Home » Bisnis » Mengenal Apa Itu Bukti Transaksi!

Mengenal Apa Itu Bukti Transaksi!

bukti transaksi

Dalam dunia bisnis, segala sesuatu yang berkaitan dengan biaya operasional dan pengeluaran lainnya memerlukan bukti transaksi yang telah digunakan. Bukti transaksi bisa Anda gunakan sebagai catatan seluruh transaksi yang telah terjadi. Sebab, jika terjadi transaksi maka akan berdampak pada posisi keuangan perusahaan Anda. Perubahan ini dapat memberikan dampak yang signifikan, baik meningkat maupun menurun. Aktivitas transaksional yang sering terjadi antara lain penjualan produk jadi, pembelian bahan baku produk, pembayaran gaji karyawan, pembayaran kewajiban perusahaan seperti air, listrik, dan lainnya. 

Bukti transaksi yang dapat dijadikan alat pencatatan bagi perusahaan Anda adalah berupa invoice, nota, kuitansi, dan cek. Tanda transaksi merupakan hal yang cukup penting bagi pemilik usaha, sehingga harus dilakukan dengan tujuan tertentu. Dengan kata lain, Tanda transaksi bisa memudahkan dalam menghitung keuangan usaha Anda karena dapat mencatat seluruh proses suatu transaksi keuangan. Untuk lebih detailnya, silahkan simak artikel ini supaya Anda makin tahu tentang Tanda transaksi , cekidot!

Baca Juga: Mengenal Istilah Variable Cost!

Pengertian Bukti Transaksi

Bukti transaksi adalah catatan aktivitas transaksional dalam suatu perusahaan atau bisnis. Dokumen ini biasanya mencatat jumlah pemasukan atau pengeluaran, termasuk tanggal dan pihak yang melakukan aktivitas transaksi. Tanda transaksi merupakan hal penting yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis kapan saja. Untuk itu, penting untuk menyimpan seluruh catatan transaksi selama periode tertentu. Tujuan dari Tanda transaksi itu sendiri adalah untuk memudahkan pencatatan keuangan atau pelaporan keuangan.

Baca Juga: Pahami Customer Relationship Sebelum Bersaing dengan Kompetitor Bisnis Anda

Manfaat Bukti Transaksi

Bukti transaksi memiliki manfaat dan berperan penting dalam menjalankan bisnis. Berikut beberapa manfaat pencatatan transaksi dalam bentuk struk transaksi yang perlu Anda ketahui:

  1.  Mengurangi risiko kesalahan atau selisih dalam pencatatan akuntansi dengan melakukan transaksi dalam bentuk tertulis
  2. Menjadi dasar pencatatan akuntansi
  3. Menghindari duplikasi saat mengumpulkan data keuangan perusahaan
  4. Dapat diketahui oleh pihak yang bertanggung jawab atas transaksi yang masuk
  5. Dapat menjadi media  untuk data informasi keuangan yang valid

Jenis Bukti Transaksi

Berikut Kami berikan beberapa jenis bukti Transaksi dalam sebuah bisnis.

1. Bukti Transaksi Internal

Bukti transaksi internal adalah jenis catatan transaksi yang berasal dari dalam perusahaan atau dari aktivitas internal bisnis. Transaksi ini biasanya dilakukan oleh karyawan perusahaan untuk keperluan internal. Segala transaksi yang dilakukan dan dikeluarkan adalah untuk dan untuk keperluan perusahaan.

Contoh bukti transaksi internal bisa bermacam-macam, mulai dari komunikasi dari pimpinan perusahaan kepada karyawan, perubahan nilai keuangan akibat penyusutan aset, dan juga kebutuhan peralatan kantor untuk berbagai divisi dalam suatu perusahaan.

2. Bukti Transaksi Internal

Tanda transaksi  eksternal merupakan bukti pencatatan transaksi yang dilakukan antara perusahaan dengan pihak luar perusahaan. Pihak di luar perusahaan dapat berupa vendor, pemasok, mitra usaha, distributor, dealer dan agen. Contoh Tanda transaksi eksternal antara lain kuitansi, cek, invoice, nota kredit, nota debit, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Suatu bisnis atau perusahaan dapat berkinerja baik jika memiliki catatan keuangan yang baik. Oleh karena itu, simpanlah kwitansi transaksi sebagai bahan pencatatan transaksi bisnis untuk memudahkan pelacakan dan pembuatan laporan keuangan perusahaan.

Penutup

Dalam menjalankan sebuah bisnis, bukti transaksi memegang peranan penting terkait keuangan. Tanpa pencatatan transaksi yang jelas, pemasukan dan pengeluaran bisnis tidak akan jelas. Hal ini seringkali menjadi permasalahan paling mendasar dalam menjalankan sebuah bisnis. Tanda transaksi bisa memudahkan dalam menghitung keuangan usaha Anda karena dapat mencatat seluruh proses transaksi keuangan.

Lagi mencari jasa pengiriman yang terpercaya dan layanan serta fitur yang lengkap? Tenang, kami akan berikan rekomendasi buat Anda. TrawLbens menjadi jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya dengan jangkauan yang luas ke seluruh wilayan di Indonesia bahkan daerah pelosok. Tidak hanya layanan dan fiturnya saja yang lengkap, tarif yang ditawarkan juga lebih hemat lho. Yuk mulai sekarang gunakan jasa TrawLbens untuk pengiriman berbagai jenis barang Anda! Segera Download Aplikasi Cargo Kami sekarang juga untuk melakukan pengiriman!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel