Home » Seputar Logistik » Ekspedisi Kapal Laut : Pengertian dan Keuntungannya

Ekspedisi Kapal Laut : Pengertian dan Keuntungannya

ekspedisi kapal laut

Bagi Anda yang terbiasa melakukan pengiriman barang, tentunya sudah tak asing lagi dengan ekspedisi kapal laut. Dalam mengirimkan barang, perusahaan logistik menawarkan tiga jalur pengiriman yaitu jalur darat, jalur laut, dan juga jalur udara.

Jalur laut jadi favorit banyak orang karena biasanya melayani pengiriman hingga ke daerah ke pelosok-pelosok wilayah yang hanya bisa dijangkau melalui jalur laut. Selain itu, pengiriman menggunakan kapal laut juga sangat efektif karena kapal laut khusus kargo memiliki ukuran yang besar sehingga bisa mengangkut barang berjumlah banyak.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan ekspedisi kapal laut. Simak penjelasannya dibawah ini!

Apa Itu Ekspedisi Kapal Laut?

Ekspedisi kapal laut adalah layanan pengiriman barang melalui jalur laut menggunakan kapal sebagai moda transportasi utama. Layanan ini digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar atau dengan ukuran yang tidak memungkinkan untuk dikirim melalui udara atau darat.

Ekspedisi kapal laut memiliki beberapa keunggulan, antara lain biaya yang lebih ekonomis dan kapasitas angkut yang besar, sehingga cocok untuk pengiriman barang berat dan dalam jumlah besar.

Proses ekspedisi kapal laut melibatkan beberapa tahapan, mulai dari pengemasan barang, pengangkutan ke pelabuhan, penanganan dokumen pengiriman, hingga pemuatan barang ke kapal. Setelah barang tiba di pelabuhan tujuan, dilakukan proses bongkar muat, pengurusan bea cukai, dan distribusi barang ke alamat penerima.

Jenis barang yang sering dikirim melalui ekspedisi kapal laut meliputi bahan baku industri, produk pertanian, kendaraan, peralatan berat, dan barang-barang konsumsi lainnya. Selain itu, ada dua jenis pengiriman utama dalam ekspedisi kapal laut, yaitu FCL (Full Container Load) dan LCL (Less than Container Load). FCL berarti pengirim menyewa satu kontainer penuh untuk barangnya, sedangkan LCL berarti barang pengirim akan digabung dengan barang dari pengirim lain dalam satu kontainer.

Baca Juga : 10 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Aman dan Terpercaya!

Keuntungan Menggunakan Ekspedisi Kapal Laut

Ekspedisi kapal laut menjadi pilihan banyak orang karena menawarkan banyak keuntungan, seperti : 

1. Tarif Pengiriman Lebih Hemat

Salah satu keuntungan utama menggunakan ekspedisi via kapal laut adalah tarif pengiriman yang lebih hemat dibandingkan dengan moda transportasi lainnya misalnya pengiriman via udara. 

Biaya pengiriman melalui laut lebih hemat karena kapasitas angkut yang besar dan efisiensi bahan bakar kapal. Hal ini membuat pengiriman barang dalam jumlah besar lebih ekonomis.

2. Bisa Kirim Barang dalam Jumlah Besar dan Banyak

Ekspedisi via kapal laut memungkinkan pengiriman barang dalam jumlah besar dan banyak. Kapal memiliki kapasitas muat yang sangat besar, memungkinkan pengiriman barang berat atau dalam volume besar yang tidak praktis atau terlalu mahal jika menggunakan transportasi udara atau darat. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang membutuhkan pengiriman barang dalam skala besar.

3. Melayani Pengiriman Semua Jenis Barang

Dengan ekspedisi kapal laut, hampir semua jenis barang dapat dikirim, mulai dari bahan baku industri, produk jadi, peralatan berat, hingga kendaraan. Kapal laut juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menangani barang-barang khusus, seperti kontainer berpendingin untuk barang yang mudah rusak, atau tangki khusus untuk cairan dan gas.

4. Lebih Aman

Pengiriman melalui kapal laut cenderung lebih aman untuk barang-barang yang rentan terhadap kerusakan. Proses pemuatan dan pembongkaran yang dilakukan di pelabuhan biasanya lebih terkontrol dan profesional. Selain itu, kontainer yang digunakan untuk mengirim barang juga memberikan perlindungan ekstra terhadap cuaca dan kondisi eksternal lainnya.

5. Pengiriman Antar Pulau Lebih Efisien

Di negara kepulauan seperti Indonesia, ekspedisi via kapal laut merupakan solusi yang efisien untuk pengiriman antar pulau. Jaringan pelabuhan yang luas dan terhubung dengan baik memungkinkan distribusi barang ke berbagai wilayah dengan cepat dan efisien. Hal ini membantu memperlancar arus barang dan mendukung kegiatan ekonomi di berbagai daerah.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Ongkir Semua Ekspedisi JNE, J&T & Troben

Troben Melayani Ekspedisi via Kapal Laut Dengan Tarif Hemat

Saat ini mencari perusahaan cargo yang melayani ekspedisi via kapal laut tidaklah sulit, karena Troben hadir dengan layanan ekspedisi kapal laut yang aman, murah, dan terpercaya. Troben merupakan perusahaan cargo berbasis aplikasi nomor satu di Indonesia. Kami melayani pengiriman via darat dan juga via laut. 

Untuk melakukan ekspedisi kapal laut, kami menggunakan Kapal RoRo dan juga Kapal Kargo. Pengiriman via kapal laut kami memberikan tarif pengiriman yang lebih hemat. Anda akan merasakan banyak keuntungan ketika melakukan ekspedisi via kapal laut bersama Troben seperti layanan door to door, TKBM, asuransi pengiriman, tracking secara real time. 

Cek Ongkir Ekspedisi Kapal Laut di Troben 

Untuk melakukan ekspedisi via kapal laut bersama Troben, penting bagi Anda mengetahui tarif pengirimannya terlebih dahulu. Dengan mengetahui berapa besaran ongkir yang dibutuhkan, tentu Anda bisa memperkirakan pengeluaran yang dibutuhkan.

Troben hadir dalam bentuk aplikasi, dimana memudahkan customer yang ingin pesan ekspedisi kapal laut, melakukan pelacakan barang selama pengiriman dan juga cek ongkirnya.

Berikut ini adalah cara cek ongkir ekspedisi kapal laut melalui aplikasi kirim barang Troben, seperti : 

  • Unduh aplikasi pengiriman barang Troben di Play Store atau App Store 
  • Setelah aplikasi terpasang, silahkan buat akun dan lakukan verifikasi
  • Untuk cek ongkir Anda bisa klik menu “Cek Tarif”
  • Kemudian, untuk melakukan ekspedisi kapal laut saat mengirimkan barang, pilih layanan Troben Cargo. 
  • Selanjutnya, tinggal masukkan alamat penjemputan barang dan tujuan pengiriman barang.
  • Terakhir, silahkan klik tombol “Cek Tarif”, maka sistem kami akan memberikan estimasi pengirimannya.

Bersama Troben ekspedisi kapal laut pasti lebih mudah dari aplikasi, dan juga tarif lebih hemat. Bagi Anda yang ingin melakukan ekspedisi kapal laut misalnya ekspedisi Jakarta Makassar, menggunakan jasa ekspedisi kapal laut dari kami jadi pilihan yang tepat. Dapatkan banyak keuntungannya dengan mengunduh aplikasi kirim barang Troben dan lakukan pemesanan sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel