Home » Bisnis » Apa Itu Inventory Turnover? Simak Fungsi dan Tipsnya!

Apa Itu Inventory Turnover? Simak Fungsi dan Tipsnya!

Apa Itu Inventory Turnover

Setiap aktivitas penjualan tentu harus diukur secara berkala untuk mengelola bisnis lebih mudah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa itu Inventory Turnover guna mengukur jumlah penjualan barang dalam periode waktu tertentu.

Inventory Turnover ini menjadi aspek yang sangat penting untuk para pebisnis dalam mengukur penjualannya setiap tahun. Dengan mengetahui jumlah produk yang terjual, pengelolaan stok di gudang juga lebih efisien.

Maka dari itu, penting memahami apa fungsi serta cara meningkatkan penjualan dengan penerapan sistem ini. Untuk memahami lebih lanjut, simak apa itu Inventory Turnover pada artikel berikut ini!

Apa itu Inventory Turnover?

Inventory Turnover dikenal juga sebagai stock turn atau inventory turn untuk mengukur seberapa sering persediaan pada gudang terjual sepanjang tahun. Perputaran persediaan ini dapat mengukur seberapa cepat  perusahaan menjual persediaan dan bagaimana analisis membandingkan perputaran persediaan dengan rata-rata industri.

Inventory Turnover  yang rendah menunjukkan penjualan yang lambat dan  kemungkinan kelebihan atau kelebihan persediaan.  Hal ini mungkin mengindikasikan adanya masalah pada penjualan produk  atau kurangnya pemasaran.

Sebaliknya, rasio perputaran persediaan yang tinggi menunjukkan penjualan yang kuat atau persediaan yang rendah. Istilah ini menjadi indikator penting yang dapat membantu mengukur efektivitas penjualan dan manajemen persediaan.

 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Inventory Control, Fungsi, dan Tugasnya

Fungsi Inventory Turnover

Memahami fungsi apa itu Inventory Turnover tentunya memiliki banyak kegunaan terutama pada aktivitas pengelolaan barang di gudang. Berikut beberapa fungsi dari kegunaan stock run ini.

1. Memudahkan Mengambil Keputusan

Fungsi utama dari inventory turnover adalah membantu perusahaan dalam mengambil keputusan manajemen persediaan lebih baik. Dengan mengetahui perputaran persediaan, memungkinkan perusahaan mengidentifikasi produk yang mengalami masalah penjualan dan mengambil langkah untuk memperbaikinya. Misalnya jika penjualan suatu produk rendah,  perusahaan dapat menerapkan strategi promosi seperti penawaran khusus untuk meningkatkan penjualan.

2. Mengukur Key Performance Indicator

Keunggulan dari apa itu Inventory Turnover adalah dapat digunakan sebagai indikator kinerja utama atau Key Performance Indicator (KPI) dalam penjualan. Dengan mengukur perputaran persediaan memungkinkan perusahaan menentukan apakah penjualan telah memenuhi target yang diharapkan.

3. Menghemat Biaya

Peningkatan perputaran persediaan, perusahaan dapat menghemat biaya penyimpanan lebih besar. Ketika perputaran persediaan rendah, barang tetap berada di gudang dan biaya penyimpanan meningkat. Oleh karena itu, dengan meningkatkan perputaran persediaan, perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan dan mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan.

4. Mengevaluasi Kinerja Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berfungsi untuk memudahkan mengambil keputusan serta dapat mengukur KPI dalam sebuah bisnis. Itu berarti, fungsi ini juga dapat mengevaluasi kinerja bisnis agar bisa menetapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan performa bisnis Anda.

 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Bukti Transaksi! 

Tips Meningkatkan Inventory Turnover

Untuk meningkatkan ukuran apa itu Inventory Turnover pastikan Anda menerapkan beberapa tips di bawah berikut ini. Apa saja itu?

1. Forecasting

Permintaan forecasting merupakan langkah penting dalam meningkatkan perputaran persediaan. Cara ini meliputi pemahaman tren pasar dan pola permintaan pelanggan yang memungkinkan bisnis dapat menilai kebutuhan inventaris dengan lebih akurat. Hal ini juga dapat menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan yang dapat mempengaruhi perputaran persediaan.

 2. Meningkatkan Perputaran Barang

Salah satu cara untuk meningkatkan penjual produk, tentunya dengan meningkatkan perputaran persediaan pada gudang. Hal ini dapat dicapai dengan memperkenalkan produk baru atau memperbarui produk yang sudah ada untuk meningkatkan minat pelanggan. Cara ini memungkinkan perusahaan  dapat menjalankan promosi dan penawaran khusus untuk meningkatkan penjualan dan memindahkan inventaris.

 3. Mengotomatiskan Manajemen Inventaris

Cara selanjutnya untuk meningkatkan apa itu Inventory Turnover adalah dengan menggunakan sistem otomasi untuk manajemen inventaris. Cara ini juga dapat membantu meningkatkan perputaran inventaris.

Penggunaan sistem manajemen inventaris yang terintegrasi memungkinkan bisnis melacak dan memperkirakan permintaan dengan mudah. Proses ini juga dapat mengoptimalkan manajemen inventaris secara efisien.

 4. Menetapkan Harga yang Bersaing

Dengan melakukan apa itu Inventory Turnover, ini juga bisa menetapkan harga produk yang bersaing dengan kompetitor. Proses ini meliputi melakukan analisis dan memahami permintaan pasar untuk menetapkan harga yang kompetitif dan menarik bagi pelanggannya.

Selain itu, perusahaan juga harus memperhatikan faktor biaya, margin keuntungan, dan strategi penetapan harga yang sesuai untuk mencapai keseimbangan antara penjualan dan keuntungan. Dengan adanya penetapan harga produk ini juga membantu meningkatkan perputaran persediaan.

5. Mengetahui Masa Kadaluarsa Produk

Penting untuk dilakukan dalam pengelolaan stok barang, yaitu dengan mengetahui masa kadaluarsa produk. Hal ini perlu diwaspadai untuk menghindari penjualan produk yang tidak layak pakai atau konsumsi akibat kadaluarsa.

Dengan melakukan pemantauan dan pengelolaan yang baik terhadap produk yang mendekati tanggal kadaluarsa  dapat mencegah kerugian akibat produk yang tidak terjual. Penerapan sistem rotasi inventaris berdasarkan tanggal kedaluwarsa akan meningkatkan perputaran inventaris dan mengoptimalkan pemanfaatan produk yang ada.

Maksimalkan Pendistribusian Barang Bersama Troben

Demikian penjelasan apa itu inventory turnover yang perlu Anda pahami dalam dunia bisnis. Sebagai pelaku usaha, sistem ini tentu perlu diterapkan agar perputaran persediaan barang pada gudang usaha Anda berjalan dengan efisien.

Begitu pula agar perputaran barang berjalan dengan lancar, penting juga untuk mengandalkan layanan ekspedisi terpercaya sehingga pendistribusian produk bisnis Anda bekerja dengan optimal.

Troben bisa menjadi pilihan paling tepat untuk Anda yang ingin mengirim kebutuhan barang untuk pengiriman kargo dalam bisnis Anda. Dilengkapi dengan beberapa layanan pilihan menggunakan moda transportasi darat dan laut, ini dapat mendukung aktivitas inventory turnover lebih baik.

Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi kirim barang Troben hanya di Playstore dan App Store sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel