Home » Seputar Logistik » Linehaul: Pengertian, Tujuan, dan Keuntungan

Linehaul: Pengertian, Tujuan, dan Keuntungan

Pengertian dan tujuan linehaul.

Aktivitas ekspedisi memiliki proses pergerakan yang melibatkan berbagai transportasi baik di darat, laut, dan udara. Istilah ini disebut sebagai linehaul yang sudah tidak asing dalam pergerakan logistik.

Bagi Anda yang tidak akrab dengan dunia ekspedisi mungkin cukup asing ketika mendengar istilah satu ini. Padahal, istilah ini penting sekali untuk dipahami agar bisa mengetahui bagaimana cara kerja perpindahan atau pergerakan suatu barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan apa itu linehaul mulai dari pengertian, tujuan, hingga keuntungan yang bisa didapatkan. Simak penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah berikut ini!

Pengertian Linehaul

Linehaul mengacu pada suatu pengangkutan barang dari satu titik ke titik lainnya melalui jalur laut, darat, maupun udara. Pergerakan ini meliputi proses perpindahan barang ke beberapa lokasi dengan volume muatan barang yang bervariasi.

Istilah ini banyak digunakan dalam industri logistik untuk proses pengiriman barang jarak jauh. Di mana pergerakan ini juga sering dipakai pada pusat distribusi atau pusat penyortiran barang.

Dari definisi ini dapat disimpulkan linehaul adalah proses pengiriman dan perpindahan dari lokasi asal menuju tujuan. Operator yang bertanggung jawab memastikan seluruh operasi pengangkutan barang antar lokasi dalam lintas jarak pandang.

Dalam hal ini, operator memiliki kendali secara penuh dalam mengoperasikan armada transportasi meliputi jadwal dan waktu transit. Peran operator tentu sangat penting agar pengiriman barang dapat terdistribusikan secara tepat waktu.

Tujuan Linehaul

Tujuan dari linehaul secara sederhana adalah untuk mengetahui pergerakan barang dari tempat asal menuju lokasi tujuan. Penggunaan rute pengiriman kargo ini tentunya akan menjadi lebih efisien dan tepat waktu secara signifikan

Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu adanya perencanaan alur yang efektif dalam menentukan penggunaan kendaraan. Ini juga mencakup koordinasi antara berbagai pihak agar pengiriman bisa cepat sampai sesuai perjanjian.

Teknologi dalam Linehaul

Sistem kerja linehaul mengandalkan beberapa teknologi canggih untuk bisa memantau pergerakan barang dari titik lokasi satu ke lokasi lain. Adapun beberapa jenis teknologi yang digunakan dalam pergerakan ini adalah sebagai berikut:

1. Sistem Tracking Barang

Teknologi pertama yang digunakan adalah sistem tracking untuk melakukan pelacakan serta pemantauan untuk memberikan informasi terkini terkait status pengiriman. Penggunaan teknologi ini sangat penting dalam aktivitas logistik sehari-hari.

Dengan menggunakan sistem GPS dan sensor pintar, ini memungkinkan pihak pengirim dapat memantau lokasi dan status kargo secara real-time. Tujuannya untuk memastikan pengiriman berjalan dengan lancar dan aman.

2. Manajemen Armada

Sistem armada merupakan peran yang sangat penting dalam menjaga performa efisiensi kendaraan agar bisa digunakan sesuai transportasi jalur. Teknologi ini mampu memberikan kontrol terhadap pemeliharaan preventif hingga pemantauan bahan bakar. Selain itu, sistem ini juga dapat mengoptimalkan manajemen pengemudi.

3. Optimasi Rute dan Manajemen Pengiriman

Teknologi ini menggunakan algoritma cerdas untuk mengoptimalkan rute perjalanan barang. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti jadwal pengiriman, cuaca, hingga arus lalu lintas.

Dengan melakukan optimasi rute pengiriman, ini dapat menghindari barang stuck berhenti di satu lokasi saja. Tentu teknologi ini sangat membantu untuk mengoptimalkan waktu perjalanan lebih efisien.

 

Baca Juga: Port of Loading: Pengertian dan Fungsinya dalam Logistik

Keuntungan Linehaul

Dengan adanya proses pengiriman barang, ini dapat meningkatkan efisiensi operasional logistik. Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan kehadiran linehaul ini. Apa saja itu?

1. Waktu Pengiriman Lebih Cepat

Pengangkutan barang secara umum menggunakan metode tertentu dengan melibatkan penggunaan jaringan transportasi yang lebih efisien. Pengiriman barang ini tentu mempunyai tahapan alur pengiriman secara matang dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti contoh, melakukan penjadwalan secara tertulis sehingga membuat alur pengiriman lebih teratur. Selain itu, penggunaan teknologi untuk optimasi pengiriman dengan mempertimbangkan jarak, lalu lintas, dan rencana rute pengiriman sehingga estimasi barang sampai lebih cepat dibandingkan menggunakan metode lainnya.

2. Efisiensi Biaya

Keuntungan pertama dengan adanya linehaul adalah memungkinkan pengeluaran biaya untuk pengiriman lebih efisien. Hal ini dikarenakan penggunaan sumber daya yang lebih optimal dengan menggabungkan beberapa kargo dari berbagai pelanggan hanya melalui satu perjalanan.

Dalam beberapa kasus, pengiriman kargo juga biasanya memiliki tarif khusus yang lebih terjangkau dibandingkan ekspedisi biasa. Sehingga proses pengiriman ini bisa menghemat biaya lebih besar untuk pengiriman barang dengan muatan besar ataupun jarak jauh.

3. Transparansi dan Visibilitas

Sistem pelacakan pada pengangkutan barang kargo diketahui lebih maju dibandingkan menggunakan ekspedisi biasa. Pemanfaatan teknologi ini menciptakan manajemen transportasi yang lebih transparan dan memberi visibilitas cukup tinggi untuk penerima maupun pengirim.

Keuntungan ini tentunya memudahkan Anda untuk dapat menginformasikan status pengiriman barang ke pelanggan secara akurat. Ini juga membuat proses identifikasi pengiriman barang menjadi lebih efektif.

4. Volume Pengiriman yang Beragam

Keuntungan dengan menggunakan linehaul selanjutnya adalah dapat melakukan pengiriman barang dengan berbagai volume muatan yang beragam. Pengiriman ini dapat disesuaikan dengan masing-masing volume serta bisa diatur dengan mudah. Jika permintaan kargo sedang naik, maka kapasitas pengiriman barang juga bisa ditingkatkan dengan menambahkan kendaraan atau layanan ekspedisi yang lebih besar.

 

Baca Juga: Proof of Delivery: Pengertian, Manfaat, dan Keuntungan

Demikian penjelasan tentang apa itu pengertian dari linehaul, tujuan, keuntungan yang bisa didapatkan dalam pengiriman logistik. Dengan mengandalkan teknologi yang canggih, tentu proses pengiriman barang ini bisa berjalan lebih cepat dan efisien.

Sebagai perusahaan kargo dan logistik berbasis aplikasi yang handal, Troben juga memiliki sistem linehaul yang unggul. Mampu melacak status pengiriman secara real-time, Anda bisa melakukan pengiriman kargo hanya melalui aplikasi saja.

Troben Cargo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengiriman barang cepat dan terjangkau. Yuk, gunakan aplikasi kirim Barang dari Troben hanya mulai dari 10 kg saja!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel