Home » Seputar Logistik » Apa Itu Cross Docking Beserta Ragam Jenisnya

Apa Itu Cross Docking Beserta Ragam Jenisnya

Pengertian Cross Docking

Dalam dunia logistik terdapat banyak istilah dapat kita pelajari untuk mengetahui lebih dalam mengenai informasi dunia logistik. Salah satu istilah sering kali digunakan adalah cross docking. Mungkin dari Anda tidak pernah mendengarkan istilah tersebut karena tidak familiar pada masyarakat pada umumnya.

Apa itu cross docking? pengertian dari cross docking adalah suatu kegiatan proses untuk menurunkan sebuah barang dari suatu tempat dimasukan ke dalam gudang setelah itu akan dipindahkan ke tempat lainnya, agar prosesnya tidak lama.  Manfaat docking untuk mencegah terjadinya penumpukan pada pada gudang.

Selain itu dengan menggunakan metode ini kita akan mendapatkan banyak keuntungan dengan berbagai macam jenisnya, simak pembahasannya dibawah ini!

Keuntungan Menggunakan Cross Docking

Keuntungan Menggunakan Cross Docking

Baca Juga: Apa Itu Jasa Logistik? Kenali Dunia Logistik Lebih Jauh Disini!

Terdapat banyak keuntungan akan Anda dapatkan ketika menggunakan metode tersebut untuk mempermudah proses kegiatan logistik Anda, beberapa manfaat akan Anda dapatkan diantara lainnya: 

  • Penangan Pasokan lebih efisien

Baik pihak warehouse dan penerima akan mendapatkan keuntungan, dengan proses pengangkutan cepat, meminimalisir terjadinya ketertinggalan barang, karena barang langsung diangkut menggunakan truk lainnya untuk dilanjutkan. Cara ini sangatlah efisien karena diangkut dari satu truk ke truk yang lainnya. 

  • Meminimalisir Terjadinya Kerusakan Barang

Pengangkutan menggunakan Docking sangat meminimalisir terjadinya kerusakan barang dikarenakan pengiriman dilakukan secara bersamaan dan serentak.

Dengan metode ini paket akan langsung dikirimkan dan tidak lama tersimpan di gudang, sehingga jika ada paket mudah basi karena menggunakan metode langsung dikirimkan, paket tersebut akan tetap dalam kondisi prima.

  • Biaya Gudang Hemat

Jika suatu paket  disimpan dalam waktu lama, pastinya membutuhkan biayatidak sedikit juga. Tetapi karena dengan metode ini paket tidak perlu berlama-lama di dalam gudang, dengan hanya perlu mengeluarkan biaya sedikit. Semakin lama barang tersebut berada di gudang semakin mahal juga biaya yang dikeluarkan.

Anda dapat menghemat dana yang Anda miliki sepersekian persen dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain Anda perlukan. 

  • Hanya Membutuhkan Gudang Kecil

Umumnya dengan menggunakan jasa cross docking, Anda tidak memerlukan gudang besar untuk menyimpan sebuah barang. Barang yang dipindahkan dengan metode ini hanya sementara saja ditaruh di gudang, dan akan dipindahkan langsung ke truk. 

Jenis Cross Docking

Selain memiliki manfaat bermacam-macam, cross docking juga memiliki berbagai macam jenis  bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah jenis-jenis docking yang akan kami jabarkan satu per satu.

  • Transportasi

menggunakan metode cross docking ini, Anda bisa sangat menghemat biaya yang kini dimiliki. Cross Docking transportasi merupakan cara pengangkutan barang dengan menghubungkan antara barang dengan muatan kecil ke muatan besar. Agar kedua barang tersebut disatukan ke dalam satu muatan yang lebih mudah.

  • Retail

retail merupakan salah satu jenis paling umum terjadi. Sesuai dengan namanya dengan cross docking retail mereka akan menerima paket dari para vendor. Setiap paket diterima dari vendor akan disatukan ke dalam satu truk, setelah itu akan dikirimkan sesuai dengan alamat tujuan toko retail dituju. 

  • Manufacture

Manfaat dari cross docking manufacture sebagai untuk mengumpulkan barang-barang dan membantu agar prosesnya lancar sesuai dengan prosedur. Jika ada produsen membutuhkan untuk sewa sebuah pusat distribusi jaraknya tidak jauh dari pabrik manufacture, mereka akan mempersiapkan dan mengumpulkan barang.

Lebih mudahnya, Pusat dari distribusi tersebut akan menerima barang dan akan dilanjutkan untuk dikirim ke tempat produksi.Dari jenis-jenis manufacture diatas Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan  dibutuhkan. 

Penutup

Terdapat berbagai macam istilah ada di dunia logistik, berbagai macam jenis dan kegunaanya. Anda bisa menelusuri ilmu-ilmu mengenai logistik lebih dalam melalui artikel-artikel yang membahas logistik, artikel-artikel tersebut bisa di dengatemukan dan tersebar di internet. 

Setelah Anda sudah mengetahui Apa itu cross docking dan pengertian cross docking, Sekarang Anda bisa menggunakan jasa layanan cross docking tanpa harus mengkhawatirkan hel tersebut lagi. 

Karena kemudahan-kemudahan ditawarkan oleh metode ini serta terbagi dalam berbagai jenis yang dapat memudahkan dan membantu Anda dalam proses pengiriman barang Anda. Dengan cross docking Anda juga bisa mengirimkan paket dengan cepat dan meminimalisir terjadinya kerusakan barang. 

Download Aplikasi Pengiriman Barang dari Troben bila Anda membutuhkan jasa pengiriman barang dengan tarif yang lebih hemat.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel