Home » Seputar Logistik » Container Yard: Pengertian, Manfaat, dan Jenis

Container Yard: Pengertian, Manfaat, dan Jenis

Container Yard

Container yard merupakan sebuah tempat penyimpanan peti kemas untuk melakukan aktivitas bongkar muat dan susunan peti dengan rapi. Penyusunan peti ini biasanya dilakukan secara menumpuk dengan menggunakan side loader atau top loader.

Penggunaan container yard biasanya diletakkan di dekat pelabuhan, berdekatan dengan jalur transportasi utama dan pusat logistik. Lantas apa pengertian dari alat ini? Berikut simak penjelasan lebih lengkapnya!

Pengertian Container Yard

Container yard adalah fasilitas atau layanan penyimpanan container di pelabuhan meliputi aktivitas bongkar muat barang atau logistik. Sesuai dengan deskripsinya, fungsi dari penggunaannya adalah untuk menjadi tempat penyimpanan sehingga distribusi peti kemas dana terkelola untuk diangkut ke beberapa daerah.

Layanan dari tempat ini adalah untuk mengorganisir penyimpanan seluruh kontainer agar lebih aman. Dan ketika kapal sudah tiba, kontainer akan diangkut menggunakan alat berat seperti crane atau forklift.

Kontainer yang sudah berada di dalam yard nantinya akan diperiksa, kemudian dikelompokkan, dan ditata secara rapi. Hal ini agar proses pengangkutan selanjutnya akan lebih mudah sesuai dengan tujuan pengiriman barang.

Manfaat Container Yard

Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, container yard juga memiliki beberapa manfaat dalam proses pengiriman logistik. Apa saja itu?

1. Proses Transhipment

Tempat penyimpanan ini banyak digunakan menjadi titik transhipment untuk memudahkan perpindahan barang dari berbagai jalur. Sehingga proses perpindahan ini akan berjalan dengan efisien.

2. Penyimpanan Sementara

Manfaat lainnya berguna sebagai tempat penyimpanan sementara pada saat barang dalam proses pengiriman. Ini menjadi salah satu kelebihan agar barang terlindungi dari kerusakan atau kehilangan.

3. Lebih Efisien

Proses penataan kontainer akan lebih terstruktur dan rapi sehingga dapat diakses dengan mudah untuk pengiriman selanjutnya. Tentunya, proses pengiriman barang akan jauh lebih efisien dengan memanfaatkan tempat penyimpanan di kapal.

4. Terorganisir

Penggunaan kontainer biasanya akan dikelompokkan berdasarkan kategori, jenis, hingga tujuan pengirimannya. Tentu ini akan memudahkan Anda untuk identifikasi barang ketika akan dipindahkan ke moda transportasi selanjutnya.

Jenis-Jenis Container Yard

Macam-macam container tentu dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan barang. Adapun jenis-jenis dari container yard adalah.

1. Stacking Yard

Stacking Yard adalah jenis container yang paling umum digunakan dalam kebutuhan logistik dengan transportasi kapal laut. Nantinya, container akan ditempatkan ke dalam tumpukan secara berurutan dengan menggunakan bantuan alat berat untuk diderek.

Penggunaan stacking yard sebenarnya tidak hanya digunakan pada transportasi kapal saja. Beberapa pengiriman yang menggunakan truk dan kereta api juga bisa menggunakan container untuk ditempatkan di stacking yard.

2. Empty Container Yard

Empty container yard digunakan untuk menyimpan kontainer kosong yang sedang tidak digunakan untuk mengangkut muatan barang. Jenis kontainer ini biasanya menunggu pengiriman untuk menuju pelanggan.

3. Specialized Yard

Specialized yard adalah kontainer untuk mengangkut barang berat yang memiliki dimensi khusus. Karena risiko dari penggunaan kontainer ini cukup berbahaya, oleh karena itu, tempat ini dilengkapi dengan keamanan serta efisiensi penyimpanan sebagai persyaratan khusus.

4. Reefer Yard

Jenis kontainer selanjutnya adalah reefer yang memiliki fungsi untuk mengangkut dengan suhu ruang tertentu. Alat penyimpanan ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas listrik ataupun sistem pendingin.

Penggunaan container ini banyak dimanfaatkan pada kebutuhan penyimpanan makanan atau produk-produk yang memerlukan suhu terkendali. Dengan menggunakan reefer yard, ini dapat menjaga suhu ruang tetap stabil.

Baca Juga: Stripping Container: Pengertian, Fungsi, dan Prosedur

Jenis Kontainer yang Biasa Disimpan di Container Yard

Tidak semua jenis kontainer akan menggunakan container yard. Ada pun beberapa jenis kontainer yang biasa menggunakan alat penyimpanan ini adalah sebagia berikut:

1. Dry Storage

Jenis kontainer selanjutnya adalah dry storage yang banyak digunakan dalam pengiriman barang ekspedisi kargo. Container ini berfungsi untuk mengirim barang bersifat kering dan kargo curah air.

Ukuran yang tersedia pada jenis kontainer dry storage pun cukup beragam mulai dari 10-40 feet dengan desain standar ISO. Desain ini dibuat dengan tertutup dan tahan di berbagai cuaca sehingga memiliki bahan yang kaku dan kuat.

2. Flat Rack

Jenis kontainer ini memiliki sisi yang bisa dilipat sehingga membentuk rak yang datar. Ukuran flat rack ini berkisar 40 feet dan mampu menampung berat hingga 40 metrik ton kargo.

Sifatnya yang sangat kokoh, jenis flat rack banyak digunakan untuk pengiriman barang berat dan berukuran besar. Beberapa contohnya seperti kendaraan truk, alat berat, gulungan besar, dan material konstruksi.

3. Tunnel

Tunnel seringkali digunakan dalam pengiriman barang kering ataupun cair. Jenis kontainer ini juga sudah biasa disimpan di container yard dan dirancang memiliki pintu dari dua sisi.

Kontainer ini memiliki dua pintu pada sisi depan dan sisi belakang sehingga tampilan dalamnya menyerupai lorong. Tujuannya adalah agar proses pemindahan barang keluar masuk lebih mudah.

4. Open Side Storage

Sesuai dengan namanya, kontainer ini memiliki bagian sisi samping yang bisa dibuka. Desain ini dapat memudahkan Anda untuk mempercepat bongkar muatan barang lebih efisien.

Adapun beberapa ukuran tipe One side storage adalah yang memiliki ukuran dari 20-40 feet. Biasanya penggunaan jenis kontainer ini banyak digunakan dalam mengangkut barang besar yang sulit digerakkan.

 

Baca Juga: Mengenal Apa itu Container Beserta Jenisnya!

5. Refrigerated ISO Container

Refrigerated ISO Container banyak digunakan dalam pengiriman barang dengan suhu rendah. Ukuran yang tersedia hanya 20 dan 40 feet yang terbuat dari bahan cor steen steal. Jenis kontainer ini sangat cocok untuk pengiriman bahan baku seperti daging, sayur-sayuran, buah-buahan, dan lain-lain.

6. Open Top

Open top adalah kontainer dengan sisi atas yang terbuka sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pengiriman barang. Proses memasukkan barang ke kontainer ini pun dilakukan dengan bantuan derek.

Ukuran jenis ini hanya tersedia 2 macam yaitu 20 feet dan 40 feet. Jenis kontainer ini dilengkapi beberapa cincin pada bagian atas dan bawah di setiap sudut agar tidak mudah bergeser.

7. Double Doors

Kontainer ini memiliki ruang yang cukup luas untuk menyimpan material seperti besi dan baja panjang. Pada bagian ujung dan samping pintu juga sudah dilengkapi sistem pengaman untuk memastikan bongkar muat barang tidak bermasalah. Ukuran yang tersedia untuk jenis kontainer double doors yaitu 20 dan 40 feet.

8. Thermal Containers

Kelebihan dari thermal containers adalah mampu menjaga suhu dengan optimal baik saat dingin ataupun panas. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kontainernya yang dibuat menggunakan bahan berkualitas dan telah masuk standarisasi ISO.

Kontainer ini sudah biasa disimpan di container yard untuk menyimpan berbagai kebutuhan barang kiriman. Contoh-contoh barang yang diangkut menggunakan alat ini seperti makanan, darah, obat-obatan, dan lain-lain.

Demikian penjelasan tentang apa itu container yard serta manfaat dan jenis-jenisnya. Alat penyimpanan ini rupanya memiliki peran yang penting untuk memastikan pengiriman barang tetap aman dan terhindar dari kerusakan.

Jika Anda ingin melakukan pengiriman barang melalui transportasi laut, penggunaan container sangat disarankan untuk memastikan barang tetap aman selama perjalanan. Troben bisa menjadi solusi untuk pengiriman yang aman bagi melalui transportasi darat dan laut.

Dilengkapi dengan layanan asuransi, Troben bisa memberikan perlindungan untuk mencegah kerusakan dan kehilangan pada barang. Download aplikasi kirim barang hanya di Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel