Home » Seputar Logistik » Blockchain Logistik: Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungan

Blockchain Logistik: Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungan

Blockchain Logistik

Blockchain memiliki kaitan yang cukup erat dalam bidang logistik yang memudahkan pengusaha untuk memanfaatkan hal ini dalam pengiriman barang. Blockchain logistik tentunya berperan penting dalam mendukung operasional bisnis yang lebih efisien dan efektif.

Namun sayangnya, belum banyak yang begitu memahami cara kerja blockchain logistik dan keuntungannya. Berikut simak pembahasan seputar blockchain di industri logistik.

Pengertian Blockchain

Menurut International Business Machine (IBM), blockchain adalah informasi yang dapat diakses oleh beberapa pihak yang terlibat untuk mengetahui sebuah transaksi dalam bisnis. Tujuan penggunaan blockchain yaitu untuk memperoleh aset yang bisa dilihat secara fisik dan non fisik.

Contoh aset secara non fisik diantaranya seperti hak paten, brand, dan kekayaan intelektual. Sedangkan contoh aset fisik adalah berupa mobil, rumah, uang tunai, emas, dan lain-lain. Keberadaan blockchain, benda ini dapat diperdagangkan untuk mengurangi risiko dan biaya dalam sebuah bisnis.

 

Baca Juga: Reverse Logistik: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Kerja

Hubungan Blockchain dengan Logistik

Penggunaan teknologi pada blockchain dalam perusahaan logistik tentu dapat meningkatkan transparansi terhadap segala jenis transaksi dari pasokan. Dengan begitu, sistem distribusi logistik pun lebih mudah dalam pengawasan saat pengiriman aset.

Kehadiran blockchain dapat memantau pergerakan logistik secara efisien. Pihak yang terlibat juga dapat memastikan bahwa barang yang dikirim atau diterima sesuai dengan informasi data yang disampaikan.

Dalam industri logistik, sudah banyak penerapan yang menggunakan teknologi blockchain ini. Beberapa contoh penerapan blockchain dalam manajemen logistik pun sangat beragam, contohnya seperti transaksi menggunakan smart contact, pelacakan lokasi barang, verifikasi keaslian barang, perlindungan data, validasi dokumen, dan lain-lain.

Cara Kerja Teknologi Blockchain Logistik

Alur kerja blockchain dapat membuat pengelolaan rantai pasokan menjadi lebih efektif dan efisien. Lantas seperti apa gambaran cara kerja penggunaan teknologi blockchain logistik?

Pertama, dari pihak pemilik usaha, distributor, dan konsumen menggunakan smart contact yang bekerja untuk otomasi verifikasi untuk mencegah adanya campur tangan dari pihak ketiga selama proses transaksi. Baru setelah itu, barang akan diserahkan kepada distributor.

Transaksi yang berbentuk nominal uang, akan langsung tercatat di bank, sedangkan transaksi uang atau pengiriman barang akan tercatat di bea cukai. Setelah semua transaksi tercatat, distributor akan mengirimkan barang ke konsumen.

Namun sebelum barang tiba ke tangan konsumen, barang tersebut akan dicek terlebih dahulu oleh bea cukai. Seluruh barang yang sudah dicek oleh bea cukai, maka akan dikirim langsung ke konsumen.

Dalam proses ini, teknologi blockchain dapat membantu seluruh pihak untuk melacak semua proses pengiriman dari awal hingga akhir secara real time. Ini juga memudahkan penerima dapat memperkirakan estimasi waktu barang akan sampai.

Keuntungan Blockchain Logistik

Teknologi blockchain memberikan banyak keuntungan dalam aktivitas logistik. Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan dari blockchain logistik.

1. Cepat dan Efisien

Tanpa adanya blockchain, mungkin operasional logistik akan menimbulkan sejumlah masalah mulai dari verifikasi transaksi barang hingga menunggu penjemputan barang.. Sebaliknya, dengan adanya blockchain, ini memudahkan Anda dalam memproses pengiriman barang yang jauh lebih cepat dan efisien.

2. Cegah Risiko Penipuan

Blockchain telah dilengkapi dengan sistem yang dapat memverifikasi serta pelacakan pengiriman barang. Sistem ini tentunya dapat mencegah tindakan penipuan ataupun kehilangan akibat oknum tidak bertanggung jawab.

3. Biaya Terjangkau

Teknologi blockchain dapat meminimalisir adanya biaya-biaya tambahan akibat aksi pungli yang dilakukan sekelompok oknum. Keuntungan ini, tentu pihak yang terlibat dalam proses pengiriman tidak akan bertemu dengan pihak yang bisa mengganggu proses transaksi.

3. Pengelolaan Rantai Pasokan yang Optimal

Blockchain juga mampu mengoptimalkan pengelolaan rantai pasokan dengan sistem teknologi yang canggih untuk melacak status pengiriman barang. Data yang tersimpan ini juga berguna untuk menghindari gangguan saat pengiriman logistik.

 

Baca Juga: Aggregator Logistik : Pengertian, Jenis Layanan, dan Manfaat

4. Transparansi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, blockchain menyediakan data secara real time terhadap perjalanan produk sehingga proses pengiriman lebih transparan dan tidak dapat diubah hingga konsumen akhir. Dengan begitu, seluruh pihak yang terlibat pun dapat memastikan pelacakan dilakukan secara akurat dan meningkatkan visibilitas logistik barang.

5. Keamanan Lebih Terjamin

Sifat blockchain logistik tidak dapat diubah sehingga dapat membantu mencegah dari tindakan penipuan atau manipulasi untuk melindungi keamanan terhadap transaksi keuangan dan faktor lainnya. Itu berarti, penerapan blockchain logistik juga bisa meningkatkan keamanan yang lebih terjamin.

6. Proses Bea Cukai Lebih Cepat

Blockchain dapat melancarkan proses bea cukai lebih cepat dalam verifikasi data secara real time kepada pihak berwenang. Hal ini tentu dapat mengurangi penundaan sehingga pengiriman barang lebih cepat dan efisien. Keuntungan ini tentu akan berdampak terhadap operasi yang lebih lancar serta meningkatkan efisiensi dalam logistik perdagangan global.

7. Peningkatan Kolaborasi

Blockchain menjangkau fasilitas kolaborasi antara semua pihak yang terlibat dari satu sumber kebenaran. Sistem ini dapat meningkatkan koordinasi data di seluruh jaringan sehingga memastikan bahwa seluruh pihak memiliki akses informasi yang akurat untuk mendukung operasi lancar.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu blockchain logistik yang perlu Anda pahami dalam operasional logistik. Istilah ini penting untuk dipahami agar bisa menjamin keamanan Anda dalam transaksi kirim barang.

Jika Anda ingin mengirim barang dengan sistem keamanan yang terjamin seperti blockchain, Troben menghadirkan layanan sesuai kebutuhan Anda. Jasa pengiriman barang berbasis aplikasi ini menghadirkan fitur pelacakan barang secara real time sehingga memudahkan Anda untuk memantau status pengiriman secara akurat. Yuk, unduh aplikasi kirim barang hanya di Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel