Home » Bisnis » Apa Itu Repeat Order dan Cara Meningkatkannya?

Apa Itu Repeat Order dan Cara Meningkatkannya?

repeat order

Salah satu keinginan suatu perusahaan supaya mendapatkan keuntungan adalah banyaknya orderan dari pelanggan. Bukan hanya orderan dari pelanggan baru saja, pemasukan juga bisa didapatkan dari pelanggan yang melakukan repeat order. 

Repeat order adalah kondisi dimana konsumen melakukan pembelian kembali baik produk maupun layanan. Ada banyak manfaat dari repeat order, salah satunya jumlah pemasukan perusahaan yang meningkat. Namun untuk membuat banyak pelanggan melakukan repeat order tidaklah mudah, ada beberapa cara yang perlu dilakukan.

Sebelum membahas cara meningkatkan repeat order, ketahui terlebih dahulu apa itu repeat order dan apa saja sih manfaatnya? Yuk simak pembahasan berikut!

Baca Juga: Apa Itu Cross Selling dan Perbedaanya dengan Upselling

Apa Itu Repeat Order? 

Apa Itu Repeat Order

Repeat order merupakan gabungan dua kosakata bahasa inggris yaitu repeat yang berarti pengulangan dan order yang berarti pesanan. Sehingga dapat diartikan bahwa repeat order merupakan kondisi dimana konsumen melakukan pemesanan kembali baik membeli produk atau menggunakan layanan jasa suatu perusahaan.

Salah satu indikator konsumen melakukan repeat order  adalah karena puas dengan layanan yang ditawarkan ataupun merasa produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan mereka. Harga mahal sekalipun bukanlah menjadi kendala jika konsumen sudah merasa puas dengan produk atau layanan dari suatu bisnis. 

Jika banyak pelanggan yang melakukan pemesanan berulang, maka bisnis tersebut dapat menghasilkan penjualan yang signifikan, baik dari pelanggan yang telah ada sebelumnya maupun dari pelanggan baru.

Baca Juga: Cara Mencari Peluang Usaha Rumahan Cuan Maksimal 

7 Manfaat Repeat Order

Manfaat Repeat Order

Tahukah Anda bahwa repeat order memberikan banyak manfaat salah satunya bisa meningkatkan penjualan. Lalu apalagi manfaat dari pemesanan berulang? Berikut selengkapnya : 

1. Bisa Mempertahankan Pelanggan

Manfaat dari konsumen yang melakukan repeat order adalah bisa mempertahankan pelanggan. Ketika banyak jumlah konsumen yang melakukan repeat order, hal tersebut menunjukkan bahwa konsumen merasa puas dengan layanan yang ditawarkan. 

Kepuasan ini menjadi strategi jangka panjang untuk mempertahankan pelanggan supaya terus menggunakan produk atau layanan dari perusahaan.

2. Memotong Budget Promosi

Suatu perusahaan tentu perlu memerlukan promosi supaya banyak orang mengetahui produk. Budget promosi tidaklah sedikit. Ketika banyak pelanggan yang melakukan repeat order, perusahaan bisa memotong budget promosi jadi lebih sedikit. 

Karena banyak pelanggan sebelumnya sudah kenal dengan produk dan layanan yang dipromosikan, sehingga Anda hanya fokus menargetkan pelanggan potensial saja.

3. Hemat Biaya Operasional

Bukan hanya memotong budget promosi, manfaat selanjutnya dari banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order adalah bisa menghemat biaya operasional.

Jika bisnis Anda membutuhkan biaya operasional untuk melakukan pengiriman ke konsumen, tentu Anda harus memberikan kesan pertama positif supaya pelanggan nyaman.

Jika pelanggan merasa puas dengan layanan atau produk yang dijual, pelanggan akan melakukan pemesanan ulang dengan sendirinya. 

4. Mendapatkan Konsumen Loyal

Loyalitas pelanggan salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis. Jika banyak konsumen loyal dengan produk maupun jasa yang ditawarkan Anda, maka mereka akan terus melakukan pembelian kembali. 

5. Memperluas Pangsa Pasar

Dengan adanya repeat order pelanggan juga bisa memperluas pangsa pasar. Pelanggan yang terus melakukan pembelian ulang, biasanya akan merekomendasikan atau memberikan review kepada orang lain. Dengan begitu, manfaat dari pemesanan berulang adalah bisa memperluas potensi pangsa pasar.

6. Keuntungan Meningkatkan

Berkat adanya pembelian ulang dari konsumen, pemilik usaha juga bisa meningkatkan keuntungan. Biasanya, keuntungan akan didapatkan dari pelanggan baru. Jika pelanggan lama yang sudah menggunakan produk atau layanan Anda melakukan repeat order, maka perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari pelanggan lama dan pelanggan baru.

7. Lebih Cepat Balik Modal

Konsumen yang melakukan transaksi ulang juga bisa mengembalikan modal lebih cepat. Bila menjual produk, pebisnis harus menunggu sampai ada konsumen yang membeli baru bisa menghitung keuntungan yang didapat. Berbeda dengan konsumen yang melakukan repeat order, pebisnis akan cepat mendapatkan pemasukan untuk modal kembali. 

 Cara Meningkatkan Repeat Order

Cara Meningkatkan Repeat Order

Untuk membuat banyak pelanggan melakukan repeat order, tentu ada beberapa cara yang perlu dilakukan suatu perusahaan. Inilah cara meningkatkan repeat order, antara lain : 

1. Ciptakan Kesan Pertama yang Positif

Kesan pertama menjadi faktor penentu konsumen akan melakukan pemesanan berulang atau tidak. Jika kesan pesan pertama yang didapatkan pelanggan baik dan memuaskan, kemungkinan besar konsumen tersebut tak ragu untuk melakukan pemesanan berulang. Namun jika pelanggan tidak puas dengan produk atau layanan, maka jangan harapkan pelanggan akan melakukan repeat order. 

Untuk itu, penting bagi pebisnis menciptakan kesan pertama yang positif pada pelanggan. Buatlah pelanggan nyaman ketika berkomunikasi pertama kali dengan Anda. Selain itu, tanyakan apa yang menjadi kebutuhan mereka sehingga produk atau layanan yang digunakan akan sesuai. 

Baca Juga: 10 Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Pebisnis Pemula Wajib Coba!

2. Pastikan Produk Berkualitas

Dalam menciptakan suatu produk, kualitas dari produk adalah suatu keharusan. Untuk itulah, para pebisnis perlu membuat produk yang berkualitas. Jika bisnis dibidang kuliner, maka pilihlah bahan baku berkualitas. 

Jika bisnis Anda di bidang jasa, maka pastikan produk sesuai dengan kebutuhan target pelanggan sehingga banyak yang menggunakan sehingga melakukan pembelian ulang.

3. Berikan Penawaran Khusus

Penawaran khusus juga bisa mencari cara yang tepat untuk meningkatkan repeat order. Anda bisa membuat paket bundle dengan harga khusus bagi pembeli yang sudah melakukan transaksi maupun pelanggan baru. Sehingga mereka terkesan dan melakukan pembelian ulang.

4. Mengumpulkan Database Konsumen

Langkah selanjutnya untuk membuat pelanggan melakukan repeat order adalah dengan cara mengumpulkan database konsumen. Ketika pelanggan baru melakukan transaksi pertama, mintalah data seperti nomor handphone sampai dengan alamat email.

Database konsumen yang didapatkan bisa digunakan untuk menghubungi dan menawarkan harga khusus. Anda bisa menggunakan platform email marketing yang bisa dikirimkan kepada seluruh konsumen. 

5. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Komunikasi menjadi kunci kepuasan pelanggan. Saat konsumen melakukan transaksi pertama kali, tanyakan apakah mereka puas dengan produk atau layanannya. Setelah itu, minta juga kritik dan saran untuk kemajuan bisnis Anda.

Dengarkan tiap masukkan dari pelanggan, mereka akan merasa dihargai jika tiap saran dan kritik diterima. Sehingga konsumen bisa melakukan pemesanan ulang.

6. Membuat Program Loyalty

Kemudian untuk membuat pelanggan melakukan pemesanan berulang, Anda juga bisa membuat program loyalty. Program ini khusus dibuat untuk pelanggan yang akan melakukan pembelian kedua dan selanjutnya. Misalnya Anda bisa memberikan harga khusus pada mereka yang berencana melakukan pembelian kembali.

7. Memberikan Pelayanan Prima

Untuk membuat konsumen melakukan transaksi kembali, Anda bisa memberikan pelayanan prima. Bila bisnis Anda membutuhkan jasa pengiriman untuk kirim barang ke pelanggan, maka carilah jasa pengiriman terpercaya yang aman dalam mengirimkan barang pelanggan.

Baca juga: Rincian Modal Usaha Angkringan Bagi Pemula

Penutup 

Dengan banyaknya jumlah pelanggan yang melakukan repeat order. Secara otomatis, Anda juga bisa meningkatkan penghasilan dan bisnis pun bisa terus berkembang. Bila saat ini Anda membutuhkan jasa pengiriman barang terpercaya untuk mengirimkan barang ke pelanggan di seluruh Indonesia. Percayakan pengiriman barang dengan aman dan tarif terjangkau melalui TrawLbens.

TrawLbens mempunyai layanan khusus pengiriman barang dan motor bernama TrawLpack. Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan pengiriman barang kepada pelanggan seperti layanan door to door, asuransi pengiriman, layanan packing dan juga tarif pengiriman yang murah. Lakukan pengiriman barang Anda dengan aman melalui aplikasi TrawLbens. Unduh aplikasi TrawLbens dan pilih layanan TrawLpack sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel