Home » Bisnis » Transhipment Cargo: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Transhipment Cargo: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Pengertian Transhipment Cargo

Istilah transhipment cargo mungkin sudah tidak asing terdengar dalam aktivitas pengiriman barang ekspor ataupun impor. Proses ini merupakan solusi dan langkah antisipasi yang tepat jika terjadi masalah selama proses pengiriman berlangsung.

Oleh karena itu, penting untuk memahami istilah dari transhipment cargo yang merupakan bagian proses pengiriman barang pada moda transportasi kapal laut. Simak penjelasan selengkapnya di bawah berikut ini!

Pengertian Transhipment Cargo

Transhipment cargo adalah proses perpindahan container dari satu kapal ke kapal lain saat perjalanan di tengah laut. Hal tersebut bisa saja terjadi akibat fasilitas kargo atau cuaca di pelabuhan tidak memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) pengiriman barang.

Langkah-langkah proses transhipment dapat dilakukan dengan cara kapal mengeluarkan muatan barang ke kapal tongkang. Kemudian barang tersebut akan dikirim ke titik transhipment sebelum dibongkar muat ke kapal yang lebih besar menggunakan crane.

Tujuan Transhipment Cargo

Perlu diketahui, aktivitas dari perdagangan barang internasional kebanyakan dilakukan melalui transportasi laut. Hanya saja, banyak dari kapal-kapal ini tidak memiliki kemampuan serta ketersediaan untuk pengiriman end-to-end. Adapun tujuan dari sistem pengiriman ini adalah sebagai berikut:

1. Perpindahan Kargo dari Kapal Besar ke Kapal Kecil

Tidak semua jenis pelabuhan dapat menampung kapal-kapal besar sehingga diperlukan adanya sistem pengiriman transhipment. Seperti contoh sebuah barang dikirim menggunakan kontainer dengan kapal besar.

Kemudian, kontainer tersebut akan dikirim ke tujuan tertentu sehingga perlu dipindahkan ke kapal yang lebih kecil. Maka dari itu, proses transhipment dapat berlangsung sehingga barang sampai dengan tempat waktu serta menghemat lebih banyak biaya.

2. Transit Lebih Mudah

Beberapa rute pelayaran seringkali tidak memiliki rute langsung sehingga pengiriman harus menggunakan dengan dua moda transportasi. Pengiriman ini dapat dilakukan melalui jalan dari titik A ke B, kemudian melalui laut dari titik B ke C.

Langkah ini bertujuan agar proses pemindahan barang dapat terfasilitasi dari satu transportasi ke moda transportasi lainnya. Sehingga pengiriman kargi dapat mencapai tujuan akhir yang diinginkan.

3. Hemat Biaya

Terlepas dari pelabuhan yang ada, pengiriman langsung dari titik pelabuhan ke titik pelabuhan lain tentu lebih mahal. Sehingga, perlu diperhatikan tujuan transhipment cargo ialah untuk meningkatkan efisiensi dari segi biaya pengiriman.

Meski pengiriman dengan sistem transhipment mungkin akan memakan waktu yang lebih lama, namun hal ini dapat memastikan biaya transportasi jauh lebih terjangkau. Tujuan ini lah akan menyasar kepada pelanggan yang ingin melakukan pengiriman dengan tarif terjangkau agar biaya operasional lebih efisien.

 

Baca Juga: Air Cargo! Keunggulan, Tipe, dan Proses

Manfaat Transhipment Cargo Terhadap Bisnis

Kehadiran transhipment cargo memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis di bidang logistik. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan metode ini?

1. Penyederhanaan Rute Pengiriman

Transhipment berperan sebagai penyederhanaan rute pengiriman barang dari satu transportasi dengan transportasi lainnya. Sistem ini dapat mengoptimalkan rangkaian perjalanan agar pengiriman barang berjalan lancar dari awal hingga tujuan akhir.

2. Fleksibilitas

Peran lainnya dengan adanya transhipment adalah memberikan fleksibilitas pada rute yang tidak tersedia saat pengiriman barang. Dengan begitu, opsi rute untuk drop barang dapat disesuaikan agar pengiriman lebih cepat dan efisien.

3. Sortir Beban

Peran lainnya, sistem transhipment cargo juga dapat melakukan penyortiran beban untuk menjadi ke beberapa bagian ke yang lebih kecil. Tentu ini dapat membantu untuk mengurangi resiko kerugian dan mencegah kerusakan selama perjalanan.

4. Hemat Waktu

Dalam beberapa keadaan, pengiriman dengan proses transhipment dapat mempercepat waktu pengiriman barang. Hal ini dikarenakan proses peralihan ke transportasi yang lebih cepat sehingga proses pengiriman barang memenuhi tenggat waktu.

 

Baca Juga: Keunggulan Kapal Pelni Dibandingkan Kapal Cargo

5. Distribusi Regional

Transhipment cargo juga memungkinkan pengiriman dilakukan dengan cara mendistribusikan ke berbagai tujuan regional dari pusat. Sehingga, distribusi barang bisa berjalan dengan optimal dan mengurangi biaya pengiriman lainnya.

6. Pencegahan Resiko yang Timbul

Rute pengiriman dan penggunaan moda transportasi tambahan, dapat membantu mengurangi risiko gangguan dalam rantai pasok. Selain itu, proses ini juga dapat mengatasi masalah tidak terduga seperti perubahan cuaca, kecelakaan lalu lintas, atau kemacetan.

7. Peningkatan Stok Produk

Transhipment memungkinkan perusahaan untuk dapat mempertahankan stok produk atau lebih meningkat di berbagai lokasi atau pasar. Manfaat dari transhipment ini memberikan manfaat secara signifikan bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi rantai pasok.

8. Kepuasan Pelanggan

Dari beberapa manfaat yang didapatkan pada pengiriman transhipment ini, secara tidak langsung ini juga akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan saat mengirim barang. Di mana, ini memungkinkan pelanggan bisa melakukan pengiriman barang dengan aman, terjangkau dan tempat waktu.

Di Mana Pelabuhan Transhipment di Indonesia?

Di Indonesia sendiri, sebenarnya belum begitu banyak pelabuhan transhipment cargo. Satu-satunya pelabuhan transhipment di Indonesia adalah Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara.

Pelabuhan ini terletak di Selat Malaka, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Lokasi pelabuhan ini banyak dilintasi kapal laut untuk perdagangan internasional yang melintasi Selat Malaka.

Demikian penjelasan terkait apa itu transhipment cargo mulai dari pengertian, tujuan, serta manfaat yang didapatkan. Sistem pengiriman ini, tidak hanya diterapkan dalam aktivitas ekspor dan impor saja, melainkan pengiriman domestik antar pulau.

Istilah ini penting untuk dipahami terutama bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai sistem pengiriman melalui transportasi laut. Dengan memahami hal tersebut, maka akan lebih mudah untuk menentukan pilihan pengiriman yang lebih optimal dan efisien.

Urusan pengiriman domestik via transportasi laut, Anda bisa mempercayakan layanan yang tersedia di Troben. Ekspedisi kargo berbasis aplikasi ini menghadirkan pengiriman ke seluruh Indonesia melalui jalur darat dan juga laut. Yuk, kunjungi lama jasa pengiriman barang murah hanya di Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel