Home » Bisnis » 10 Tips Membeli Sepeda Motor Sesuai Kebutuhan

10 Tips Membeli Sepeda Motor Sesuai Kebutuhan

Tips membeli sepeda motor

Tips membeli sepeda motor penting untuk diketahui terutama bagi pemula yang ingin membeli kendaraan pertama mereka. Seperti yang diketahui, motor merupakan pilihan transportasi paling dibutuhkan untuk menunjang mobilitas setiap hari.

Agar tidak salah memilih sebelum membelinya, tips membeli sepeda motor di bawah ini dapat membantu uinruk memenuhi kebutuhan Anda. Apa saja itu? Berikut simak penjelasan artikel lebih lengkapnya!

Tips Membeli Sepeda Motor

Bagi Anda yang ingin membeli motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari survey hingga serah terima kunci dengan penjual. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan!

1. Survey ke Dealer Resmi

Langkah pertama untuk menerapkan tips membeli sepeda motor adalah melakukan survey ke dealer resmi dari merek motor yang Anda inginkan. Survey ini sebaiknya dilakukan dengan mengunjungi beberapa dealer untuk melakukan perbandingan antara satu merek dengan merek lainnya.

Mengapa hal ini harus dilakukan? Adalah sebagai upaya agar Anda bisa mempertimbangkan jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengingat setiap dealer tentunya memiliki perbedaan mulai dari spesifikasi motor, jenis kendaraan, hingga harga yang ditawarkan.

2. Test Ride

Tips membeli sepeda motor selanjutnya adalah periksa keadaan motor dengan melakukan test ride. Cara ini berguna untuk memastikan apakah motor tersebut memenuhi kebutuhan Anda.

Perhatikan apa saja yang Anda rasakan selama menggunakan motor tersebut. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengecek kondisi mesin motor untuk melihat performa dari kinerja kendaraan tersebut.

3. Cek Kembali Kondisi Motor

Saat hendak membeli motor, Anda perlu mengetahui spesifikasi yang dimiliki dari kendaraan tersebut. Namun, penting juga untuk mengecek kembali kondisi motor untuk memastikan kinerjanya sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama proses pengecekan kondisi motor. Seperti contoh memeriksa bagian road bike, offroad, cub, cruiser, sport, dan lain-lain. Perhatikan juga dari sisi desain apakah memiliki body yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan Anda selama di perjalanan.

4. Pilih Opsi Pembayaran

Berbagai dealer motor biasanya memberikan beberapa opsi yang bisa Anda pilih menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Misalnya menggunakan metode pembayaran cash full atau dengan sistem kredit.

Jika Anda masih memiliki keterbatasan pada budget motor, sistem kredit bisa menjadi pilihan yang tepat dengan metode cicilan per bulan yang tidak terlalu besar. Namun, jika Anda ingin memiliki motor seutuhnya, sistem pembayaran cash sangat dianjurkan saat serah terima kunci motor.

 

Baca Juga: Cara Mengirim Motor Antar Provinsi Dengan Mudah dan Aman!

5. Pertimbangkan Biaya di Luar

Tips membeli sepeda motor selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan biaya-biaya tambahan di luar perkiraan. Seperti membeli beberapa aksesoris pelindung seperti helm, jok motor, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempersiapkan biaya lain seperti jaminan asuransi. Dengan menambahkan biaya ini, Anda bisa menjamin keselamatan serta tanggungan jika terjadi hal yang membahayakan pada motor Anda.

6.Prioritaskan Kebutuhan

Untuk memenuhi kebutuhan mobilitas, pastikan Anda telah menentukan tujuan saat membeli motor. Sebaiknya, prioritaskan kebutuhan terlebih dahulu agar lebih mudah menentukan jenis sepeda motor yang akan dibeli.

Misalnya Anda membutuhkan sepeda motor untuk sehari-hari, tipe sepeda motor matic sangat mendukung untuk menunjang aktivitas perjalanan di perkotaan. Sedangkan jika Anda lebih menyukai sepeda motor untuk sekadar hobi atau koleksi, jenis motor antik atau motor sport bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi garasi rumah Anda.

7. Perhatikan Lokasi Jalan di Sekitar Rumah

Tips membeli sepeda motor yang satu ini, jangan sampai Anda anggap sepele. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap ketahanan performa kendaraan Anda dalam jangka panjang.

Seperti contoh, jika lokasi jalan di sekitar rumah memiliki medan tanjakan yang cukup ekstrim, maka sebaiknya pertimbangkan untuk memilih jenis motor dengan ground clearance yang tinggi. Atau lokasi di tempat Anda memiliki aturan jam malam dan dilarang bising, maka pilihlah jenis motor dengan suara knalpot yang halus dan tidak mengganggu kenyamanan warga sekitar.

8. Suku Cadang

Kemudahan untuk mencari suku cadang adalah salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan saat membeli motor. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih jenis motor dengan komponen suku cadang yang mudah ditemukan di toko otomotif atau bengkel di sekitar.

Tips membeli sepeda motor ini sangat berpengaruh terhadap penggunaan kendaraan dalam beberapa waktu mendatang. Yang mana, jika terjadi kerusakan Anda bisa segera melakukan perbaikan atau klaim garansi ke bengkel resmi terdekat.

9. Lengkapi dengan Aksesoris

Selain membeli unit motor, Anda juga bisa melengkapi berbagai kebutuhan Anda dengan menggunakan aksesoris yang tersedia di toko otomotif terpercaya. Beberapa aksesoris ini tentu dapat menunjang kenyamanan Anda selama di perjalanan.

Aksesoris yang paling penting contohnya seperti helm untuk memberikan perlindungan pada pengendara. Kemudian, menambahkan alarm untuk menghindari tindakan kriminal seperti pencurian pada motor Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jok tambahan yang terbuat dari kulit tahan air sehingga tidak akan membasahi dudukan motor saat hujan. Untuk mempercantik tampilan motor, Anda juga bisa menggunakan windshield untuk melindungi pengendara agar tidak terkena angin saat berkendara.

10. Gunakan Ekspedisi Terpercaya

Tips membeli sepeda motor yang terakhir adalah menggunakan layanan ekspedisi terpercaya untuk mengirim kendaraan Anda selamat sampai tujuan. Anda bisa menggunakan Troben, jasa logistik berbasis aplikasi yang menyediakan layanan kirim kendaraan dengan aman dan terjangkau.

Dengan menggunakan ekspedisi terpercaya, tentu pengiriman sepeda motor akan semakin mudah. Anda hanya tinggal menunggu motor baru sampai ke rumah dengan transaksi secara online saja.

 

Baca Juga: Contoh Surat Jual Beli Motor Roda Dua [Panduan Lengkap 2024]

Kirim Sepeda Motor Aman dan Terjangkau dengan Troben

Demikian penjelasan tentang tips membeli sepeda motor sesuai kebutuhan Anda. Tips ini tentu sangat bermanfaat agar Anda bisa segera memiliki kendaraan sesuai impian Anda.

Dengan mengandalkan ekspedisi dari Troben, pengiriman sepeda motor dijamin lebih praktis dan terjangkau. Yang mana segala transaksi mulai dari pengiriman hingga barang sampai bisa Anda pantau melalui satu aplikasi saja.

Selain prosesnya yang mudah serta harga terjangkau, layanan di Troben juga juga bisa memberikan Anda jaminan agar barang terhindar dari kehilangan atau kerusakan. Yuk, mulai pesan jasa pengiriman kendaraan Anda hanya di Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel