Home » Bisnis » 10 Tips Memulai Usaha Catering Bagi Pemula

10 Tips Memulai Usaha Catering Bagi Pemula

Usaha Catering

Jika Anda ingin memulai usaha, usaha catering merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan. Usaha makanan ini memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia.

Usaha catering adalah bisnis yang melayani pemesanan makanan atau minuman. Jadi pemilik catering membantu menyediakan makanan atau minuman untuk kebutuhan acara pemesan.

Beberapa acara yang sering menggunakan jasa catering misalnya seminar, rapat, acara pernikahan, pesta ulang tahun, khitanan dan lain-lain. Dengan melihat banyaknya kebutuhan akan jasa catering ini, maka tak heran jika banyak orang melirik dan mencoba untuk membuka usaha catering. Bagi Anda yang ingin memulai usaha catering ini, simak penjelasan berikut ini tentang tips membuka usaha catering. 

Baca Juga : Berbagai Jenis Packing Makanan yang Aman Digunakan

Jenis-jenis Catering 

Sebelum memulai usaha catering, perlu diketahui bahwa jenis catering ini memiliki dua jenis, yaitu : 

1. Inside Catering

Jenis catering pertama adalah inside catering, dimana jasa pemesanan makanan dimana pesannya di tempat makanan tersebut dimasak. Contoh inside catering adalah restoran, kereta api, dan restoran. 

2. Outside Catering 

Jenis catering kedua adalah outside catering, dimana makanan dan minuman yang dipesan akan diantar ke lokasi pemesan. Jadi proses mengolah bahan makanan berada di tempat yang berbeda. Contoh outside catering makanan seperti khitanan, pernikahan, arisan, dan lain-lain. 

Baca Juga : Rincian Modal Usaha Angkringan Bagi Pemula 

10 Tips Memulai Usaha Catering

Setelah mengetahui jenis-jenis catering, jika Anda ingin memulai bisnis catering, berikut ini adalah tips memulai usaha catering yang bisa Anda lakukan, diantaranya : 

1. Tentukan Jenis Catering

Tips pertama yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai bisnis catering adalah menentukan jenis catering yang ingin dijalankan. Apakah Anda ingin fokus pada catering harian, catering acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun, atau mungkin catering diet. Menentukan jenis catering akan membantu Anda fokus dalam menyusun rencana bisnis dan strategi pemasaran yang tepat.

2. Siapkan Modal

Setelah menentukan jenis catering yang ingin dijalankan. Tips kedua memulai usaha catering adalah menyiapkan modal. Modal adalah hal penting yang harus dipersiapkan sejak awal. Hitung kebutuhan modal untuk pembelian peralatan dapur, bahan baku, biaya operasional, dan biaya pemasaran. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk menutupi semua kebutuhan tersebut sebelum memulai usaha catering.

3. Pelajari Ilmunya

Menjalankan bisnis catering memerlukan pengetahuan yang cukup tentang dunia kuliner dan manajemen bisnis. Untuk itu, pelajari teknik-teknik memasak, manajemen dapur, hingga cara mengelola keuangan. Anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan khusus di bidang catering untuk memperdalam pengetahuan.

4. Ciptakan Resep Andalan

Resep andalan adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis catering. Ciptakan beberapa menu spesial yang unik dan memiliki cita rasa yang khas. Menu ini akan menjadi daya tarik utama bagi konsumen dan membuat usaha catering Anda berbeda dari yang lain.

5. Ciptakan Variasi Menu yang Beragam

Selain itu, Anda juga perlu untuk membuat berbagai menu makanan sebagai pilihan konsumen. Hal ini penting, supaya konsumen memiliki banyak pilihan untuk menu catering.  Sediakan menu makanan untuk berbagai selera dan kebutuhan, termasuk menu vegetarian, menu diet, dan menu makanan internasional. Buatlah variasi menu yang beragam untuk menarik banyak konsumen.

6. Promosikan Usaha Catering

Promosi adalah bagian penting dari pemasaran usaha catering. Gunakan berbagai platform seperti media sosial, website dan lainnya untuk memperkenalkan usaha catering Anda. Buat konten menarik yang menampilkan kelezatan menu Anda, testimoni dari pelanggan, serta informasi tentang layanan yang Anda tawarkan.

7. Tentukan Harga Menu Makanan

Menentukan harga menu makanan harus dilakukan dengan cermat. Pertimbangkan biaya bahan baku, biaya operasional, dan keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Pastikan harga yang Anda tetapkan kompetitif namun tetap memberikan keuntungan bagi usaha Anda.

8. Rekrut Juru Masak Berpengalaman

Juru masak yang berpengalaman akan membantu menjaga kualitas makanan dan konsistensi rasa. Rekrutlah juru masak yang memiliki pengalaman dan keahlian di bidang kuliner. Pastikan mereka juga memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan menjaga standar kebersihan. Memilih juru masak ini menjadi kunci penting kesuksesan memulai usaha catering karena bisa memastikan cita rasa masakan enak atau tidak. 

9. Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik akan membuat konsumen merasa puas dan ingin kembali menggunakan jasa catering Anda. Berikan pelayanan yang ramah, cepat, dan profesional. Tanggap terhadap kebutuhan dan permintaan khusus dari konsumen untuk memastikan mereka merasa dihargai.

10. Terima Kritik dan Saran Membangun dari Konsumen

Kritik dan saran dari konsumen adalah masukan yang berharga untuk meningkatkan kualitas layanan dan menu Anda. Jangan ragu untuk meminta feedback dari konsumen dan gunakan masukan tersebut untuk melakukan perbaikan. Sikap terbuka terhadap kritik akan membantu usaha catering Anda berkembang dan semakin baik.

Demikianlah informasi mengenai tips memulai usaha catering. Jika Anda ingin memulai usaha catering dan membutuhkan berbagai peralatan memasak. Silahkan lakukan pengiriman peralatan memasak dengan aman melalui jasa pengiriman barang dari Troben.

Troben mempunyai layanan Troben Cargo untuk membantu kirim barang dalam jumlah banyak dan besar. Segera pesan jasa kirim barang kami melalui aplikasi kirim barang Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel