Home » Seputar Logistik » Jenis Truk Besar Berdasarkan Ukuran dan Kapasitasnya

Jenis Truk Besar Berdasarkan Ukuran dan Kapasitasnya

Jenis Truk Besar

Truk merupakan salah satu jenis kendaraan yang sering digunakan untuk mengangkut barang baik berukuran kecil maupun besar seperti barang elektronik, box, kayu, batu, pasir, hasil tambang serta masih banyak lagi lainnya. Truck ini sangat membantu masyarakat dalam mengirim atau mengangkut barang dalam satu atau beberapa pengiriman apalagi untuk keperluan pengiriman barang cargo maka jenis truk besar kerap kali digunakan.

Jenis-jenis truck berbeda-beda tergantung kebutuhannya, fungsi, hingga kegunaannya. Misalnya dump truck dan truk ringan seperti pick up. Selain ukurannya saja sudah berbeda, tentu muatannya juga berbeda. Semakin besar ukuran truk maka semakin besar pula kapasitasnya. Umumnya jasa ekspedisi menggunakan truk besar dalam mengirimkan barang cargo. Baca artikel ini sampai habis agar Anda tahu informasi mengenai jenis truk besar berdasarkan ukuran beserta kapasitasnya, cekidot!

Inilah 7 Jenis Truk Besar Berdasarkan Ukuran dan Kapasitasnya

Inilah 7 Jenis Truk Besar Berdasarkan Ukuran dan Kapasitasnya

Baca Juga: 6 Jenis Truk Tronton Terbaik Untuk Pengiriman Barang

Untuk mengakomodir segala kebutuhan pengiriman barang banyak dan besar, tentunya dibutuhkan armada truk besar yang memiliki daya tampung makasimum tinggi. Berikut kami berikan beragam jenis truk besar sering digunakan dalam aktivitas pengiriman barang.

  • Fuso Bak

Jenis truk besar pertama ada Fuso bak biasanya digunakan untuk pengiriman besi lembaran, baja, telur, kayu, kabel, beras, pupuk dan peralatan proyek di mana bagian belakang terbuka. Truck jenis ini mempunyai dimensi volume sebesar 25 CBM dengan ukuran panjang 700 cm, lebar 250 cm, tinggi 260 cm. Kapasitas muatan maksimumnya mencapai 10 ton. Truck fuso dirakit oleh pabrikan yang fokus pada produk komersil untuk kelas truck ringan dan menengah. 

  • Fuso Box

Truck fuso box ini tergolong ke dalam jenis truk besar dan mirip dengan truk bak, perbedaanya hanya bagian belakangnya yang tertutup. Truk besar jenis ini cocok digunakan pada jasa pengiriman barang jika memerlukan perlindungan cuaca khusus dan memerlukan pendinginan. Misalnya daging, buah, snack, hingga es. Truk besar ini tentunya memiliki dimensi volume sebesar 25 CBM dengan ukuran panjang 700 cm, lebar 250 cm, tinggi 260 cm.

  • Tronton Bak

Truck jenis ini mampu menampung beban lebih dari 10 ton, bahkan mencapai 20 ton atau lebih. Tronton mempunyai 3 poros roda terbagi menjadi 1 poros roda di depan, 2 poros roda di belakang. Jika dilihat dari jumlah bannya, tronton memiliki 10 ban, 2 depan dan 8 belakang. Dimensi volume keempat jenis gerobak tronton ini adalah 30 CBM. Kapasitas muatan yang mampu diangkut truck tronton ini bervariasi antara 10 hingga 20 ton.

  • Tronton Box

Pada dasarnya truck besar ini sama dengan truck tronton bak, perbedaanya hanya pada bagian belakang tertutup. Dimensi volume keempat jenis gerobak tronton ini adalah 30 CBM. Kapasitas muatan yang mampu diangkut truck tronton ini bervariasi antara 10 hingga 20 ton. Truck jenis ini biasa digunakan dalam jasa ekspedisi.

  • Trailer 20 Feet

Trailer 20 kaki adalah jenis truk besar yang dilengkapi dengan trailer sepanjang 20 kaki (kurang lebih 6,1 meter) yang digunakan untuk mengangkut kargo dalam jumlah besar. Truk ini pada umumnya digunakan sebagai pengangkut barang atau alat dengan ukuran cukup besar dan berat, diantaranya kontainer, mesin berat, atau barang proyek konstruksi. Truk ini memiliki 4-5 sumbu roda dengan beban angkut 20 hingga 60 ton.

  • Trailer 40 Feet 

Trailer 40 feet adalah jenis truk besar yang panjangnya 40 kaki (kurang lebih 12,2 meter). Trailer 40 feet ini digunakan untuk mengangkut barang dengan bebanlebih besar dan berat seperti kontainer, alat berat, atau barang proyek konstruksi. Truck ini memiliki 6 sumbu roda dengan beban angkut sebesar 20 hingga 60 ton.

  • Losbak

Truck losbak merupakan jenis truk besar namun tidak mempunyai bak di semua sisinya, sehingga barang-barangnya hanya ditutupi dengan terpal. Truk besar jenis ini cocok untuk memuat mesin, barang dalam pallet, jumbo bag, hingga barang konstruksi. Keunggulan truk besar jenis ini terlihat dari proses bongkar muat dapat dilakukan dari samping truk. Untuk menambah keamanan, dilengkapi dengan strap/track belt yang bisa mengikat lebih kuat lagi. Beban total yang dapat diangkut truk besar jenis ini sebesar 4-5 ton. 

Penutup 

Dalam dunia logistik terdapat beberapa jenis truk besar yang biasa digunakan untuk pengiriman barang. Jika Anda kerap menggunakan jasa ekspedisi pasti sudah tidak asing dengan jenis truck berdasarkan ukuran beserta kapasitasnya. Tentunya dengan mengetahui jenis jenis truk besar di Indonesia dapat menjadi referensi bagi anda untuk menggunakan jenis truck tersebut sesuai dengan kebutuhan anda dalam proses pengiriman dan pendistribusian barang. 

Untuk memudahkan Anda dalam mengirimkan barang menggunakan truck, Troben hadir sebagai solusi untuk membantu Anda memperlancar arus logistik pendistribusian barang sampai tujuan dengan layanan jasa sewa truk. Dengan Troben, keamanan barang Anda sudah pasti terjamin dan tarif yang ditawarkan pasti lebih murah. Mulai sekarang, tidak usah ragu lagi buat gunakan jasa Troben terkait sewa truck dengan armada super lengkap. Bila Anda memerlukan truk besar bisa langsung Download Aplikasi Pengiriman Barang untuk melakukan pemesanan.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel