Home » Seputar Logistik » Apa Itu Jasa Logistik? Kenali Dunia Logistik Lebih Jauh Disini!

Apa Itu Jasa Logistik? Kenali Dunia Logistik Lebih Jauh Disini!

Apa Itu Jasa Logistik

Apa itu jasa logistik? Dengan banyaknya jumlah industri, penyedia jasa logistik juga terus bertambah jumlahnya untuk memberikan opsi bagi setiap segmen. Tentu, jika Anda berminat untuk membuka bisnis, Anda wajib paham mengenai apa itu jasa logistik, dan serba-serbi tentang dunia logistik itu sendiri.

Mungkin sebagian besar dari Anda saat membaca artikel ini masih beranggapan bahwa jasa logistik dan jasa ekspedisi merupakan sesuatu sama. Well, sebenarnya pada beberapa aspek hal ini tidak bisa disalahkan, karena kedua jenis jasa tersebut sama-sama menawarkan pengiriman barang  secara umum. Namun demikian jika dilihat detailnya, terdapat perbedaan mencolok antara jasa logistik, atau jasa cargo, dengan jasa ekspedisi konvensional.

Apa itu Jasa Logistik? Ini Dia Definisi Jasa Logistik!

Sebenarnya jika dilihat dari definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kedua jasa pengiriman ini memiliki perbedaan sangat tampak.

Secara definitif, jasa ekspedisi merupakan jasa pengantaran surat, barang, dan sebagainya. Dalam definisi lain, perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah perusahaan pengangkutan barang dalam jumlah yang relatif kecil.

Untuk jasa logistik sendiri didefinisikan sebagai penyedia jasa yang memuat barang yang diangkut dengan kapal laut, pesawat udara, atau pengangkut lain. Dalam definisi lain juga disebutkan sebagai jasa pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan perlengkapan, perbekalan dan ketenagaan. Jadi bisa disimpulkan bahwa jasa ekspedisi merupakan jasa pengiriman untuk barang dengan ukuran yang kecil, baik dimensi atau tonasenya. Bagimana sudah taukan sekarang apa itu jasa logistik.

Fungsi Utama Jasa Logistik

Sebenarnya jika dilihat dari definisi di atas, fungsi jasa logistik ini cukup jelas, yakni memindahkan, mengirimkan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya, dengan ukuran barang yang besar, banyak, atau perlu penanganan khusus. Pengiriman yang dilakukan jasa logistik identic dengan ukuran tonase besar, dimensi besar, atau harus ditangani secara khusus.

Barang -barang yang biasa dikirimkan sebenarnya cukup luas range-nya, mulai dari bahan baku konveksi, bahan bangunan, kendaraan bermotor (mobil dan motor), hingga barang yang lebih besar seperti perabotan rumah tangga (tempat tidur, lemari, meja dan kursi), peralatan elektronik, peralatan produksi pabrik, alat berat, barang seni, dan sebagainya.

Bisa dibayangkan betapa repotnya jika tidak tersedia jasa logistik untuk mengakomodir kebutuhan pengiriman ini bukan? Tentu ini sangat tidak efektif untuk bisnis Anda bukan?

Segmen Pasar Pengguna Jasa Logistik

Segmen pasar pengguna jasa logistik sendiri didominasi oleh pelaku industri dan pelaku bisnis. Secara praktis memang golongan ini yang akan menikmati berbagai kelebihan dari jasa logistik. Segmentasi pasar ini sebenarnya tidak secara khusus dikategorikan pada golongan tertentu, hanya saja jika melihat keperluan pengiriman dan syarat serta ketentuan yang diberlakukan, segmen pasar ini seperti otomatis terkelompok jadi dua bagian besar.

seperti definisi sebelumnya mengenai apa itu jasa logistik. Jasa logistik sendiri akan memberikan minimal pengiriman yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jasa ekspedisi. Umumnya, batas minimal pengiriman ini adalah 50 Kg atau 100 Kg. Tidak masalah tentu jika masyarakat ingin menggunakan jasa logistik dalam pengiriman yang diperlukannya, namun ketika berat barang tak mencapai angka tersebut, maka harga yang harus dibayar adalah harga untuk minimal pengiriman tersebut. Cukup berat bukan jika harus berlaku demikian?

Jasa ekspedisi, di sisi lain, menawarkan harga yang lebih ekonomis dalam pengiriman barang skala kecil. Katakanlah pengiriman barang dengan berat kurang dari 10 Kg, maka akan dikenakan ongkos sejumlah barang tersebut karena biasanya minimal pengiriman jasa ekspedisi hanya 1 Kg saja. Jadi pengirim tak perlu membayar minimal ongkos yang besar.

Melihat sedikit uraian di atas, jelas mengapa segmen pengguna jasa logistik adalah perusahaan dan industri, karena dengan minimal pengiriman tersebut tentu konsumen ini tak akan keberatan. Untuk pengiriman yang dilakukan, batas pengiriman tersebut tak akan berarti banyak.

Sedangkan untuk masyarakat umum, jasa ekspedisi akan jauh lebih masuk akal. Tanpa minimal pengiriman (pun terdapat minimal, biasanya hanya 1 Kg saja), maka ongkir yang harus ditanggung tentu akan semakin ekonomis dan terjangkau.

Tapi bagaimana jadinya jika terdapat jasa logistik dengan minimal pengiriman hanya 10 Kg saja? Apakah tarifnya akan jauh lebih terjangkau daripada ukuran 10 Kg jasa ekspedisi?

Kelebihan Jasa Logistik dibanding Jasa Ekspedisi

Nah setelah kita mengetahui apa itu jasa logistik, kini kita masuk pada pembahasan kelebihan jasa logistik yang tak dimiliki oleh jasa ekspedisi. Di sini Anda akan melihat mengapa jasa logistik hingga saat ini bisa tetap menjadi andalan pebisnis dan kalangan industri, untuk menunjang usaha yang dimilikinya.

Kapasitas Pengiriman Besar

Pertama dan utama, adalah kapasitas pengiriman yang sangat besar dimana pengiriman logistik biasanya memiliki sarat kapasitas yang cukup besar dimana kebanyakan pengiriman logistik menmiliki minimal pengiriman mulai dari 50kg sampai dengan 100kg. Tanpa harus melakukan pelanggaran batas angkut, armada yang digunakan dipastikan dapat mengakomodir berbagai keperluan pengiriman. Mulai dari alat berat, bahan baku produksi, hingga pengiriman dengan kontainer khusus.

Harga yang Lebih Ekonomis

Tak terbayang jika harus mengirim dump truck dengan bobot 12 ton, dengan harga ongkir Rp.10.000/Kg bukan? Dengan jasa logistik, Anda bisa menikmati tarif pengiriman kurang dari setengah harga tersebut. Otomatis, ongkir total akan jadi lebih murah, karena semakin besar tonasenya, semakin murah ongkirnya.

Ragam Jenis Barang

Ketiga, jasa logistik juga dapat mengakomodir segala jenis barang Anda. Benar-benar segala jenis barang, menyesuaikan armada yang dimiliki jasa logistik tersebut semua barang akan bisa dikirim oleh pemilik jasa logistik. Selama barang ini tidak  melanggar hukum yang berlaku di Indonesia jika sampai melanggar maka akan diambil tindak tegas kepada orang tersebut. Pengiriman ini dilakukan dengan sangat cepat dan efisien! Seperti pembahasan pada sebelumnya mengenai apa itu jasa logistik.

Sebagai bonus, layanan logistik Troben, juga menyediakan batas pengiriman minimal yang sangat rendah, hanya pada angka 10 Kg saja. Tentu ini sangat memudahkan pengiriman logistik yang dilakukan, karena lebih bersahabat dengan keperluan pengiriman UMKM. Selain itu, ongkir di jasa pengiriman barang Troben mulai dari Rp.3.000/Kg, menjadikan jasa logistik ini termurah di kelas bisnisnya. Salah satu rute favorit di Troben layani adalah ekspedisi Jakarta Surabaya.

Selalu pastikan pengiriman logistik Anda lakukan menggunakan Ahlinya Jasa Pengiriman. Terus ikuti kabar terbaru di blog Troben, dan manfaatkan setiap promo yang ditawarkan Troben, mulai dari penjemputan hingga pengantaran door to door sampai dengan tujuan Anda. Terima kasih Sudah Membaca Artikel Mengenai Apa itu Jasa Logsitik. Untuk Mengetahui Informasi Berita Seputar Logistik Anda Dapat Membaca Di Blog Troben Semoga Artikel Ini Dapat Bermanfaat Untuk Anda. Jangan Sampai Lupa Untuk Mendownload Aplikasi Pengiriman barang Troben di App Store & Google Play. Yuk gunakan jasa ekspedisi cargo murah Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel