Home » Bisnis » 7 Tips Laris Manis Usaha Snack Kiloan

7 Tips Laris Manis Usaha Snack Kiloan

Tips memulai usaha snack kiloan

Bisnis kuliner memiliki minat pasar yang cukup banyak terutama untuk jenis makanan-makanan ringan. Usaha snack kiloan tentu bisa menjadi ide menarik untuk Anda yang tertarik mulai berbisnis.

Snack kiloan bisa juga disebut sebagai makanan curah, yaitu jenis makanan yang dijual dan dapat dibeli dalam jumlah besar. Lalu, apa saja peluang yang bisa diambil dari bisnis snack kiloan ini?

Peluang Usaha Snack Kiloan

Ada banyak ide usaha snack yang bisa Anda coba untuk mulai berbisnis kuliner dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Berikut beberapa jenis snack yang bisa Anda coba untuk ide berusaha.

1. Snack Jadul

Snack jadul akhir-akhir ini mulai naik daun kembali dan banyak dicari konsumen baik untuk sekadar bernostalgia mengenang jajanan masa kecil mereka. Tren ini tentu bisa menjadi peluang bisnis Anda untuk memulai usaha snack kiloan.

Ya, beberapa jenis snack jadul seperti permen payung, permen karet, permen rokok, mie lidi, dan lain-lain bisa menjadi pilihan makanan ringan yang tepat. Selain rasanya yang lezat, snack ini juga dapat dijual dengan harga yang terjangkau sehingga bisa menyasar berbagai kalangan konsumen termasuk anak-anak.

2. Snack Lokal

Snack lokal seperti kripik, kue kering, dan makanan manis juga bisa menjadi pilihan untuk berbisnis karena memiliki pasar yang cukup besar. Banyak konsumen membeli jenis snack ini untuk stock makanan ringan, kebutuhan acara besar, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa menjangkau bisnis untuk menjadi reseller atau dropship. Dengan begitu, peluang untuk memperoleh keuntungan dari bisnis snack kiloan ini pun semakin besar.

3. Snack Impor

Peluang usaha snack selanjutnya adalah menjual berbagai aneka macam snack impor yang menawarkan variasi produk dengan rasa yang unik. Anda bisa melihat permintaan konsumen mana yang paling besar untuk mencari pemasok snack impor dari berbagai negara.

Berbagai negara populer seperti Korea, Thailand, Hongkong, Singapore, hingga Jepang memiliki produk snack dengan keunikan negaranya tersendiri. Misalnya snack ringan Thailand yang banyak menjual aneka olahan buah seperti keripik, permen, dan lainnya.

Dari ketiga jenis peluang usaha ini, Anda bisa melakukan riset pasar lebih dalam jenis snack apa yang banyak dicari konsumen. Dengan cara ini, tentu produk jual Anda akan semakin laris manis.

 

Baca Juga: 10 Tips Memulai Usaha Catering Bagi Pemula

Tips Agar Usaha Snack Kiloan Laris

Ingin bisnis Anda berhasil terjual habis? Tentu, Anda harus mengetahui kiat dan tips yang bisa dilakukan saat memulai usaha snack kiloan ini. Apa saja itu?

1. Lakukan Perencanaan Bisnis dengan Matang

Sebelum menjalankan bisnis, sebaiknya lakukan perencanaan bisnis dengan matang dan sesempurna mungkin. Penyusunan rencana bisnis ini meliputi informasi dan deskripsi usaha, produk yang ditawarkan, analisis pasar, strategi pemasaran, hingga tim yang bekerja.

Dengan melakukan perencanaan bisnis, maka akan lebih siap dalam menghadapi tantangan dan masalah yang ada. Ini juga membuat Anda bisa lebih bijaksana dalam mengambil keputusan di masa mendatang.

2. Siapkan Modal Usaha

Modal bisnis tidak hanya berfokus pada membeli makanan curah dari tangan pertama saja. Adapun modal untuk memulai usaha snack kiloan ini juga meliputi biaya operasional, budget promosi, hingga produksi pengemasan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu menyusun kebutuhan sesuai skala prioritas agar bisa menyiapkan modal dengan baik. Dengan mempersiapkan modal usaha yang cukup, bisnis pun dapat terkelola sesuai dengan perkiraan.

3. Pilih Distributor Berkualitas

Distributor snack perlu Anda pertimbangkan juga agar bisa mendapatkan produk snack yang berkualitas. Dengan memilih distributor yang tepat, ini juga bisa mempengaruhi kelancaran bisnis Anda.

Cara menentukan distribusi yang tepat bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan, mulai dari reputasi usaha, kualitas produk, hingga harga yang ditawarkan. Dalam hal ini, Anda juga harus pandai dalam bernegosiasi agar memungkinkan kerja sama untuk jangka panjang.

4. Buat Variasi Snack yang Ditawarkan

Tips usaha snack kiloan selanjutnya adalah menawarkan variasi produk yang lengkap dan beragam. Cara ini cukup ampuh untuk membuat usaha jualan Anda laris manis setiap harinya.

Selain menawarkan produk yang beragam, Anda juga bisa membuat beberapa pilihan kemasan yang berbeda sesuai dengan takarannya. Misalnya membuat kemasan snack mulai dari seperempat kilo, setengah kilo, satu kilo, hingga lima kilo.

 

Baca Juga: Peluang Usaha Mebel dan Tips Memulai Bisnis Mebel

5. Tentukan Nama Merek

Tips yang tidak kalah penting agar usaha laris manis adalah menentukan nama merek dari bisnis itu sendiri. Strategi ini sangat penting untuk bisnis Anda karena dapat mempengaruhi brand awareness di pasar.

Untuk menentukan nama dan merek, pilihlah penggunaan nama dengan kosa kata yang bisa menunjukkan impresi positif di kalangan masyarakat. Pastikan nama tersebut mudah diingat dan memberikan dampak baik bagi citra usaha yang dijalankan.

6. Pilih Packaging yang Menarik

Packaging sebenarnya bisa menjadi salah satu alat pemasaran agar produk usaha snack kiloan Anda lebih unggul dari kompetitor. Oleh karena itu, penting sekali sebuah desain kemasan snack dibuat semenarik mungkin.

Tidak hanya itu, perhatikan juga kualitas dari kemasan yang akan digunakan. Karena kemasan yang baik akan mempengaruhi kualitas snack dapat dapat menjaga isi makanan tetap higienis dan tahan lama.

7. Lakukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Tips usaha snack kiloan selanjutnya agar produkmu makin laku di pasaran, lakukan strategi pemasaran yang bisa meningkatkan penjualan secara signifikan. Anda bisa memanfaatkan media online seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk melakukan promosi.

Selain itu, sediakan juga marketplace e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan semacamnya untuk menjangkau pangsa pasar lebih luas. Semakin luas pasar yang bisa Anda jangkau, maka semakin besar pula peluang untuk untuk pada bisnis Anda.

Oke, jadi itu beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha snack kiloan. Dari penjelasan di atas dapat diketahui dengan melakukan perencanaan bisnis yang matang, ini bisa mempengaruhi bisnis semakin laris manis.

Jika Anda butuh kirim barang skala besar untuk snack kiloan, Troben bisa menjadi pilihan untuk pengiriman makanan agar tetap aman sampai ke tujuan. Layanan yang tersedia di Troben sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis terutama dalam pengiriman dengan muatan besar.

Dengan minimal muatan hanya 10kg saja, Anda sudah bisa melakukan pengiriman hingga ke seluruh Indonesia. Yuk, pesan jasa pengiriman barang di Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel