Home » Seputar Logistik » 5 Pelabuhan di Batam untuk Angkut Penumpang dan Barang

5 Pelabuhan di Batam untuk Angkut Penumpang dan Barang

Pelabuhan di Batam

Batam adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki jalur pelayaran internasional yang cukup strategi karena berdekatan Singapura dan Malaysia. Dengan kondisi geografis tersebut, terdapat beberapa pelabuhan di Batam yang hingga saat ini menjadi pusat distribusi barang dengan menggunakan moda transportasi laut.

Lokasi yang tersedia menjadi pusat pengiriman domestik untuk perjalanan kapal ke beberapa titik daerah di Indonesia. Selain itu, banyak pelabuhan yang ada di Batam ini menjadi tempat imigrasi untuk pengangkutan barang atau penumpang ke luar negeri.

Berbagai pelabuhan di Batam tersedia untuk menunjang mobilitas baik untuk mengangkut barang atau penumpang. Berikut ini daftar pelabuhan yang bisa Anda ketahui saat mengunjungi kota Batam.

Daftar Pelabuhan di Batam

Jika Anda berencana untuk menggunakan moda transportasi laut di Batam, beberapa pelabuhan ini bisa menjadi pertimbangan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Begitu pula pelabuhan untuk logistik, berikut daftar lengkapnya!

1. Pelabuhan Batam Centre

Pelabuhan di Batam pertama adalah Pelabuhan Batam Centre terletak di Teluk Kering, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.  Pelabuhan ini merupakan tempat berlabuh kapal-kapal ferry yang akan berlayar menuju negara di Singapura dan Malaysia.

Jenis pelabuhan ini berfungsi sebagai pusat pelayaran internasional yang menghubungkan jalur transportasi laut antara kota Batam dan Singapura. Ini menjadi salah satu keunggulan karena konektivitas global yang memudahkan akses langsung ke jalur pelayaran yang menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Pelabuhan Batam Centre juga memiliki fasilitas dan infrastruktur yang dapat mendukung perekonomian global. Hal ini dikarenakan fasilitas yang tersedia  mampu menunjang proses angkut dan bongkar muatan barang menggunakan teknologi canggih.

Sistem gerbang autogate juga sudah diterapkan untuk memudahkan aktivitas penumpang dalam mengakses pintu masuk pelabuhan. Kebutuhan masyarakat untuk berpergian ke luar negeri pun semakin mudah dengan sistem jalur masuk yang lebih cepat.

 

Baca Juga: 5 Pelabuhan di Kalimantan Timur dengan Fasilitas Lengkap

2. Pelabuhan Sekupang

Pelabuhan di Batam selanjutnya adalah Sekupang yang berlokasi di Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Sekupang merupakan pelabuhan domestik sekaligus pelabuhan internasional yang terletak di sebelah barat Pulau Batam.

Aktivitas di pelabuhan ini tidak hanya menjadi penghubung jalur pelayaran internasional seperti ke Singapura saja. Beberapa rute pelayaran yang tersedia juga menuju kota-kota lain seperti Karimun, Dumai, Buton, Tanjung Batu, Moro, dan lain-lain.

Pelabuhan ini memang banyak digunakan sebagai pelabuhan penumpang untuk pelayaran domestik dan mancanegara di Kota Batam. Setidaknya, pelabuhan ini bisa melayani hingga 16.000 penumpang setiap bulannya.

Selain itu, banyak juga beberapa penyedia kapal yang menawarkan pengangkutan barang. Sehingga banyak penyedia jasa ekspedisi yang menyediakan rute pengiriman kargo ke Batam menuju pelabuhan Sekupang.

3. Pelabuhan Nongsapura

Pelabuhan Nongsapura merupakan pelabuhan khusus yang dikelola oleh PT. Nongsa Terminal Bahari. Untuk menuju alamat pelabuhan ini, lokasinya berada di Jalan Hang Lekiu, Sambau, Nongsa. Batam.

Pelabuhan ini adalah pelabuhan yang melayani kapal penumpang untuk rute pelayaran domestik. Selain itu Nongsapura dikategorikan pelabuhan internasional sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal yang membawa turis asing untuk berkunjung ke destinasi wisata di Singapura.

Nongsapura menjadi pusat penyeberangan internasional karena banyak berlabuhnya jenis kapal-kapal ferry. Pelabuhan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin berpergian dengan menggunakan moda transportasi laut.

Berbagai layanan ekspedisi juga menyediakan rute pengiriman barang menuju pelabuhan ini menggunakan moda transportasi laut. Ini memudahkan Anda untuk melakukan muatan barang di Batam baik untuk pengiriman domestik ataupun internasional.

4. Pelabuhan Telaga Punggur

Pelabuhan Telaga Punggur merupakan salah satu jenis pelabuhan domestik yang memiliki beberapa aktivitas mulai dari perikanan, pengangkutan penumpang, hingga angkut barang. Pelabuhan yang dikelola oleh Sarana Yeoman Sembada ini terletak di Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Di sekitar dermaga pelabuhan ini menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal lokal untuk tujuan pelayaran menuju Tanjung Pinang, Tanjung Uban, Dabo Singkep, Lingga, dan lain-lain. Fasilitas yang tersedia mulai dari dermaga, kolam pelabuhan, alur pelayaran, hingga lahan terbuka untuk pelabuhan.

Dengan menyediakan fasilitas yang lengkap, tak heran mengapa aktivitas pelabuhan di Batam ini cukup padat untuk menjalankan kegiatan operasional pengiriman barang maupun bahan makanan.

 

Baca Juga: 5 Daftar Pelabuhan di Kupang Sebagai Gerbang Utama Perdagangan  

5. Pelabuhan Batu Ampar

Pelabuhan di Batam yang terakhir adalah Batu Ampar, berlokasi di Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau. Jenis pelabuhan ini banyak disibukkan dengan aktivitas logistik meliputi bongkar muat peti kemas.

Jika Anda ingin melakukan pengiriman kargo menuju Batam, pelabuhan ini bisa menjadi lokasi tujuan dengan fasilitas yang lengkap. Pelabuhan ini memiliki beberapa fasilitas container yard untuk penyimpanan gudang ataupun perpindahan barang menuju pengiriman selanjutnya.

Saat ini, pelabuhan Batu Ampar juga sudah melakukan pengembangan infrastruktur dengan mendatangkan satu unit ship to shore (STS) Crane, pembanguanan container yard seluas 20 hektar, dan sistem integrasi yang lebih mudah.

Pengembangan fasilitas logistik ini juga tentunya bisa mendukung peningkatan kapasitas pelabuhan dalam menyediakan kapal pengangkut barang. Dengan pengembangan fasilitas dan infrastruktur yang lebih modern, tentu pelabuhan ini mampu mendukung investasi dan perdagangan internasional lebih meningkat.

Demikian daftar pelabuhan di Batam yang perlu Anda ketahui. Beberapa titik lokasi yang tersedia memang banyak digunakan untuk kebutuhan kapal penumpang dengan beberapa rute pelayaran ke Singapura.

Selain itu, banyak juga fasilitas pelabuhan di Batam yang menyediakan layanan pengangkutan barang untuk pengiriman kargo antar pulau hingga antar negara. Kehadiran pelabuhan yang tersedia di Batam ini tentu memudahkan aktivitas pendistribusian barang semakin efektif.

Jika Anda ingin melakukan pengiriman barang dari Jakarta Batam atau sebaliknya, Troben bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengangkut muatan menggunakan moda transportasi laut. Download aplikasi kirim barang untuk akses layanan Troben yang mudah sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel