Home » Seputar Logistik » 5 Cara Kirim Paket Koper yang Aman Sampai Tujuan

5 Cara Kirim Paket Koper yang Aman Sampai Tujuan

cara kirim paket koper

Ketika seseorang ingin menjalankan ibadah haji dan umroh, salah satu perlengkapan yang dibutuhkan jamaah haji untuk menyimpan berbagai barang bawaan adalah koper. Sehingga pengiriman koper dibutuhkan untuk mengirimkan koper ke calon jamaah. Untuk produsen koper yang akan mengirimkan koper, tentu perlu mengetahui cara kirim paket koper aman supaya saat sampai ke tangan pelanggan, koper bisa digunakan. 

Koper merupakan salah satu perlengkapan yang digunakan untuk menyimpan pakaian, sepatu dan barang pakai lainnya. Ketika seseorang bepergian ke luar kota untuk liburan, menempuh pendidikan sampai pindahan rumah, koper menjadi barang wajib harus dibawa. 

Nah bagi Anda yang ingin tahu cara kirim paket koper dengan aman. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Baca juga: 6 Cara Membungkus Paket dengan Kardus, Anti Ribet!

5 Cara Kirim Paket Koper dengan Aman

Koper memiliki berbagai jenis dan ukuran seperti koper kabin, koper medium dan juga koper besar. Tiap jenis koper memiliki ukuran berbeda-beda. Koper kabin adalah jenis koper dengan ukuran antara 16 inch, 18 inch, dan 20 inch. Sedangkan koper medium merupakan jenis koper yang memiliki ukuran 22 inch dan juga 24 inch. Jenis koper terakhir adalah koper besar yang memiliki ukuran 18 inch dan 32 inch. 

Untuk penjual koper yang ingin mengirimkan koper dalam jumlah banyak, tentu perlu mengetahui cara kirim paket koper yang baik dan benar supaya koper tidak rusak ketika sampai ke tangan pelanggan. Berikut ini kami berikan berbagai cara yang bisa dilakukan saat akan mengirimkan koper: 

1. Packing dengan Benar

Sebelum koper dikirim, proses pengemasan merupakan hal penting dilakukan. Packing yang benar akan menentukan keamanan koper selama pengiriman. Koper terbuat dari berbagai bahan salah satunya plastik. Bahan plastik tentunya mudah pecah bisa terkena benturan keras. Maka dari itu, untuk melindungi koper Anda bisa mengemasnya menggunakan berbagai jenis packing seperti bubble wrap hingga kardus.

Baca juga: 6 Cara Kirim Paket COD Agar Aman Sampai Tujuan

2. Berikan Label Jelas

Bila packing sudah rapi dan aman, selanjutnya Anda bisa menambahkan label jelas pada koper. Label jelas dan akurat untuk memastikan koper akan sampai ke tujuan dengan tepat. Pastikan Anda menuliskan alamat pengirim dan penerima dengan benar. Tak lupa, tambahkan juga stiker “Fragile” untuk memberikan informasi bahwa barang tersebut mudah rusak.

Baca juga: Cara Mengatur Stok Barang, Pebisnis Wajib Tahu!

3. Pilih Jasa Pengiriman Terpercaya

Cara kirim paket koper selanjutnya adalah pemilihan jasa pengiriman terpercaya. Dengan memiliki jasa pengiriman barang tepat, koper milik Anda akan aman selama pengiriman hingga sampai ke alamat tujuan. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih jasa pengiriman terpercaya seperti apakah jasa kirim barang tersebut memiliki reputasi baik atau tidak. Selanjutnya, carilah jasa pengiriman yang memiliki berbagai keunggulan seperti ongkir murah, layanan packing, layanan penjemputan barang, hingga sistem pelacakan barang.

Baca juga: Cara Membuka Packing Kayu Dengan Aman dan Mudah

4. Gunakan Asuransi Pengiriman

Cara kirim paket koper keempat. Bila Anda sudah menentukan jasa pengiriman terpercaya yang akan digunakan untuk membantu pengiriman koper, selanjutnya Anda bisa memberikan asuransi pengirimannya. 

Jasa ekspedisi profesional biasanya sudah bekerjasama dengan pihak penyedia asuransi. Dengan asuransi pengiriman ini, bila terjadi hal yang tidak diharapkan seperti koper rusak atau bahkan hilang, maka Anda bisa melakukan klaim asuransi.

Baca juga: 6 Cara Packing Komputer & PC Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan

5. Lakukan Pelacakan secara Berkala

Cara kirim paket koper yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa koper sampai dengan tepat tujuan adalah dengan melakukan pelacakan secara berkala. Saat Anda mengirimkan paket melalui jasa pengiriman, tentu akan mendapatkan nomor resi. Nomor resi tersebut bisa digunakan untuk melacak posisi koper selama perjalanan. 

Dengan melakukan pelacakan, Anda bisa mengetahui posisi barang secara real time tanpa perlu khawatir bila barang belum sampai ke tangan penerima. 

Baca juga: 10 Cara Kirim Paket Kulkas ke Luar Kota yang Benar dan Aman

Demikian beberapa cara kirim paket koper yang bisa Anda terapkan. Bila Anda sedang mencari jasa kirim paket murah untuk kirim paket koper dalam jumlah banyak. TrawLbens hadir dengan jasa ekspedisi barang murah yang disebut sebagai TrawLpack. Anda bisa memulai pengiriman paket dengan minimum berat barang hanya 10 kg.

Selain tarif pengiriman murah, TrawLbens juga memberikan banyak kemudahan untuk Anda pengirim paket koper seperti layanan penjemputan barang, layanan pengemasan barang, asuransi pengiriman, hingga kemudahan proses pemesanan. 

Untuk kirim paket koper bersama TrawLbens caranya sangat mudah bisa dari aplikasi TrawLbens. Download aplikasi kirim barang TrawLbens di Play Store maupun App Store sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel