Home » Seputar Logistik » Truk Listrik Tesla: Spesifikasi dan Keunggulannya

Truk Listrik Tesla: Spesifikasi dan Keunggulannya

Truk Listrik Tesla

Tesla, terkenal sebagai pioner dan inovator mobil listriknya, kini menghadirkan Truk Listrik Tesla yang revolusioner dengan nama Tesla Semi. Truk yang satu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017  oleh CEO Tesla sendiri, Elon Musk dan mulai diproduksi pada 2019.

Kendaraan ini menawarkan berbagai fitur canggih dan spesifikasi teknis yang cukup mengesankan. Bahkan berhasil menjadikannya pilihan utama untuk perusahaan transportasi yang mencari solusi ramah lingkungan dan efisien. Daripada makin penasaran, yuk ketahui spesifikasi lengkap, keunggulan, serta harganya di sini!

Spesifikasi Truk Listrik Tesla

Truk Listrik Tesla atau Tesla Semi merupakan truk listrik anti peluru yang dirancang dengan eksterior yang futuristik. Bahkan, Tesla memperkirakan bahwa operator dapat menghemat biaya bahan bakar hingga USD 200 ribu dalam tiga tahun pertama kepemilikannya. Berikut spesifikasi lengkapnya.

1. Daya dan Performa

Tesla Semi menggunakan motor listrik berteknologi tinggi yang menghasilkan tenaga besar dan torsi instan. Dengan performa luar biasa ini, truk mampu memberikan akselerasi yang cepat dan responsif, sehingga sangat efisien untuk berbagai keperluan transportasi, baik untuk jarak pendek maupun jarak jauh.

Truk listrik Tesla Semi mampu menempuh jarak hingga 500 mil atau sekitar 800 km dalam sekali pengisian baterai, bahkan saat membawa beban penuh. Kecepatan maksimalnya mencapai 65 mph (105 km/jam), menjadikannya pilihan yang andal dan efisien untuk pengangkutan barang dengan jarak tempuh yang jauh, tanpa mengorbankan performa dan kecepatan.

2. Baterai

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yakni 1000 kWh yang bisa diisi hingga 70% dalam waktu 30 menit menggunakan Supercharger Tesla. Selain itu, Tesla mengklaim bahwa pengisiannya bisa dilakukan dengan cepat untuk memudahkan operasional harian.

3. Eksterior

Truk Semi memiliki desain yang tidak seperti kendaraan truk lainnya dan dirancang sangat aerodinamis. Bagian depan truk yang miring terdiri dari kaca sampul yang sangat besar, dan panel area kaca pun memanjang hingga ke pintu truk. Pada bagian belakang, nampak sama seperti truk untuk menarik kontainer. Karena memang, truk Tesla ini dijual sebagai tractor head saja.

4. Interior

Layout dashboard dibuat seperti ciri khas mobil Tesla, yaitu minimum and clean dengan tombol fisik yang minim. Interior truk listrik Tesla ini memiliki dua buah layar besar di bagian kanan dan kiri pengemudi.

Layar kiri untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan fitur dan fungsi panel instrumen, sementara layar kanan untuk terhubung ke supply management, navigasi, dan pengaturan orderan truk. Kabinnya sangat luas, bahkan ada cukup ruang yang memungkinkan orang setinggi enam kaki berjalan dan melakukan peregangan di kabin truk listrik Tesla ini. 

5. Motor

Saat Tesla Semi sudah terisi baterai penuh, berat kombinasi kotornya bisa mencapai 82.000 pon, yang menggabungkan truk dan muatannya. Truk listrik ini dirancang untuk mengangkut beban berat namun tetap memberikan performa tinggi, membuatnya ideal untuk berbagai kebutuhan pengangkutan komersial.

Truk listrik ini juga dilengkapi dengan tiga motor independen. Kombinasi motor listriknya memungkinkan torsi instan dan tenaga ekstra pada semua kecepatan, yang memberikan pengemudi kemampuan untuk menavigasi jalan raya dengan aman.

Selain itu, dengan tenaga yang kuat ini, pengemudi dapat menjaga kecepatan di jalan raya bahkan di tanjakan yang curam, memastikan efisiensi dan keamanan dalam perjalanan.

Baca Juga : 10 Alasan Truk Listrik Isuzu ELF EV Paling Dinantikan

Keunggulan Truk Listrik Tesla

Ketika Tesla melakukan pengiriman pertama truk Semi ini, Elon Musk menyoroti bahwa kendaraan jarak jauh yang berkelanjutan memang diperlukan untuk sektor transportasi.

Truk hanya mencakup 1% kendaraan di jalan raya, namun menyumbang emisi yang besar yakni 20% emisi, hingga truk listrik Tesla hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

1. Ramah Lingkungan: Mengurangi emisi karbon dan polusi udara, mendukung lingkungan yang lebih bersih.

2. Efisiensi Biaya Operasional: Penggunaan listrik sebagai sumber tenaga lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar fosil, sehingga mengurangi biaya operasional jangka panjang.

3. Teknologi Canggih: Dilengkapi dengan teknologi terkini yang meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan saat berkendara.

4. Reliabilitas Tinggi: Truk ini didesain untuk tahan lama dengan perawatan minimal, yang memastikan waktu operasional maksimal.

Dengan komponen berkualitas dan teknologi canggih, truk ini tidak hanya mengurangi frekuensi perbaikan tetapi juga meminimalkan downtime, sehingga bisnis dapat terus berjalan dengan efisiensi tinggi.

5. Dukungan Pengisian Luas: Jaringan Supercharger Tesla yang luas memudahkan pengisian baterai di berbagai lokasi.

Sebagai kendaraan listrik dengan lebih sedikit komponen bergerak dan diagnostik jarak jauh, perusahaan mengklaim bahwa operator atau pengemudi akan menghabiskan lebih sedikit waktu di pusat layanan dibandingkan orang-orang yang memiliki truk berbahan bakar diesel.

Baca Juga : 4 Fitur Truk Listrik Mitsubishi FUSO eCanter serta Keunggulannya

Harga Truk Listrik Tesla

Harga Truk Listrik Tesla bervariasi tergantung pada model dan spesifikasi yang dipilih. Secara umum, harga awal diperkirakan mulai dari $150,000 hingga $180,000. Meskipun harga awal ini terlihat mahal, investasi pada Truk Listrik Tesla dapat terbayar dalam jangka panjang.

Keunggulan dari truk listrik ini mencakup penghematan bahan bakar yang signifikan dibandingkan dengan truk berbahan bakar fosil, serta biaya perawatan yang lebih rendah.

Dengan begitu, meskipun ada biaya awal yang tinggi, pengeluaran operasional yang lebih rendah dapat memberikan keuntungan finansial yang berkelanjutan bagi pemilik truk.

Sewa Truk dengan Mudah dan Aman melalui Layanan Troben Truk 

Demikianlah penjelasan tentang truk listrik Tesla. Jika Anda sedang mencari jasa sewa truk sebagai pengangkutan barang. Troben hadir melalui layanan Troben Truk. Layanan ini memberikan kemudahan pada Anda untuk mengirimkan barang hanya lewat aplikasi.

Anda bisa menyewakan truk berbagai jenis terlengkap di Indonesia. Truk dengan ukuran kecil dan besar siap memudahkan pengangkutan barang jadi lebih efektif dan efisien. 

Jasa sewa truk kami juga mempunyai banyak keunggulan sehingga pengiriman truk jadi lebih mudah seperti layanan penjemputan barang, layanan TKBM, asuransi pengiriman. Anda juga bisa melacak keberadaan truk pengangkutan barang dengan cara tracking melalui aplikasi sewa truk Troben. Yuk download aplikasi kami dan sewa truk bersama Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel