Home » Seputar Logistik » 4 Tips Menentukan Ukuran Bak Truk Pasir Sesuai Kebutuhan

4 Tips Menentukan Ukuran Bak Truk Pasir Sesuai Kebutuhan

Ukuran Bak Truk Pasir

Saat proses mendirikan rumah, transportasi seperti dump truck sangat dibutuhkan untuk memindahkan material bangunan ke satu tempat ke tempat lain. Agar material bangunan tersebut sampai dengan cepat, biasanya membutuhkan alat angkut dengan ukuran bak truk pasir yang memadai agar bisa membawanya dalam jumlah besar.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis truk yang sering dijumpai dan digunakan sebagai alat angkut untuk mengangkut bahan material bangunan. Berikut simak penjelasan lebih lengkap untuk mengetahui tentang penggunaan bak truk pasir ini.

Apa Itu Bak Truk Pasir?

Truk pasir merupakan sejenis armada yang banyak ditemukan di Indonesia terutama untuk pengiriman barang skala besar. Sesuai dengan namanya, truk ini berfungsi untuk mengangkut material bangunan seperti pasir, batu kerikil, semen, dan lainnya.

Truk ini biasa dikenal dengan dump truck, yang sering digunakan sebagai alat pengangkut bahan bangunan. Adapun golongan kendaraan yang biasa digunakan untuk kebutuhan mengangkut pasir biasanya adalah On Highway Dump Truck dan Off Highway Dump Truck.

Meski begitu, masih ada banyak jenis truk yang biasa digunakan untuk mengangkut pasir selain dump truck. Yang terpenting spesifikasi ukuran baknya mampu menampung muatan pasir sesuai kebutuhan. 

Jenis dan Ukuran Bak Truk Pasir

Di Indonesia sendiri, setidaknya menggunakan 3 jenis bak pasir yang mudah ditemukan di jalan. Berikut beberapa jenis dan ukuran bak truk pasir yang banyak digunakan untuk kebutuhan pengiriman barang

1. Standar

Jenis truk ini paling umum dan mudah ditemukan dengan ciri-ciri memiliki bak yang menempel di bagian chassis truk. Selain itu, pada bagian depan bodi truk juga terdapat alat hidrolik yang berfungsi untuk menggerakkan bak.

Umumnya, ukuran bak truk pasir ini hanya berkisar 10-20 meter kubik saja dengan sumbu ban yang relatif rendah sehingga dapat memaksimalkan manuver truk. Oleh karena itu, daya muatnya juga tidak begitu besar dengan estimasi bobot sekitar 7-10 ton saja.

2. Transfer

Truk Transfer terdiri dari truk standar sebagai base dan menarik kontainer secara terpisah. Jenis truk ini umum dikenal dengan istilah truk gandeng yang banyak digunakan untuk mengangkut material seperti pasir, kerikil, cairan aspal, dan lain-lain.

Sama seperti dengan jenis truk standar, tipe transfer juga memiliki sumbu pendek dengan ukuran bak sekitar 12 meter. Jenis truk ini tentunya memiliki kapasitas yang lebih besar dan tidak mengganggu manuver armada.

3. Side Dump

Jenis bak pasir selanjutnya adalah side dump yang memiliki cara kerja seperti truk standar dengan menggunakan bantuan mesin hidrolik. Adapun spesifikasi ukuran dari truk ini bisa

Adapun secara teknis, cara kerja truk dilakukan dengan membalikkan bak ke bagian samping untuk mengeluarkan isi muatannya secara menyeluruh. Truk ini dinilai lebih cepat dan mudah dalam melakukan loading karena tidak membutuhkan tenaga manusia yang banyak.

 

Baca Juga: Berikut Rincian Harga Tanah Urugan 1 Truk  

Tips Menentukan Ukuran Bak Truk Pasir Sesuai Kebutuhan

Menentukan ukuran bak pasir harus diperhatikan sesuai kebutuhan agar truk tidak mengalami kelebihan muatan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih ukuran bak truk pasir sesuai kebutuhan.

1. Pilih Jenis Bak Truk yang Tepat

Jenis truk yang dapat mengangkut material pasir terdiri dari beberapa jenis dengan bentuk yang berbeda. Seperti contoh bak terbuka, bak tertutup, bak dengan 3 sisi, dan 4 sisi.

Masing-masing tentu memiliki kelebihannya tersendiri untuk melindungi muatan pasir agar tetap aman selama proses pengiriman. Maka dari itu, sebelum menentukan ukuran bak truk pasir, pastikan Anda memilih jenis bak sesuai kebutuhan untuk muatan pasir.

2. Ukur Kembali Dimensi Bak

Penting untuk mengetahui jenis bak apa yang akan Anda gunakan untuk mengangkut material bahan bangunan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ukuran bak truk pasir terdiri dari beberapa jenis yang memiliki ukuran dimensi yang berbeda.

Sehingga Anda perlu mengukur kembali dimensi bak pasir yang akan digunakan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menentukan volume muatan pasir yang akan dimasukkan ke dalam bak truk.

3. Perhatikan Keamanan Mengangkut Muatan

Transportasi untuk mengangkut material bangunan tentu membutuhkan perhatian khusus terutama dalam hal keamanan selama di perjalanan. Untuk menghindari risiko yang berbahaya, pastikan kendaraan dalam kondisi optimal untuk keselamatan lalu lintas.

Memperhatikan keamanan truk juga akan memudahkan Anda untuk menentukan muatan pasir sesuai ukuran bak. Jadi, meskipun berat pasir di dalam bak telah sesuai standar muatan truk, tetapi bisa mencegah resiko dari rusak jika kondisi truk dalam keadaan optimal.

4.Patuhi Peraturan Penggunaan

Penggunaan bak truk pasir telah diatur secara khusus melalui Undang-Undang yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan adanya aturan ini, tentu pihak pengemudi harus mematuhi peraturan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

Seperti contoh tidak menggunakan dimensi bak yang lebih besar dari yang diatur Undang-Undang. Atau tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran lainnya seperti menampung muatan yang melebihi kapasitas truk.

 

Baca Juga: Jenis Truk Besar Berdasarkan Ukuran dan Kapasitasnya

Pilih Layanan Troben Truk yang Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan Anda!

Oke, jadi itu dia penjelasan bagaimana cara menentukan ukuran bak truk pasir mulai dari memilih jenis bak hingga tips menentukan truk sesuai kebutuhan. Dengan menerapkan tips di atas, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pengiriman material bangunan dengan aman.

Jika Anda masih bingung menentukan truk yang tepat untuk kebutuhan Anda, Troben Truk bisa menjadi solusi yang tepat untuk sewa truk berkualitas. Layanan ini bisa menjangkau pengiriman antar kota hingga provinsi dengan harga yang terjangkau.

Tunggu apa lagi? Saatnya menggunakan jasa sewa truk di Troben yang bisa menjamin barang Anda selamat sampai tujuan!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel