Home » Bisnis » 8 Tips Membeli Ban Mobil Bekas yang Wajib Anda Ketahui!

8 Tips Membeli Ban Mobil Bekas yang Wajib Anda Ketahui!

Tips Membeli Ban Mobil Bekas

Tips membeli ban mobil bekas penting untuk Anda pahami terutama saat dalam keadaan darurat. Dalam kondisi tertentu, penggantian ban mobil dengan komponen yang bekas bisa menjadi solusi untuk menyesuaikan budget agar lebih terjangkau.

Hanya saja, Anda perlu hati-hati dalam membeli ban mobil bekas agar tidak merusak komponen lainnya. Terlebih jika membeli ban ini digunakan untuk kebutuhan mobilitas dalam pengiriman barang. Tentu pemilihan kualitas ban jangan sampai Anda anggap sepele.

Tips Membeli Ban Mobil Bekas

Agar tidak salah membeli ban mobil, sebaiknya lakukan pemeriksaan beberapa poin berikut untuk memastikan ban dalam kondisi baik. Berikut tips membeli ban mobil bekas yang wajib Anda ketahui!

1. Periksa Batas TWI (Tire Wear Indicator)

Tips membeli ban mobil bekas yang harus Anda lakukan adalah memeriksa batas Tire Wear Indicator atau disingkat menjadi TWI. Batas ini merupakan penanda terhadap kelayakan penggunaan ban mobil.

Jadi, saat membeli ban bekas, periksa terlebih dahulu batas TWI yang dimiliki dari roda mobil tersebut. Usahakan untuk mencari ban dengan batas TWI yang cukup jauh sekitar 3-5mm.

2. Perhatikan Kode Produksi

Tips membeli ban mobil bekas selanjutnya adalah memperhatikan kode produksi yang ada dalam ban bekas ketika Anda ingin beli. Konde ini terdiri dari 4 digit angka yang menandakan waktu ban tersebut diproduksi.

Biasanya, angka ini memiliki arti khusus berupa minggu dan tahun pembuatan. Seperti contoh angka pada ban tertulis 1023, itu berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-10 tahun 2023.

3. Periksa Bagian Dinding Ban

Langkah selanjutnya adalah mengecek bagian dinding ban untuk mendeteksi apakah ada bagian yang terkena kerusakan atau tidak. Anda bisa mengecek seluruh permukaan dinding dan memberikan sedikit kerusakan.

Jika ban terlihat ada bagian yang pecah, maka dapat dipastikan kualitas dari ban tersebut buruk. Namun jika kondisi ban terlihat mulus dan kuat, maka ban tersebut masih dalam kondisi yang optimal.

4. Periksa Tambalan

Tips membeli ban mobil bekas selanjutnya adalah perhatikan apakah roda terdapat bagian bekas tambalan. Ban bekas yang memiliki banyak tambalan, sangat tidak direkomendasikan karena dari segi kekuatan dan performanya juga akan menurun.

Selain performanya yang menurun, ban yang memiliki bekas tambalan juga beresiko mengalami kebocoran. Sebab, ketahanan dari ban ini cukup kecil dan sulit untuk kembali seperti semula.

5. Cocokkan Arah Ban

Ban memiliki arah masing-masing sehingga masing-masing dari keseluruhan roda mobil harus memiliki arah yang cocok satu sama lain. Ketika hendak membeli ban mobil, jangan lupa untuk memperhatikan arah ban dengan baik.

Kunci dari tips membeli ban mobil bekas ini adalah, jangan sampai Anda salah membeli ban yang memiliki arah tidak sama presisi. Sebab, hal ini bisa menyebabkan hal yang cukup fatal dan beresiko terhadap keselamatan kendaraan Anda.

6. Cek Ban Dalam

Selain mengecek bagian luarnya saja, ban dalam juga harus diperhatikan untuk memastikan kondisinya masih bekerja dengan optimal. Jika bagian luar terkena langsung dengan jalan, bagian ban dalam seringkali terkena gesekan dengan besi.

Bagian ini, tentu harus Anda perhatikan secara seksama apakah terdapat komponen ban yang retak atau mengalami kerusakan. Dengan melakukan pengecekan, Anda bisa menghindari beli ban dengan kualitas buruk.

7. Periksa Baut Ban

Tips membeli ban mobil bekas selanjutnya adalah pemeriksaan baut yang yang ada di sekitar dalam ban. Biasanya ban bekas kerap mengalami pecahan logam yang masih tertancap di lapisan permukaannya.

Jika Anda menemukan tanda tersebut pada ban mobil yang akan dibeli, hal ini tidak direkomendasikan. Karena penyebab terbesar terjadinya kebocoran biasanya terjadi akibat baut yang pecah atau rusak.

8. Konsultasikan dengan Ahlinya

Tips membeli ban mobil bekas yang terakhir adalah konsultasikan kepada ahlinya terutama di bidang otomotif. Anda bisa menangnya hal ini kepada ahli ban atau mekanik yang bisa membantu Anda dalam memilih jenis ban bekas berkualita baik.

Dengan mengkonsultasikan kebutuhan Anda, maka akan lebih mudah melakukan perbandingan antara satu jenis ban dengan ban lain. Cara ini juga memudahkan Anda untuk menyesuaikan kebutuhan penggunaan ban sesuai dengan anggaran budget yang dikeluarkan.

 

Baca Juga: Contoh Surat Jual Beli Mobil Baru & Bekas, Panduan Praktis

Kelebihan dan Kekurangan Beli Ban Mobil Bekas

Menerapkan tips membeli ban bekas di atas, tidak selalu menimbulkan resiko yang merugikan Anda. Hanya saja tentu ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang bisa didapatkan dari menggunakan ban mobil bekas. Apa saja itu?

1. Harga Terjangkau

Ya, kelebihan pertama ketika Anda memutuskan untuk membeli ban mobil bekas adalah memperoleh harga pasar yang lebih terjangkau dibandingkan harga ban baru. Di toko otomotif, biasanya ban mobil dijual berkisar antara Rp200-300 ribu saja.

Harganya yang lebih terjangkau tentu bisa menjadi alternatif untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Sehingga cara untuk memperbaiki ban mobil akan semakin terjangkau dengan kualitas pelayanan yang prima.

2. Riwayat Pemakaian Tidak Diketahui

Meski memiliki harga terjangkau, riwayat pemakaian ban bekas sepertinya sulit diketahui terutama jika Anda membelinya di pihak ketiga. Maka  dari itu, Anda harus memeriksa secara seksama untuk mengecek kondisi ban itu sendiri.

3. Belum Terstandarisasi

Kekurangan lainnya dari membeli ban bekas, ban ini biasanya tidak memiliki standar yang sesuai. Meski jika dilihat dari permukaan ban ini terlihat baik, namun performa ban bekas mungkin tidak akan sama seperti dengan ban baru.

Maka dari itu, sebaiknya Anda harus memperhatikan lebih terkait standar dari komponen ban itu sendiri. Jika ban bekas masih memiliki standar penggunaan yang baik, Anda bisa menggunakannya untuk pengalaman berkendara lebih baik.

 

Baca Juga: 8 Cara Kirim Velg Mobil Dengan Aman  

Demikian penjelasan terkait tips membeli ban mobil bekas yang wajib Anda ketahui. Dari penjelasan ini, dapat diketahui bahwa membeli ban bekas memiliki keuntungan dan resikonya tersendiri terhadap kendaraan Anda.

Agar tidak menimbulkan risiko yang fatal, maka penting untuk membeli ban mobil bekas menggunakan jasa pengiriman barang TroPack yang tersedia di aplikasi Troben. Barang dijamin terkirim selamat sampai tujuan dengan jaminan asuransi dan harga terjangkau. Yuk, unduh aplikasi kirim barang Troben untuk kirim ban mobil bekas sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel