Home » Seputar Logistik » Voyage Adalah: Pengertian, Jenis, dan 5 Peran Pentingnya!

Voyage Adalah: Pengertian, Jenis, dan 5 Peran Pentingnya!

Pengertian dan jenis Voyage Adalah

Voyage adalah istilah yang sering Anda dengar dalam industri pelayaran baik dalam perjalanan domestik ataupun internasional. Transportasi laut seperti kapal tentunya tidak hanya membawa penumpang ataupun kargo, tetapi menghubungkan juga fasilitas perdagangan internasional dari berbagai negara.

Dari sini, voyage memiliki peran penting dalam menjaga aliran barang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi secara global. Oleh karena itu, penting sekali memahami lebih dalam terkait istilah voyage dalam industri pelayaran.

Pengertian Voyage Adalah?

“Voyage” berasal dari bahasa Perancis yang berarti perjalanan. Pengertian voyage sebenarnya merujuk pada perjalanan suatu kapal dari pelabuhan tempat keberangkatan ke pelabuhan lainnya. Selain itu, istilah ini juga banyak digunakan untuk menggambarkan pengangkutan barang melalui laut.

Konsep ini mencakup seluruh proses perjalanan kapal meliputi perencanaan rute, navigasi laut, pemuatan kargo, dan tiba di destinasi akhir. Voyage mencakup ke beberapa aspek yang secara keseluruhan dapat memastikan operasi kapal dan pengiriman logistik berjalan dengan lancar.

Jenis-jenis Voyage

Dalam dunia pelayaran, voyage terdiri dari beberapa jenis yang umum digunakan, yaitu adalah sebagai berikut:

1. Liner Voyage

Liner Voyage adalah layanan perjalanan yang menghubungkan kapal ke beberapa pelabuhan secara terjadwal. Kapal ini nantinya akan berangkat dan tiba ke pelabuhan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Jenis pelayaran ini juga dapat melayani pengangkutan barang dari berbagai pengirim. Untuk biaya sewanya dihitung berdasarkan besaran volume barang yang diangkut ke dalam kapal.

2. Voyage Charter

Jenis pelayaran ini adalah kapal yang melakukan kontrak untuk sewa dalam satu atau beberapa waktu perjalanan. Masing-masing pihak antara pengguna jasa (charterer) dan pemilik kapal memiliki tanggung jawab masing-masing.

Seorang charterer nantinya dapat menentukan muatan dan rute pelayaran, sedangkan pemilik kapal bertanggung jawab dalam pengoperasian kapal. Adapun terkait biaya sewa, voyage charter ini dihitung berdasarkan jumlah muatan untuk seluruh perjalanan.

3. Trip Voyage Charter

Jenis pelayaran selanjutnya adalah trip voyage charter, yang lebih spesifik dari jenis voyage sebelumnya. Jenis ini lebih cocok digunakan untuk pengangkutan barang dengan volume yang lebih besar.

Meski begitu, jenis rute pada voyage ini cukup teratur dengan menentukan jumlah muatan minimum dan maksimum secara jelas. Itu mengapa alasan jenis voyage ini lebih spesifik dibandingkan voyage charter.

4.Consecutive Voyage Charter

Jenis ini melibatkan serangkaian perjalanan layar yang dilakukan secara berurutan. Tahap perjalanan ini meliputi charter party, yaitu perjanjian sewa yang menentukan jumlah dan rute pelayaran.

Kemudian disertai juga periode waktu pelaksanaannya dalam beberapa waktu tertentu. Adapun biaya sewa jenis ini pada voyage adalah berdasarkan jumlah rute perjalanan yang dilakukan.

5. Round Voyage Charter

Jenis perjalanan ini merupakan perjalanan kapal yang dilakukan saat pulang dan pergi. Di mana cara kerja kapal voyage adalah dengan mengangkut muatan dari pelabuhan muat ke pelabuhan bongkar.

Setelah itu, kapal akan kembali ke pelabuhan muat baik tanpa muatan ataupun dengan muatan baru. Untuk biaya sewanya dihitung berdasarkan perjalanan secara keseluruhan pulang dan pergi.

 

Baca Juga: Inbound Logistic Adalah: Pengertian, Proses, dan Cara Mengoptimalkannya

Peran Penting Voyage dalam Industri Pelayaran

Voyage adalah sesuatu hal yang memiliki peran penting sehingga tidak dapat dipandang sebelah mata terhadap suatu layanan. Peran ini, tentu memiliki dampak yang cukup signifikan dalam menggerakkan ekonomi global. Lantas, apa saja peran dalam voyage itu?

1. Distribusi Barang

Peran pertama dengan adanya voyage adalah mampu mendistribusikan barang secara efisien. Hal ini dikarenakan cara kerja pelayarannya yang bertanggung jawab dalam distribusi barang dari produsen ke konsumen di seluruh dunia.

Kemudian kapal ini nantinya akan melakukan perjalanan dari pelabuhan untuk mengangkut beberapa jenis barang. Peran ini juga bekerja untuk memastikan seluruh kebutuhan supply terpenuhi.

2. Konektivitas Antar Pelabuhan

Peran selanjutnya pada voyage adalah dapat memperkuat konektivitas antara berbagai pelabuhan di beberapa wilayah. Peran ini, memungkinkan pelabuhan dapat saling tukar barang ataupun layanan dan membuka peluang pasar secara global.

Adanya peran ini, tentu dapat meningkatkan aksesibilitas yang tinggi untuk mengencangkan pasar global. Sehingga, tidak hanya membuka peluang pasar lokal saja, tetapi bisa meningkatkan aksesibilitas terhadap pasar global.

3. Pertumbuhan Industri Pelayaran

Keberhasilan voyage adalah kunci untuk pertumbuhan industri pelayaran lebih meningkat. Sebab, kualitas pelayanan yang andal dan efisien akan terus meningkatkan permintaan konsumen.

Itu berarti, voyage juga memiliki peran dalam mendorong inovasi dan investasi terhadap teknologi dan infrastruktur dalam jangka panjang. Peran ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen mengandalkan perusahaan Anda.

4. Pertumbuhan Ekonomi Lokal

Penerapan voyage juga memberikan dampak secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat di sekitar pelabuhan. Dampak ini juga berpotensi terhadap peluang lapangan kerja lebih besar pada sektor-sektor terkait di komunitas setempat.

 

Baca Juga: FOB Adalah: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Kewajibannya

5. Perdagangan Internasional

Tidak hanya merangsang pertumbuhan ekonomi skala nasional, perjalanan kapal antara negara juga bisa memperkuat pondasi pada perdagangan internasional. Hal ini dikarenakan peran pada voyage mampu memfasilitasi pendistribusian barang antar negara dan mendorong pertukaran ekonomi antar bangsa yang tentunya dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Dari penjelasan artikel ini, dapat diketahui voyage adalah istilah yang memiliki peran penting dalam industri pelayaran. Aktivitas ini tidak hanya transportasi barang, tetapi juga dapat memberikan dampak secara luas hingga skala ekonomi internasional.

Pertumbuhan industri pelayaran pun akan semakin kuat dan mensejahterakan ekonomi masyarakat di sekitar. Perjalanan kapal ini menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi global dalam jangka panjang.

Butuh pengiriman menggunakan moda transportasi laut? Troben bisa menjadi salah satu pilihan yang menyediakan layanan pengiriman via kapal laut. Dapatkan informasi lengkap tentang jasa pengiriman barang terjangkau hanya di Troben.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel