Home » Seputar Logistik » 8 Tips Memilih Ban Truk untuk Muatan Berat, Anti Bingung!

8 Tips Memilih Ban Truk untuk Muatan Berat, Anti Bingung!

Cara Memilih Ban Truk.

Tips memilih ban truk tentu harus dilakukan dengan cermat agar bisa bertahan dalam jangka panjang. Terlebih jika ban yang digunakan adalah untuk mengangkut muatan beban yang berat.

Biasanya, ban truk diperkirakan mampu bertahan antara 3-5 tahun lamanya. Namun, tidak menutup kemungkinan, jika mengemudi terlalu keras akan membuat truk bisa mengalami masalah.

Tips Memilih Ban Truk yang Tepat

Saat Anda ingin memilih ban truk untuk muatan berat penting sekali mengetahui kiat-kiat membeli ban yang tepat. Apa saja itu?

1. Ketahui Usia Ganti

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ban memiliki usai pakai yang berbeda-beda tergantung cara penggunaan dan perawatannya. Maka dari itu sebelum mengganti ban baru, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu kapan waktu ban tersebut harus diganti.

Jika ban tersebut tanpa tapak, ini memungkinkan memiliki cengkraman yang lemah bahkan bisa menjadi tindakan ilegal apabila tetap dikemudikan. Sebaiknya, siapkan ban serep agar penggantiannya lebih mudah.

2. Pertimbangkan Fasilitas Tambahan

Saat membeli ban, Anda mungkin akan dihadapkan untuk memilih berbagai fasilitas tambahan yang ditawarkan di toko. Fasilitas ini tersedia untuk meningkatkan kinerja dari ban truk itu sendiri.

Selain itu, beberapa fasilitas lainnya seperti asuransi mungkin Anda dapatkan untuk menjamin keamanan penggunaan ban. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan lebih matang fasilitas apa saja yang ingin Anda tambahkan saat membeli ban.

3. Ketahui Fungsi Ban

Tahukah Anda? bahwa tidak semua ban memiliki fungsi yang sama. Tentu ada perbedaan yang cukup signifikan bahkan bisa berdampak besar terhadap penggunaan mobil truk.

Seperti contoh penggunaan truk dengan ban yang  lembut sangat cocok untuk daerah dingin yang sering turun salju hebat. Hal ini dikarenakan ban yang lembut dapat meningkatkan daya cengkeraman. Namun, kebanyakan ban dirancang secara khusus agar mampu bertahan di segala cuaca, di mana ban tersebut dapat digunakan di daerah dengan iklim sedang.

4. Kenali Jenis Tapak Ban

Tips selanjutnya adalah kenali tapak ban untuk mengetahui jenis yang cocok dengan spesifikasi mobil truk Anda. Seperti yang diketahui, jenis tapak ban terbagi menjadi 3, yaitu rib, lug, dan mix.

Untuk ban jenis rib memiliki pola rib yang melingkari ban membentuk seperti cacing atau ringga di sepanjang sumbu. Ban ini memiliki keunggulan pada permukaan jalan yang keras seperti aspal dan beton.

Kemudian jenis tapak ban kedua adalah Lug,  yang memiliki traksi cukup tinggi sehingga banyak digunakan sebagai roda penggerak kendaraan komersial. Ban ini dirancang untuk melewati berbagai kondisi jalan seperti tanah dan lumpur.

Sedangkan jenis tapak ban yang terakhir adalah mix, yaitu gabungan antara pola rib dan lug. Ban ini memiliki kemampuan off-road yang baik serta kinerjanya yang seimbang untuk melintasi jalanan beraspal dan tanah dalam perjalanannya.

 

Baca Juga: 4 Tips Menentukan Ukuran Bak Truk Pasir Sesuai Kebutuhan

4. Pahami Kode Ban

Saat membeli ban truk, perhatikan juga kode yang tertera di dinding samping ban. Konde ini terdiri dari angka dan huruf yang menunjukkan jenis, ukuran, serta performa dari ban itu sendiri.

Pada tiga digit pertama, ini menunjukkan ukuran lebar dari samping ban, kemudian ada garis miring dan dua digit angka yang menunjukkan rasio aspek dan jumlah persentase yang sebanding dengan lebar ban. Kemudian huruf yang diikuti dua angka seperti contoh R18, itu berarti kendaraan ini cocok untuk kendaraan beroda ukuran 18.

5. Survei Toko

Tips selanjutnya untuk memilih produk yang tepat, pastikan Anda melakukan survei toko terlebih dahulu di lokasi sekitar. Mengingat ada banyak jenis ban truk dengan harga yang cukup beragam.

Pada waktu ini, Anda bisa mengunjungi dealer atau toko otomotif untuk konsultasikan kebutuhan dan melihat penawaran yang terbaik. Setelah tahu produk atau merek apa yang akan dibeli, Anda mungkin bisa memesannya secara online agar lebih praktis untuk dikirim ke lokasi Anda.

6. Beralih ke Ban Penumpang

Tips selanjutnya adalah beralih ke ban penumpang agar lebih menghemat biaya saat membeli ban sesuai kebutuhan. Hanya saja, penggunaan ban penumpang dikhususkan apabila ban dipasang pada mobil penumpang.

Menambahkan ban penumpang disarankan jika truk lebih banyak digunakan untuk mengendarai dan menampung penumpang. Namun, jika Anda diharuskan untuk membeli ban penumpang yang lebih berat, sebaiknya bisa membeli ban truk saja.

7. Tetapkan Anggaran

Harga satu ban bisa sangat mahal sehingga Anda perlu mempertimbangkan besaran anggaran yang harus disediakan. Pastikan anggaran tersebut sesuai dengan tujuan Anda untuk mendapatkan ban berkualitas tinggi.

Persiapkan juga anggaran untuk garansi yang bisa memberikan jaminan apabila terjadi kerusakan pada ban tersebut setelah membeli. Dengan menetapkan anggaran yang besar, ini memungkinkan juga Anda untuk memperoleh jenis ban yang berkualitas.

8. Hindari Impulsif

Beberapa fasilitas dan aksesoris tambahan untuk ban, bisa menyebabkan Anda berbelanja secara impulsif hanya kesenangan mata semata. Hal ini tentu membuat Anda lebih boros karena mengeluarkan biaya yang tidak perlu.

Oleh karena itu, sebaiknya tetap teguh terhadap pendirian Anda untuk memaksimalkan anggaran yang telah ditetapkan. Hindari membeli barang yang bukan menjadi prioritas saat membeli ban truk untuk muatan berat.

 

Baca Juga: Jenis jenis Truk di Indonesia beserta Kapasitasnya

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih ban truk untuk muatan berat. Penting untuk Anda ketahui agar selalu mempertimbangkan faktor keselamatan saat memilih jenis ban yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan truk Anda.

Jika Anda membutuhkan layanan sewa truk berkualitas untuk berbagai keperluan pengiriman barang, Troben bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Segera unduh aplikasi kirim barang untuk menggunakan layanan Troben Truk dengan harga terjangkau sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel