebih efisien.

Dalam dunia logistik, penerapan waste management juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan jenis kemasan untuk pengiriman barang yang ramah lingkungan. Contohnya seperti Troben yang menyediakan layanan packaging untuk pengiriman kargo menggunakan kemasan ramah lingkungan seperti kardus dan kayu.

Dengan menggunakan packaging yang berkualitas, ini tidak hanya memastikan barang dikirim dengan aman, tetapi bisa juga mendukung keberlanjutan konsep yang ramah lingkungan. Yuk gunakan aplikasi kirim barang Troben untuk pengiriman barang makin ramah lingkungan sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel