Pernikahan adalah sebuah acara yang besar dan sakral. Oleh karena itu, dalam menggelar acara pernikahan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Seringkali pasangan calon pengantin kewalahan dalam mempersiapkan acara mereka, biasanya disebabkan karena kesibukan bekerja sehingga mereka mencari vendor wedding organizer.
Wedding organizer merupakan tim yang mempunyai tugas membantu memastikan acara berlangsung sesuai rencana. Seseorang yang berprofesi sebagai WO harus mempunyai beberapa skill yang dibutuhkan dalam mengelola acara pernikahan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis wedding organizer, cari tahu kemampuan apa saja yang diperlukan dalam artikel berikut ini.
Table of Contents
ToggleApa Itu Wedding Organizer?
Sebelum membahas apa saja skill yang harus dimiliki oleh seorang wedding organizer, mari bahas terlebih dahulu secara lengkap apa itu wedding organizer?
Wedding Organizer merupakan seseorang atau tim yang mempunyai tanggung jawab untuk mengatur jalannya sebuah acara pernikahan.
Wedding organizer harus memastikan seluruh rangkaian acara pernikahan berjalan dengan lancar mulai dari akad hingga resepsi berlangsung. Tim WO ini bekerja beberapa bulan atau bahkan beberapa minggu sebelum acara pernikahan klien.
WO tidak bertanggung jawab untuk mengatur budget pernikahan dan juga perencanaan awal mulai dari pemilihan dekorasi, tema, dan lain sebagainya.
Apa Saja Tugas Wedding Organizer?
Dengan melihat penjelasan tentang wedding organizer dimana tanggung jawabnya adalah memastikan rangkaian acara pernikahan berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah berbagai tugas lainnya yang biasa dilakukan oleh seorang WO, diantaranya :
- Seorang WO biasanya akan bertemu pasangan calon pengantin untuk membahas kebutuhan apa saja yang diperlukan saat hari pernikahan datang.
- WO bertugas untuk menentukan jadwal pertemuan dengan vendor yang terlibat dalam acara dan juga calon pengantin untuk membahas secara spesifik acaranya yang akan digelar.
- WO mempunyai tugas memberikan saran kepada calon pengantin mengenai berbagai aspek saat acara.
- WO membantu membuatkan jadwal acara dan juga denah acara dengan terperinci.
- Selain itu, mereka juga bertugas melakukan koordinasi dengan beberapa pihak seperti pihak catering, dokumentasi, hiburan, dan lainnya.
- WO membantu gladi resik atau acara sebelum pernikahan berlangsung.
- Supaya tidak ada yang terlewat, maka WO bertugas untuk cek kelengkapan atau kondisi lokasi acara pernikahan.
- Tugas WO selanjutnya adalah mengawasi semua hal saat acara berlangsung.
- Tugas WO yang terakhir adalah membantu menyelesaikan masalah yang ada ketika acara berlangsung.
Baca Juga : Kenali 7 Jenis Karangan Bunga untuk Memulai Bisnis Florist!
Skill yang Harus Dimiliki Wedding Organizer
Setelah mengetahui pengertian dan tugas dari seorang wedding organizer. Dalam mengatur dan mengelola sebuah acara pernikahan, seorang WO harus mempunyai beberapa skill untuk mendukung, seperti :
1. Komunikasi
Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang, tak terkecuali seorang wedding organizer. Kemampuan berkomunikasi menjadi skill yang harus dimiliki karena mereka akan bertemu dengan klien yang berbeda-beda.
Setiap calon pasangan pengantin mempunyai keinginan dan karakter yang berbeda-beda. Untuk itu, berkomunikasi dengan baik adalah faktor penting memahami keinginan klien. Bukan hanya komunikasi kepada calon pengantin saja, seorang WO juga harus bisa berkomunikasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam acara seperti musisi, tim dokumentasi, catering, dekorasi dan lainnya.
Dengan komunikasi yang baik, sebuah acara bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun.
2. Manajemen
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tugas seorang WO adalah mengelola jalannya pernikahan. Untuk itu, kemampuan manajemen menjadi skill yang penting dimiliki. Kemampuan mengatur ini meliputi manajemen waktu, manajemen tim sampai dengan manajemen perlengkapan yang diperlukan ketika acara.
Wedding Organizer biasanya terdiri dari beberapa orang, untuk itu kemampuan manajemen tim ini berguna ketika pembagian tugas sehingga masing-masing tim paham apa saja yang harus dilakukan.
Kemampuan manajemen yang baik akan membantu setiap detail acara rapih dan terstruktur seperti lokasi, daftar tamu, stok makanan untuk tamu dan lainnya.
3. Kerjasama
Wedding Organizer berhubungan erat dengan kerjasama tim. Oleh karena itu kemampuan kerjasama mutlak diperlukan. Dalam menjalankan tugasnya, WO bekerja secara tim dan tiap anggota mempunyai tanggung jawabnya masing-masing.
Dengan kerjasama antar tim yang baik, tentu acara akan berlangsung dengan baik pula, dan klien akan senang.
4. Problem Solving
Dalam sebuah acara pernikahan, tentu tak lepas dari masalah yang tiba-tiba muncul diluar kendali. Meskipun semua hal sudah dipersiapkan dengan matang, namun ada saja masalah muncul di luar rencana.
Ketika masalah ini muncul, maka tugas seorang WO adalah menyelesaikannya. Untuk itu, kemampuan menyelesaikan masalah menjadi skill yang harus dimiliki.
Baca Juga : Ingin Memulai Bisnis Event Organizer? Cek Tipsnya Disini!
Solusi Pengiriman Barang Vendor Wedding Organizer bersama Troben
Dengan banyaknya acara pernikahan, bisnis WO menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Seorang WO memang tidak berpatokan pada jurusan tertentu, namun biasanya seseorang yang mempunyai kemampuan dalam mengelola acara akan mudah memulai bisnis ini.
Bila Anda ingin memulai usaha WO, tentunya perlu bekerjasama dengan pihak-pihak terkait salah satunya dengan vendor dekorasi. Troben memberikan penawaran untuk membantu pengiriman dekorasi pernikahan dengan aman dan nyaman.
Kami menawarkan tarif yang hemat dengan pilihan armada truk terlengkap. Jasa sewa truk kami bernama Troben Truk menjadi solusi pengiriman paling aman. Selain untuk pengangkutan barang dekorasi dan perlengkapan nikah, kami juga melayani pengiriman barang pindahan dan angkutan barang bisnis.
Pesan jasa sewa truk kami juga mudah, Anda cukup download aplikasi sewa truk Troben, lalu pilih layanan Troben Truk. Untuk informasi lainnya, Anda bisa bertanya ke CS kami melalui nomor 081399000000.