Home » Bisnis » 8 Tips Membeli Koper untuk Bepergian dengan Aman

8 Tips Membeli Koper untuk Bepergian dengan Aman

Tips Membeli Koper

Koper merupakan barang wajib yang menjadi kebutuhan utama untuk bepergian. Karena fungsinya digunakan untuk perjalanan jauh, maka penting untuk mengetahui tips membeli koper yang berkualitas.

Namun sebelum membahas lebih jauh bagaimana tips membeli koper, penting juga untuk mengetahui fungsi dari koper itu sendiri. Berikut simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Fungsi Koper

Koper sebenarnya tidak hanya berguna pada perjalanan jauh saja, tetapi tas roda ini juga memudahkan Anda ketika membawa barang yang banyak. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan koper.

1. Muat Banyak Barang

Tas koper memiliki ruang yang cukup besar sehingga dapat memuat banyak barang dalam satu tempat. Bahkan untuk koper kecil, tas ini juga bisa membawa beban mencapai 20kg.

Daya tampung yang besar, membuat koper menjadi pilihan tepat untuk Anda gunakan ketika membawa banyak barang. Ini juga membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan ketika berpergian jauh.

2. Fleksibel dan Mudah Dibawa

Jika selama ini tas travel sangat sulit untuk dibawa selama perjalan. Beda halnya jika Anda menggunakan koper saat berpergian jauh. Sifatnya yang fleksibel menjadikan koper lebih mudah dibawa ke mana saja meski membawa banyak barang.

Pada bagian atasnya dilengkapi dengan gagang yang bisa digenggam untuk dikendalikan saat berjalan. Dilengkapi dengan roda yang dapat memutar 360 derajat, menjadikan koper mudah berjalan dengan stabil.

3. Tahan Banting

Koper dengan kualitas tinggi memiliki ketahanan yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis tas lainnya. Karena penggunaannya untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi, tas ini dirancang agar tahan banting dan tidak mudah rusak meski berbenturan dengan benda asing.

Tidak heran mengapa harga koper jauh lebih mahal karena bisa tahan mencapai 5 tahun penggunaan. Pengeluaran koper jelas bukan investasi yang merugikan Anda untuk bepergian.

4. Barang Tertata Rapi

Koper memiliki ruang yang cukup untuk mengemas barang Anda tertata dengan rapi. Ukurannya yang cukup compact memudahkan Anda untuk menyimpan barang secara terorganisir sesuai kebutuhan.

Agar barang tersimpan dengan rapi, tips membeli koper yang tepat untuk kebutuhan perjalanan Anda adalah menggunakan tas organizer untuk mengorganisir barang. Sehingga isi barang di dalam koper dapat terisi sesuai kapasitasnya, tidak terlalu penuh dan tidak terlalu sedikit.

 

Baca Juga: 5 Cara Kirim Paket Koper yang Aman Sampai Tujuan

Tips Membeli Koper untuk Bepergian

Memilih koper tidak hanya mempertimbangkan model atau desainnya yang bagus. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan hal lain agar tidak khawatir saat bepergian jauh. Berikut simak tips membeli koper untuk bepergian!

1. Perhatikan Ukuran Koper

Koper terdiri dari beberapa ukuran yang bervariasi mulai dari 16 inch hingga 32 inch. Tentu sebelum membeli koper, pastikan Anda memperhatikan ukuran sesuai kebutuhan agar tidak menghambat aktivitas saat di perjalanan.

Jika Anda menggunakan koper untuk kebutuhan pribadi, koper berukuran kecil seperti 16-20 inch bisa menjadi pilihan yang tepat untuk perjalanan singkat. Namun, jika Anda menggunakan koper bersama keluarga, koper berukuran di atas 24 inch sangat tepat untuk muatan yang lebih besar.

2. Tentukan Jenis Koper

Tips membeli koper selanjutnya adalah menentukan jenis koper yang Anda inginkan. Jenis koper terdiri dari dua macam yaitu hard case dan soft case. Tentu, kedua jenis koper ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing baik dari segi ketahanan hingga kemampuan bobot yang diangkut.

Jenis koper hard case memiliki ketahanan yang cukup kuat dalam melindungi barang bawaan di dalam. Sedangkan koper soft case sifatnya lebih ringan dan fleksibel sehingga lebih cocok untuk perjalanan singkat.

3. Pilih Desain Sesuai Selera

Setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda terhadap visual desain dari koper itu sendiri. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih desain yang tepat agar tidak mudah bosan meski digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa jenis koper ada yang didesain dengan lengkungan koper yang tajam sehingga membuat tampilan koper terlihat kokoh. Namun, ada pula desain koper yang terlihat lebih classic dengan lapisan soft case yang lembut dan sentuhan warna gelap.

4. Perhatikan Kualitas Roda

Saat membeli koper, jangan hanya memperhatikan desain dan ukuran saja. Namun, Anda harus perhatikan juga kualitas komponen lain yang digunakan dari tips membeli koper ini.

Terutama kualitas pada roda koper tersebut apakah bisa berputar dengan lancar di berbagai kondisi jalanan. Roda yang berkualitas tentu bisa menjadi investasi jangka panjang di masa depan untuk menemani Anda saat perjalanan.

 

Baca Juga: Berbagai Jenis Packing Makanan yang Aman Digunakan

5. Cek Sistem Keamanannya

Tips membeli koper selanjutnya adalah mengecek bagian sistem keamanannya untuk melindungi barang-barang dari tindakan pencurian atau kehilangan. Maka dari itu, pilihlah jenis koper yang dilengkapi dengan sistem seperti Dual TSA Lock (Transportation Security Administration) yang digunakan pada koper Baller.

Jenis koper lainnya juga sudah ada yang dilengkapi alat GPS sehingga Anda bisa melacak keberadaan koper saat di perjalanan. Dengan adanya fungsi alat pelacak, ini bisa menghindari risiko koper kehilangan.

6. Pilih Koper yang Muat ke Dalam Kabin

Perlu Anda ingat bahwa semakin besar koper yang digunakan, maka semakin banyak barang yang harus Anda bawa. Tentunya, ini memungkinkan Anda untuk menambah biaya tambahan jika total berat koper melebihi batas yang ditentukan oleh pihak maskapai.

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan jenis koper yang dapat masuk ke dalam kabin pesawat. Adapun ukuran maksimal koper yang dapat dimasukkan ke dalam kabin berkisar 18 – 20 inci dengan berat maksimal 7kg.

7. Pilih Koper Bergaransi

Merek koper berkualitas biasanya menjamin penggunanya dengan layanan garansi untuk menjaga kualitas pengguna. Anda bisa mempertimbangkan hal ini untuk menjamin kerusakan koper dengan aman.

Beberapa jenis koper adanya yang memberikan jaminan garansi mulai dari 1-10 tahun. Jika terjadi kerusakan pada bagian komponen seperti roda, handle, hingga sistem kunci, Anda bisa klaim garansi untuk perbaikan.

8. Tambahkan Aksesoris

Tips membeli koper terakhir adalah menambahkan aksesoris pada koper yang Anda gunakan. Beberapa jenis aksesoris ini sangat berguna untuk memberikan perlindungan serta keamanan yang ekstra selama di perjalanan.

Jika Anda ingin menambahkan sistem keamanan pada koper, Anda bisa menggunakan beberapa aksesoris seperti gembok dan label pada koper. Kemudian, untuk melindungi koper Anda bisa menggunakan sarung pelindung dan busa pelapis pada handle koper.

Itu dia beberapa tips membeli koper yang wajib Anda perhatikan agar bisa membeli koper sesuai kebutuhan. Dengan membeli koper yang berkualitas, tentu fungsi penggunaan koper dapat bekerja dengan maksimal.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel