Home » Bisnis » 9 Jenis Teknologi Industri 4.0 dan Dampak Perkembangannya

9 Jenis Teknologi Industri 4.0 dan Dampak Perkembangannya

Industri 4.0

Istilah Industri 4.0 sudah tidak asing lagi terdengar dengan adanya perkembangan di bidang IT yang begitu pesat. Revolusi ini tentunya memiliki dampak yang cukup besar terhadap perubahan yang ada di dalam dunia industri.

Lalu apa pengertian dan jenis teknologi yang ada pada revolusi Industri 4.0? Artikel ini akan membahas lebih banyak tentang teknologi siber satu ini. Berikut simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Industri 4.0?

Industri 4.0 sering kali disebut sebagai cyber physical system, yang merupakan revolusi di mana menitikberatkan otomatisasi dan kolaborasi pada teknologi saber. Revolusi ini muncul pada abad ke-21 dengan adanya penggabungan antara informasi dan teknologi komunikasi di bidang industri.

Kemunculan revolusi ini telah merubah banyak hal di berbagai sektor seperti penggantian tenaga kerja manusia dengan beralih ke mesin teknologi. Tentunya ini membuat cara hidup, bekerja, dan berhubungan dengan manusia berubah begitu pesat dalam aktivitas sehari-hari.

Jenis Teknologi dalam Industri 4.0

Setidaknya terdapat 9 teknologi yang merupakan pilar dalam pengembangan industri untuk beralih secara digitalisasi. Berikut jenis-jenis teknologi yang ada di dalam revolusi industri 4.0.

1. Internet of Things (IoT)

Teknologi pertama dalam pengembangan revolusi cyber physical system adalah Internet of Things atau IoT. Konsep ini memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa adanya interaksi dengan manusia.

Jenis teknologi ini menggunakan sistem dari kesatuan perangkat komputasi, mekanis, dan mesin digital yang saling terhubung. Sistem di dalamnya terdiri dari beberapa komponen seperti perangkat sensor, pemrosesan data, konektivitas, dan antarmuka pengguna.

Contoh produk yang pernah dibuat diantaranya adalah jarvis yang dapat mematikan lampu ketika sudah pagi. Contoh lainnya seperti aplikasi eFishery juga memanfaatkan IoT untuk nemberi pakan ikan secara otomatis.

2. Big Data

Jenis selanjutnya adalah Big Data yang digunakan untuk menggambarkan volume data secara terstruktur atau tidak terstruktur. Sistem teknologi ini sudah banyak digunakan di berbagai industri untuk menentukan arah bisnis dalam jangka kedepan.

Beberapa penyedia layanan yang menggunakan teknologi Big Data cukup beragam seperti Dattabot, Sonar Platform, Warung Data, Paques Platform.

3. Augmented Reality

Teknologi Industri 4.0 selanjutnya adalah Augmented Reality atau lebih dikenal dengan sebutan AR. Revolusi ini menciptakan gabungan antara dunia maya dua dimensi dan tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata.

Proyeksi benda maya ini nantinya masuk ke dalam waktu nyata, menciptakan hiburan yang menyenangkan. Teknologi ini sudah diterapkan ke beberapa aplikasi seperti chatbot dengan memperkenalkan face recognition.

 

Baca Juga: Macam-Macam Investasi yang Menguntungkan pada 2024

4. Cyber Security

Revolusi industri satu ini cukup banyak diketahui yang bernama Cyber Security. Teknologi ini merupakan bentuk perlindungan dari cyber attack. untuk melindungi segala data informasi pribadi.

Cyber attack sendiri merupakan segala jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan atau confidentiality, integritas atau integrity, serta ketersediaan atau availability sebuah informasi.

5. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence adalah salah satu teknologi yang paling populer dalam revolusi Industri 4.0. AI sendiri merupakan bentuk teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan seperti manusia.

Fungi dari teknologi AI adalah memiliki kemampuan untuk mempelajari data yang diperoleh secara berkesinambungan. Sehingga, semakin banyak data yang diterima, maka semakin baik pula data tersebut dapat dianalisis untuk melakukan prediksi.

6. Additive Manufacturing

Additive Manufacturing merupakan terobosan baru dalam dunia manufaktur yang populer karena menggunakan mesin printer 3D. Teknologi ini mampu menciptakan suatu gambar atau bentuk desain digital menjadi barang nyata.

Ini memungkinkan suatu industri manufaktur dapat memproduksi barang dengan ukuran atau bentuk yang sudah didesain dalam gambar digital.

7. Simulation

Teknologi yang ketujuh dalam pengembangan yang terjadi di revolusi industri 4.0 adalah Simulation yang merupakan bentuk perwakilan dari operasi waktu ke waktu. Simulasi seringkali digunakan untuk berbagai konteks, seperti dalam simulasi teknologi yang digunakan untuk optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, serta pelatihan.

8. System Integration

Sistem integrasi adalah rangkaian teknologi yang menghubungkan beberapa sistem secara fisik ataupun fungsional. Sistem ini dapat menggabungkan komponen sub item yang ada agar dapat bekerja dengan baik sebagai kesatuan dalam sistem yang ada.

9.Cloud Computing

Jenis teknologi yang terakhir adalah cloud computing yang merupakan teknologi penggunaan internet untuk menjad pusat pengelolaan data dan aplikasi. Terobosan industri 4.0 ini memberikan pengguna komputer untuk memiliki hak akses  masuk ke dalam server melalui internet.

 

Baca Juga: Industri Manufaktur Adalah: Pengertian, Jenis, dan Tantangannya

Dampak Perkembangan Industri 4.0

Hadirnya revolusi ini, tentu memberikan dampak positif terhadap perkembangan di berbagai sektor industri. Berikut beberapa dampak yang muncul dengan adanya industri 4.0.

1. Akses Informasi Lebih Mudah

Kehadiran revolusi industri banyak memberikan perubahan terhadap kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah kemudahan untuk mengakses informasi dari di mana dan kapan pun.

2. Peralihan Tenaga Manusia

Industri manufaktur bekerja semakin efektif dengan penggunaan teknologi mesin untuk memproduksi barang secara massal. Peralihan tenaga manusia ini bisa meningkatkan hasil produksi secara efisien dengan penggunaan tenaga kerja yang lebih sedikit.

3. Produk Barang Lebih Berkualitas

Industri 4.0 juga memiliki dampak secara signifikan terhadap memproduksi barang yang relatif singkat. Ini juga dapat mempengaruhi hasil produksi barang yang lebih bermutu dan berkualitas.

4. Peluang Kerja Meningkat

Kehadiran teknologi yang semakin canggih menciptakan adanya peluang kerja baru dengan kompetensi yang andal. Tentu kebutuhan akan tenaga kerja di berbagai sektor bisnis semakin meningkat.

Demikian penjelasan tentang apa itu revolusi industri 4.0 dengan berbagai keunggulan yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Revolusi ini juga memudahkan untuk mengembangkan bisnis lebih optimal dengan adanya inovasi teknologi canggih.

Kecanggihan teknologi industri 4.0 juga hadir dalam aplikasi Troben yang memudahkan pengguna untuk melakukan pemesanan kirim barang hanya melalui satu platform saja. Dengan teknologi yang dikembangkan, aplikasi Troben juga mampu melacak pengiriman secara realt time. Yuk, unduh aplikasi jasa pengiriman barang Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel