Home » Peluang » 10 Usaha Sampingan yang Menjanjikan!

10 Usaha Sampingan yang Menjanjikan!

Mempunyai usaha sampingan kini banyak dilirik banyak orang atau bisa disebut dengan side-hustle. Biasanya usaha sampingan digeluti ketika seseorang mencari tambahan pemasukan atau ingin menambah tabungan. Ternyata, ada banyak usaha sampingan yang menjanjikan, lho!

Usaha sampingan ini bisa dikerjakan setelah menyelesaikan pekerjaan utama, sehingga keduanya bisa berjalan beriringan. Untuk Anda yang ingin memulai usaha sampingan, berikut ini adalah daftar usaha sampingan yang menjanjikan dan bisa Anda tekuni.

10 Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Meskipun usaha sampingan, namun tak jarang malah penghasilannya lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan utama. Usaha sampingan bisa dijalankan oleh siapa saja seperti karyawan yang ingin menambah penghasilan sampai dengan ibu rumah tangga yang ingin menyalurkan bakat dan tentunya bisa lebih produktif. Inilah 10 daftar usaha sampingan yang menjanjikan : 

1. Desain Grafis

Desain grafis adalah jenis usaha yang menjanjikan pertama. Bagi para desainer yang sudah bekerja secara full time, kalian bisa menambah penghasilan tambahan dengan membuka jasa desain grafis.

Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa desain, oleh karena itu peluang ini sangat menjanjikan. Anda bisa mengambil proyek dalam maupun luar negeri. Selain itu, waktunya juga sangat fleksibel, bisa dikerjakan malam hari ataupun akhir pekan. 

2. Usaha Katering

Untuk ibu rumah tangga yang hobi masak, kalian juga bisa lho memulai usaha katering sebagai usaha sampingan. Biasanya katering ini dicari untuk orang-orang yang akan menggelar acara namun tak punya waktu untuk menyiapkan makanannya. 

Anda bisa membuat katering paket box ataupun tumpengan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan. 

3. Membuka Usaha Franchise

Bagi karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan kalian juga bisa memulai usaha sampingan dengan membuka franchise.

Franchise merupakan merek dagang produk dibeli, dimana Anda mendapatkan izin dari pemilik sekaligus mendapatkan pasokan produk atau branding. 

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan franchise, mulai dari makanan, minuman, sampai dengan jasa pengiriman bisa Anda pilih. Memulai franchise memberikan banyak keuntungan, Anda bisa langsung memulai usahanya tanpa memikirkan branding dan produk karena semuanya sudah disiapkan.  

4. Blogger 

Semua orang mungkin bisa menulis, namun tak semua orang bisa menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan juga ramah oleh mesin pencari. Inilah saatnya untuk Anda yang hobi menulis menyalurkan hobi untuk memulai usaha sampingan.

Anda bisa membuat blog pribadi dengan membahas seputar hal-hal yang banyak dicari orang. Ada banyak Tools yang bisa membantu seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, Semrush dan lainnya. Silahkan cari kata kunci yang sesuai dengan minat Anda. Jika traffic kunjungan website atau blog Anda besar, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan proyek atau dengan portofolio tersebut Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel.

5. Guru Freelance

Guru freelance adalah daftar usaha sampingan yang menjanjikan selanjutnya. Profesi guru ini banyak dicari apalagi sejak pandemi dimana pembelajaran tatap muka berkurang, sehingga murid butuh pendamping untuk belajar lebih extra.

Inilah peluang yang sangat menjanjikan, Anda bisa menjadi guru freelance untuk tingkat pendidikan SD, SMP sampai SMA. 

Bukan hanya guru freelance di bidang akademik saja, bagi Anda yang mempunyai keahlian seperti bermain musik, desain grafis juga bisa menawarkan jasa guru freelance. 

6. Jasa Penerjemah

Untuk seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja keluar negeri, dokumen-dokumen penting seperti ijazah, akta, ktp dan lainnya juga secara otomatis harus diterjemahkan kedalam bahasa asing.

Sayangnya tak semua orang mahir bahasa asing, oleh karena itu jika Anda mempunyai skor IELTS yang bagus dan mampu menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa asing. Anda bisa memulai usaha sampingan yang menjanjikan dengan membuka jasa penerjemah. 

7. Content Creator

Untuk Anda yang pede tampil didepan kamera dan suka bercerita, menjadi seorang Content Creator juga bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan membangun personal branding di sosial media terlebih dahulu. Lalu mulai dengan review produk secara “cuma-cuma” sampai akhirnya Anda berhasil menjadi seorang Content Creator. 

Anda bisa mendapatkan tawaran dari berbagai brand besar untuk mereview produk dan lain sebagainya. Seorang Content Creator kerjanya sangat fleksibel sehingga cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha sampingan. 

8. MUA

Perias wajah atau MUA juga menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Tidak semua orang bisa make up apalagi untuk acara penting seperti wisuda, lamaran, sampai dengan pernikahan. Oleh karena itu, jika Anda minat untuk menjadi seorang MUA bisa memulai usaha ini.

Langkah pertama, Anda harus mencari ilmunya dengan mengikuti kelas. Kemudian bangun personal branding untuk menarik calon pengguna jasa Anda. 

9. Affiliater

Belanja online sekarang menjadi hal yang umum dilakukan. Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan membuat banyak orang lebih memilih belanja secara online dibandingkan harus datang ke toko atau mall.

Tentu Anda sudah tak asing dengan link yang suka ditawarkan oleh seseorang saat memberikan rekomendasi produk bukan? Biasanya link ini tertaut ke aplikasi belanja online. Nah itu namanya affiliater. Anda juga bisa menjadi affiliater, dimana bisa mendapatkan komisi dari produk yang berhasil dibeli oleh orang yang klik link Anda. 

10. Copywriter

Usaha sampingan yang menjanjikan lainnya adalah seorang copywriter. Copywriter adalah seseorang yang membuat kata-kata untuk menarik pembaca supaya membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Seorang copywriter butuh kreativitas dan keahlian dalam menyusun kata-kata. Skill ini tak semua orang bisa melakukannya. Untuk itu, jika Anda punya kemampuan menulis, asah terus kemampuan Anda hingga bisa menawarkan jasa copywriting ke banyak orang. Pemilik UMKM biasanya yang banyak membutuhkan jasa copywriter.  

Baca Juga : 10 Kerja Freelance dari Rumah dan Keuntungannya!

Beberapa Pertimbangan Dalam Memulai Usaha Sampingan

Sebelum memulai usaha sampingan, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan supaya usaha yang dijalankan berjalan lancar, diantaranya : 

1. Sesuai Kesukaan dan Minat

Sebelum memulai usaha sampingan, cari tahu terlebih dahulu apa kesukaan dan minat Anda. Ini penting, supaya Anda menjalaninya dengan senang. Apalagi usaha sampingan ini dilakukan diluar jam kerja utama, jika Anda tidak suka akan sangat sulit untuk memulainya. 

2. Peluang Untung

Pertimbangan kedua adalah pahami peluang untuk yang akan didapatkan. Jangan sampai Anda sudah menjalankan usaha sampingan malah tidak adanya untung yang dihasilkan. 

3. Potensi Berkembang

Sebelum memulai usaha sampingan, pastikan apa yang dilakukan bisa berkembang. Sebagai contoh, jika Anda memulai sebagai blogger, Anda bisa terus mengasah skill tentang SEO hingga bisa mengambil proyek yang lebih besar.

Baca Juga : 10 Daftar Ide Jualan Makanan Simple, Pasti Cuan!

Mulai Usaha Sampingan yang Menjanjikan dengan Gabung Mitra Troben

Demikianlah informasi tentang daftar usaha sampingan yang menjanjikan. Jika Anda berencana memulai usaha sampingan dengan membuka bisnis cargo. Bergabung menjadi Mitra Troben jadi pilihan yang sangat tepat. 

Dengan bergabung menjadi mitra kami, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan mulai dari branding usaha, perlengkapan, pelatihan dan pastinya keuntungan bisnis. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran Mitra Cargo Troben, Anda bisa langsung menghubungi CS kami via WA 081399000000.

banner trawlpack ongkir murah

Yuk, klik button di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel